Review Fitur IDN Live di IDN App: Live Streaming Dapat Cuan via Aplikasi Baca Berita dan Hiburan Kekinian




Secuplik Diary Emak Kantoran :

Fitur IDN Live di IDN App beberapa pekan ini menemani perjalanan saya berangkat dan pulang berkerja naik KRL Commuterline.  Di dalam perjalanan biasanya saya berdiri (tidak dapat duduk) selama sekitar 45 menit dari Stasiun Depok ke Stasiun Cawang, dan sebaliknya.

Sepanjang itulah saya ditemani streamer yang sedang live streaming di IDN Live dengan pilihan topik beragam. Biasanya saya pilih topik yang santai seperti ngobrol ngobrol, request lagu, atau musik. Tinggal pasang earphone, lalu bisa terhibur sepanjang perjalanan. Duh ini judulnya emak kantoran butuh hiburan banget yah….


Biasanya pagi hari jarang yang sudah mulai live streaming. Berbeda dengan sore hari saat jam pulang kerja, cukup banyak pilihan live streamingnya.

Selain itu, ada masanya saya didera jenuh dan ngantuk saat jam kritis di kantor yaitu sekitar jam 2 siang.  Biasanya ngantuk karena pekerjaan saya banyak berhubungan dengan bacaan dan tulisan dan banyak duduk di depan meja.  
Kalau sudah begini, saya coba deh masuk live streaming yang menghibur supaya bisa mengusir ngantuk dan balik semangat kerja lagi.  Apalagi emak kantoran yang satu ini sedang berusaha mengurangi minum kopi karena sudah mulai agak kebabalasan nyandu kopinya.

Pernah, saya masuk di room Prita Dewi di Curhat Siang sekitar jam 2 siang, jam kritis ngantuk saat jam kerja di kantor. Isi live streamingnya hiburan ringan, ngobrol santai diiringi musik yang bisa kita request.  

Mirip seperti dengerin radio pada jaman dulu ya… bedanya kalau live streaming ini hostnya bisa menyapa kita satu-satu lalu kita balas di kolom chatt.  Host/streamer membacakan pertanyaan dan komen kita di chat serta menjawab dan menanggapinya, lalu meminta pendapat dari audience lain yang bergabung di room.  Interaktif dan menghibur. 

Saya request kak Prita untuk menyanyikan lagu yang iramanya nge-beat supaya bisa  mengusir kantuk di siang hari.  Kak Prita menyanyikan lagu berjudul Duka (lagunya group band Last Child) yang sebetulnya liriknya sedih tapi dinyanyikan Kak Prita dengan gaya beda.  

Hilang deh ngantuknya, trus lanjut semangat kerja lagi. Sebagai apresiasi, saya kirim virtual gift animasi bergerak berupa pudding untuk kak Prita.

cut

------------------------------ 

Saya ketawa-ketawa sendiri membaca nukilan diary emak kantoran milik sendiri. Nah… Ada yang masih suka nulis diary seperti saya?  Beberapa pekan ini memang ada yang beda dalam jurnal keseharian. 

Kalau sebelumnya kisah di diary emak kantoran seperti saya merekam kekesalan ini itu, beberapa pekan ini isinya tentang live streaming. Ha ha ha ….  Ini semua gara-gara banjir aplikasi.

BANJIR APLIKASI

Pusing ngga sih dengan banyaknya aplikasi yang ada sekarang ini?

Mulai dari cari informasi/berita, baca novel, denger musik, belanja barang/jasa, edit foto, urusan perbankan, masak-masak, belajar bahasa asing, sampai cari jodoh semuanya serba pakai aplikasi yang terpasang di piranti teknologi alias gadget.  

Hm, ya gimana ya, memang sudah jamannya. 

Coba cek beranda telepon genggam deh, pasti berbaris rapi beragam aplikasi di sana. Jika telepon genggam tiba-tiba ngambek karena kebanyakan aplikasi, pasti bingung kan untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang tetap tinggal, dan mana yang harus diunsintal. Secara, rasanya semua aplikasi itu penting. Masa harus ganti HP baru sering-sering?  

Kalau ada budget sih oke aja, tapi jika deretan prioritas kebutuhan lain masih mengantri gimana?

Saya juga mengalami kesulitan untuk memilih aplikasi yang benar-benar penting untuk stay di HP.  Sejauh ini yang tidak saya uninstall adalah aplikasi Peduli Lindungi, karena kemana-mana musti scan barcode.  

Masuk stasiun, mall, gedung harus check in via aplikasi ini.  Aplikasi yang lainnya bagaimana?  Selalu dan selalu bingung untuk memilih mana yang benar-benar perlu dipertahankan.

Supaya tidak terlalu memenuhi beban HP, kita memang perlu memilih aplikasi yang benar-benar penting saja. Untuk kebutuhan berita dan hiburan sebetulnya bisa pilih satu aplikasi yang sifatnya one stop service nih.

