Senin, Januari 22, 2018

10 Tips Nyaman Jaga Kesehatan di Musim Hujan


Musim penghujan datang, biasanya jadi agak kurang nyaman karena ada-ada saja gangguan kesehatan. Udara dingin dan lembap membuat tubuh jadi ekstra upaya dalam mengkondisikan metabolismenya. 

Kita sebetulnya tidak mau kan aktivitas terganggu akibat tubuh kurang fit apalagi sampai jatuh sakit di musim hujan? Nah, artinya harus pandai-pandai menyiasatinya. Bagaimana supaya kesehatan tubuh tetap terjaga kala musim hujan? Saya ingin berbagi sepuluh tips nyaman buat semua. Ini loh tips nya: 

1. Minum hangat setiap saat
2. Utamakan asupan makanan yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh
3. Wajib sedia payung dan mantel 
4. Tetap berolahraga
5. Extra jaga kebersihan
6. Jangan biarkan basah meresap lembap
7. Hangatkan tubuh sebelum lelap
8. Berendam air hangat mengembalikan stamina
9. Suhu ruangan yang bersahabat
10. Hangatkan suasana hati 

Disimak yuk  satu persatu: 

1. Minum hangat setiap saat

Metabolisme tubuh yang normal butuh suhu optimal agar enzim-enzim dapat bekerja dengan baik. Dalam kondisi cuaca tak bersahabat di musim hujan, suhu tubuh biasanya jadi ikutan “adem”. Nah, supaya tetap dalam suhu yang memungkinkan reaksi-reaksi dalam sel tubuh berlangsung lancar, kita perlu mengupayakan suhu badan yang pas. 

Karena itu di musim hujan, upayakan untuk minum hangat setiap saat.  Minum air putih hangat, rebusan rempah hangat, jahe panas, sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Efeknya juga terasa ke suasana hati. Jadi ikut hangat. 

Sediakan termos air tahan panas ukuran mini yang dapat kamu bawa ke mana-mana. Sehingga saat butuh minum air panas, bisa diisi di dispenser terdekat. 

2. Utamakan asupan makanan yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh

Supaya tetap sehat, tubuh harus disuplai asupan gizi yang seimbang. Di musim hujan, kita akan lebih banyak menghadapi pencetus penyakit. Lalat penyebar penyakit lebih ngeriung saat musim hujan. 
Hindari makan sembarangan ya, dan upayakan lebih banyak makan yang mengaktifkan imunitas tubuh. Misalnya, sayuran hijau, lemon, ubi jalar, golongan buah beri, kubis, alpukat, jamur,  yoghurt, dan masih banyak lagi. 

No junk food dan karbo serta lemak berlebih deh. Karena kalau musim hujan aktivitas tubuhmu mungkin berkurang tapi makan karbo dan lemaknya ekstra, malah jadi beresiko penambahan berat badan dan mengundang ragam penyakit lain.

Jika daya tahan tubuh terus menurun, mungkin perlu tambahan suplemen agar tubuh tetap fit. Pilih suplemen yang aman dan punya fungsi turut mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

3. Wajib sedia payung dan mantel 

Perlengkapan ini harus selalu sedia di kendaraan/tas kamu ya. Bisa dipilih disain yang ringkas/praktis dan warna kesukaan kamu supaya ada rasa bonding. Jangan lupa langsung keringkan payung dan mantel setelah dipakai dengan cara diangin-anginkan supaya keesokan harinya siap digunakan lagi dan tidak menimbulkan bau yang merusak mood kamu. 

4. Tetap berolahraga

Hujan terus menerus tidak boleh menghalangimu untuk berolahraga. Aktivitas fisik yang cukup memang dibutuhkan tubuh kita lho. Kamu bisa tetap berolahraga di dalam ruangan (indoor) selama musim hujan tanpa mengurangi frekuensi. Jangan lupa perhatikan suhu dan sirkulasi udara saat berolahraga dalam ruangan ya. 

5. Ekstra jaga kebersihan 

Karena saat musim hujan relatif basah dan kurang sinar matahari, semua jadi lebih cepat kotor dan agak lama kering setelah dibersihkan.  Kita wajib memperhatikan ekstra soal kebersihan nih. Baik itu kebersihan tubuh, perabot, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar.  Jangan sampai bakteri dan jamur berkembang lebih cepat ketimbang kecepatan kita membersihkannya. 

6. Jangan biarkan basah meresap lembap 

Jangan biarkan pakaian, perlengkapan, dan perabot basah lembap kena hujan. Upayakan lakukan pengeringan yang sempurna, supaya tidak menjadi tempat berkembang biak mikroorganisme penyebab penyakit terutama jamur yang suka di tempat lembap.

7. Hangatkan tubuh sebelum lelap

Sebelum rebah beristirahat di malam hari, ada baiknya menghangatkan tubuh dengan minyak aromaterapi atau sejenisnya yang disukai.  Supaya tubuh jadi hangat dan dapat tidur lelap.  Istirahat yang berkualitas akan membuat kita bangun segar esok paginya. 

8. Berendam air hangat mengembalikan stamina

Sehabis kehujanan atau beraktivitas di cuaca yang kurang bersahabat seharian, sangat baik mandi berendam dengan air hangat sesudahnya.  Selain akan mengembalikan kesegaran tubuh, juga melancarkan kembali sirkulasi darah. 

9. Suhu ruangan yang bersahabat

Jika lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, upayakan suhu ruangan yang bersahabat dengan tubuh.  Jika hujan di luar, otomatis di dalam ruangan akan terasa lebih dingin juga.  Maka perlu disesuaikan suhu ruangan agar tidak menjadi terlalu dingin untuk tubuhmu. Suhu ruangan yang terlalu rendah selain membuat tubuh terasa beku, juga menghambat produktivitas kita kan. Udara dingin bawaannya bikin malas dan pingin tidur-tiduran aja yaaa…..

10. Hangatkan suasana hati 

Terkadang cuaca buruk, mendung, hujan, dan udara dingin juga membuat suasana hati ikut kurang bagus.  Ini tidak baik untuk aktivitas sepanjang hari. Bangkitkan suasana hati yang hangat dan ceria dengan menghidupkan suasana di sekeliling kita.  Jangan lupa tetap tersenyum dan semangat supaya jiwa juga sehat.

Nah, semoga kesepuluh tips di atas bisa membantu menghangatkan dan menyehatkan tubuhmu sepanjang musim hujan ini yaaa…. Terpikirkan tips yang lain?  Boleh juga dong dishare kepada saya ….. Tetap jaga kesehatan di musim hujan okeee….. (Opi)


G+

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top