Sabtu, Mei 05, 2018

Ulasan Produk Azalea Hijab Shampoo & Hair-Hijab Mist : Selamat Tinggal Rambut Apek ...!!


Rambut yang seharian tertutup hijab membutuhkan perawatan yang tepat. Meski terlindung dari sinar matahari, jika tidak cermat bisa terjebak lembap sehingga lepek dan bau apek.  Itu saya alami. 

Memilih produk perawatan yang tepat dibarengi cara merawat yang cermat memberikan hasil yang optimal sesuai harapan.  Rambut jadi sehat, lembut, anti lepek, dan tidak berbau apek. Saya percaya itu. Kalau salah pilih produk dan tidak tepat cara merawatnya, bisa-bisa rambut malah jadi rusak.  

Nah, memilih produk perawatan rambut berhijab yang pas, itu memang susah-susah gampang. Sepekan terakhir ini, saya mencoba Azalea Inspired by Natur untuk perawatan rambut. Rangkaian perawatan dari Azalea terdiri dari shampo dan hair mist. Uniknya, hair mist Azalea bisa digunakan untuk tubuh juga. 
  
Sehari-hari, saya mengenakan hijab dan terbiasa keramas setiap mandi sepulang kerja. Rasanya tidak betah kalau tidak keramas. Gerah dan lepek.  Setiap hari, saya  berangkat dan pulang kerja naik Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline dan ojek daring. Berdesakan di kereta dan terkena polusi saat naik ojek, membuat saya tidak betah menunda keramas. 



Problem utama saya adalah rambut jadi bau apek. Juga gatal di kulit kepala.  Bayangkan saja, satu hari minimal saya naik ojek 4 kali. Dari rumah ke stasiun, lalu naik kereta sampai stasiun tujuan, lanjut ojek lagi dari stasiun ke kantor.  Pulangnya begitu pula. Jadi sehari saya ganti helm empat kali, dengan bau helm yang rupa-rupa. Jadilah kadang percaya diri saya menurun kuatir hijab dan rambut bau apek. 

Produk Shampo dan hair mist Azalea saya coba setelah menghadiri Soft Launching Mom Blogger Community (MBC), Minggu 29 April 2018 lalu.  Bertempat di Ground Up Delicatessen, sebuah cafe di wilayah Tebet Jakarta Selatan, saya bersama para momblogger berkesempatan mendengar sharing Mba Sarah dari Azalea seputar perawatan rambut bagi perempuan berhijab.

Sarah dan Dewi Febrianti sharing tentang perawatan rambut berhijab
Inti dari sharing Azalea adalah rambut sehat akan tetap sehat jika dirawat secara tepat dengan shampo berbahan alami. Sebab, bahan kimia buatan yang berlebihan justru akan merusak rambut ketika dipakai setiap hari.  Shampo yang alami memang tidak memberikan hasil yang instan tetapi membutuhkan waktu berproses. Percayalah, proses tak akan mengkhianati hasil.  Kondisi rambut pun jadi lebih aman karena tidak terekspos oleh residu bahan kimia sintetis.

Pulang dari kegiatan tersebut, satu paket produk Azalea saya bawa pulang sebagai oleh-oleh. Langsung coba keramas menggunakan shamponya di sore hari, lalu coba juga hair mist-nya. Pertama kali coba, saya perhatikan shampo Azalea tidak berbau harum seperti shampo kebanyakan. Ada sih bau harumnya tetapi samar-samar seperti bau campuran tumbuh-tumbuhan. Sekilas, ada aroma buahnya juga. Wanginya alami dan menyenangkan untuk dihirup. Tidak menusuk di hidung. 

Warna cairan shampoo Azalea kecoklatan alami seperti madu,
karena tidak diberi pewarna buatan
Warnanya juga coklat alami.  Ketika digunakan untuk keramas, tidak mengeluarkan banyak busa. Ciri-ciri shampo yang natural ya seperti itu. Karena dibuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan tanpa tambahan pengharum dan pewarna serta busa sabun yang berlebihan, maka jadilah seperti itu. Pengharum dan pewarna sintetis serta busa sabun yang terlalu banyak dalam shampo bisa membuat rambut jadi kering dan rusak.  

Produk perawatan rambut berhijab Azalea Inspired by Natur
Karena dibuat dari bahan alami, setelah dibuka dan digunakan kemasan shampo Azalea harus ditutup rapat.  Jangan sampai kemasukan air karena bisa mengurangi khasiat shampo.  Air yang masuk ke dalam botol shampo bisa bereaksi dengan ekstrak tumbuhan yang merupakan bahan dasar shampo.  Hasil reaksi dengan air inilah yang bisa mengubah komposisi senyawa sehingga menurunkan efektifitas shampo.  

Sensasi utama yang saya rasakan setelah keramas dengan Azalea adalah sejuk dan segar.  Ini efek dari kandungan mentholnya. Setelah sepekan menggunakan shampo Azalea, terasa rambut jadi lebih lembut. Padahal saya tidak pakai conditioner.  Rupanya yang melembutkan rambut ini adalah kandungan olive oil.  Jadi, olive oil bisa menggantikan fungsi conditioner atau pelembut rambut. Praktis deh jadinya, tidak perlu beli pelembut rambut. 

Botol kemasan Shampo Azalea kemasan 180 ml , dimensi 5,5 x 3 x 15,5 cm

Shampo Azalea mengandung ekstrak ginseng dan beragam ekstrak tumbuhan serta buah.  Nama-nama bahannya tercantum lengkap di kemasan.  Ginseng dikenal baik sekali untuk menguatkan akar rambut. 

Setelah keramas, seperti saran Mba Sarah, saya semprotkan hair mist Azalea.  Cara menyemprotkannya diberi jarak 10-15 cm dari rambut. Secukupnya saja. Rambut pun jadi harum. Keharumannya segar, tidak menusuk hidung. Hair mist ini bisa juga disemprotkan langsung ke hijab, setelah melepas helm. Segar seketika, bau apek pun lenyap.  Dan, tidak meninggalkan noda di hijab.  Bisa juga disemprotkan ke tubuh lho.  Double function deh. Saya sih langsung suka dan cocok. Jadilah selalu saya bawa di tas, supaya bisa digunakan kapan saja dibutuhkan.  

Hair-Hijab Mist Azalea praktis dibawa dan digunakan kapan saja
saat dibutuhkan
Azalea untuk rambut berhijab ini diproduksi oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika.  Tentu pernah kenal dengan Shampo Natur kan?  Azalea dibuat oleh produsen yang sama, dan memang sudah terkenal konsisten membuat produk perawatan rambut yang alami. Produk Azalea sudah berlabel Halal dari Majelis Ulama Indonesia sehingga Insha Allah baik digunakan.  Info lebih lanjut tentang produk ini bisa dilihat di akun media sosial Azalea yaitu FB Azalea Beauty Hijab, Twitter @AzaleaHijab_ID, dan Instagram @azaleabeautyhijab.

Azalea dan Natur : satu produsen 
Shampo Azalea tersedia dalam kemasan 180 ml yang harganya berkisar Rp 18.000,- hingga Rp 24.000,-.  Cukup bersaing dengan harga produk lainnya.  Sedangkan hair mist tersedia dalam kemasan 80 ml, ukuran yang pas untuk dibawa-bawa. Harganya berkisar Rp 17.000,- sampai Rp 23.000,- .  Botolnya tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil juga. Pas. Keduanya bisa dibeli di supermarket Giant, toko kosmetik, atau toko online. 

Jika diamati, sekilas kemasan shampo Azalea tidak terlalu berbeda dengan produk lainnya di pasaran.  Saya bahkan baru menyadari sudah pernah melihat produk ini di supermarket Giant ketika sedang belanja, tetapi tidak terlalu menarik perhatian. Warna kemasan hijau dan desain botol berdimensi 5,5 x 3 x 15,5 cm ini memang tidak terlihat menonjol.  Tetapi setelah merasakan manfaatnya, desain dan warna kemasan jadi tidak terlalu penting buat saya sih.  

Sarah, perwakilan Azalea

Terima kasih Mom Blogger Community (MBC) yang sudah memperkenalkan produk perawatan rambut berhijab Azalea. Saya semakin yakin keramas setiap hari tanpa kuatir rambut jadi rusak oleh residu bahan kimia shampo.  Sebab, Azalea sangat lembut dan natural sehingga aman digunakan setiap hari.  Hasilnya mulai terasa setelah tujuh kali keramas kok.  Jadi percaya diri juga karena keharuman hair mist Azalea segar dan alami. 

Nah, mulai sekarang saya ucapkan selamat tinggal rambut apek! Selamat datang rambut segar dan harum alami. Terima Kasih Azalea. (Opi)

**foto-foto adalah koleksi pribadi penulis

G+

23 komentar :

  1. Aku juga suka sama hair mist nya 😘
    Iya betul wanginya Seger tidak nusuk hidung 😂. Pas di jadiin stater kit bag. Untuk shampo Azalea sepertinya belum ada di alfa dan indomaret ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hair mist nya fungsional banget yak. temen sekantor sebelah mejaku sampe hafal skr kalo baru nyampe aku mesti nyemprot itu ke hijab.... biar ga bau helm hahahahaha.....iya mba indomaret sama Alfamart kayaknya belum ada, tapi di Giant sama toko kosmetik yang di ITC ada mba. yg lengkap di toko online tapi harganya beda-beda.

      Hapus
  2. Bener banget sih mbak... Justru karena rambut kita tertutup hijab sepanjang hari itu yang bikin rambut kita makin bermasalah, makanya kudu pinter pinter deh cari hair care yang cocok... Dan Azalea ini lah jawabannya...

    BalasHapus
  3. Wanginya lembut, tidak nyengat. Hemat uang, tidak perlu lagi beli dua item

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngga usah pake conditioner. Udah lembut krn ada olive oil nya

      Hapus
  4. rasanya seger banget kalo abis keramas pake azalea shampoo ya mba.. sensasi cool mint nya sukakkk banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, sejuk dingin seger gitu ya mba ci. cucoklah buat saya nih....

      Hapus
  5. Wooow shampoo ini cocok sekali dengan kebutuhan berhijab ku. Terima kasih ulasannya 🤗

    BalasHapus
  6. Aku suka azalea body mist nya harumnya bikin pede ya mom

    BalasHapus
  7. Jadi cocok ya mbak shampoonya buat pekerja kantoran yang aktivitasnya padet kyk mbak OPi :D
    Btw body mistnya jg bikin harum dan pede meski tiap hari desek2 di KRL yaaaaa :D

    BalasHapus
  8. Suka sama azalea body mistnya yang bikin segar mbak

    BalasHapus
  9. Suka sama azalea body mistnya yang bikin segar mbak

    BalasHapus
  10. kalo aku bau apeknya gara gara naik ojol.. kan helmnya bekas orang orang tuh.. untung ada hair mist

    BalasHapus
  11. Kalau ga datang ke acara launching MBC, aku ga tau loh ada shampoo Azalea khusus hijab ini.

    BalasHapus
  12. Nah bener tuh bau apek dirambut bikin ilfil ya..belum lagi gatel2nya. Seneng ya bisa ketemu shampo yang cocok kayak Azalea ini.

    BalasHapus
  13. Oia juga ya, dipakai abis pakai helm ojol. haha. ide bagus mbak.

    BalasHapus
  14. aku suka banget hair misknya pas dipake dingin2 gitu, adem juga plus wangi. enak ya

    BalasHapus
  15. Betul betul jadi main seger mbaa 😆 Btw selain ssmpo, kudu punya banyak stok hijab jg ya mba hihi

    BalasHapus
  16. toss Mbak, kita samaan : rumah - ojek daring- commuter line - ojek daring - kantor -ojek daring - commuter line - ojek daring - rumah ��

    BalasHapus
  17. Thakks review nya mba bermanfaat banget nih buat aku yang masih mencari shampoo untuk wanita berhijab.

    BalasHapus
  18. Sy sk body mistnya mba, praktis yaa

    BalasHapus
  19. bodymist praktis dipake buat pengguna ojek online biar harum rambutnya :)

    BalasHapus

Back to Top