Salah satu pilihan aplikasi baca berita dan hiburan kekinian yang diperuntukkan bagi generasi milenial dan Gen Z dengan konsep one stop service adalah IDN App.  Cukup satu aplikasi ini saja untuk kebutuhan baca berita dan hiburan, jadi tidak bakal menuh-menuhin HP.  Bisa live streaming pula di aplikasi ini dengan fitur IDN Live.  Seru nih.

Meskipun saya bukan generasi milenial maupun Gen Z, tapi saya pilih untuk install IDN App  karena merasa berjiwa semuda gen X dan Gen Z, eeeaaaa.  

Lagipula, karena banyak terhubung dan berinteraksi dengan anak-anak muda, baik untuk urusan pekerjaan dan pertemanan, saya jadi tidak mau ketinggalan jaman dong. 

Jadi, boleh kan kalau diary saya (yang sudah saya publikasikan di awal artikel ini) isinya jadi tentang live streaming IDN Live di IDN App.  Lanjut baca yah, saya akan review tentang IDN App dan IDN Live.

Apa itu IDN App?

IDN App adalah aplikasi baca berita dan hiburan yang diperuntukkan bagi segmen pasar generasi milenial dan Generasi Z.  IDN App juga merupakan salah satu cabang bisnis dari IDN Media.  Ada banyak cabang bisnis yang tergabung dalam IDN Media, meliputi IDN, IDN Times, Popbela, Popmama, Yummy App, Duniaku, GGWP, Fortune Indonesia, IDN Creative, IDN Event, ICE, IDN Pictures, IDN Programmatic OOH, IDN Research Institute, dan IDN Foundation.  

Nah banyak kan. Bukan hanya urusan medianya saja tapi sampai ke event dan riset lho. Keren ya..

IDN Media Group

IDN App bisa teman-teman temukan di Google Play Store dan Apple Store untuk diunduh.  Mudah sekali prosesnya kok, seperti halnya pengunduhan aplikasi lain.  Hanya butuh beberapa detik saja untuk proses download.  

Setelahnya, teman-teman akan masuk ke BERANDA aplikasi, atau disebut HOME.  Di luar BERANDA (HOME), teman-teman akan menemui fitur EXPLORE, TULIS BERITA (+), NOTIFICATION, dan PROFILE.

Fitur EXPLORE memungkinkan temen-teman mengeksplorasi IDN secara lebih detil.  Mulai dari mencari bacaan di IDN, tag terpopuler, nonton film gratis, hingga pilihan akses ke berita-berita berdasarkan sumber media IDN seperti Popbela, Popmama, IDN Times, dan Duniaku serta beberapa IDN Times lokal wilayah. 

Fitur TULIS BERITA atau Fitur dengan lambang (+) memungkinkan teman-teman sebagai content creator untuk menulis berita di IDN dengan format citizen journalism (jurnalisme warga).  

Ada beragam topik berita yang bisa dipilih untuk ditulis, mulai dari Otomotif, Bisnis, Fiksi, Kesehatan, Hype, Korea, Opini, Olahraga, Science, teknologi, Travelling, dan berbagai segi tentang kehidupan.

Pada bagian atas fitur ini ada notifikasi sebagai berikut:

“Berita akan diterbitkan oleh IDN Times.  Editor IDN Times akan memoderasi berita yang ditulis dan akan menerbitkannya dengan label IDN Times.  Jangan lupa baca Panduan Menulis ya.”

Di aplikasi ini diberikan juga Panduan Menulis yang bisa diperhatikan lebih dulu oleh para penulis konten. 

Fitur NOTIFIKASI memungkinkan teman-teman untuk mengetahui perkembangan dari konten yang sudah ditulis, disubmit, dan dikomentari. 

Fitur PROFILE ada di kanan bawah, wajib diisi terlebih dahulu setelah teman-teman mengunduh aplikasi, untuk bisa menjadi member dan penulis konten di IDN.  Sebagai member IDN, teman-teman bisa menjadi pengikut bagi member lainnya.  Demikian pula member lainnya  bisa menjadi pengikut bagi teman-teman.  

Semakin banyak pengikut, semakin besar kesempatan untuk meraih berbagai peluang emas terutama nanti jika temen-teman berminat untuk menjadi live streamer di fitur IDN LIVE.

Ada tiga pilihan fitur atau menu utama di BERANDA aplikasi yaitu BERITA, IDN LIVE, dan QUIZ. 

Di menu BERITA, teman-teman otomatis disuguhi berita terbaru dan trending pada saat itu.  Jadi, dijamin ngga bakal kudet (kurang update).  Berita-berita yang muncul berasal dari semua situs yang tergabung dalam IDN Media.  

Jadi, bisa saja ada berita dari Popmama ketika topik parenting dalam menangani Hepatitis Akut yang sedang ngehits.  Bisa juga muncul berita-berita dari IDN Times atau Popbela ketika topik lain sedang mengemuka. 

Di menu BERITA, selain terpampang berita terbaru ataupun trending, di baris teratas tertera beberapa kata kunci yang paling update, bisa diklik di sana relevan dengan kata kunci yang sedang banyak dicari orang saat itu. 

Beberapa kata kunci yang ngetrend itu bisa kita klik dan akan muncul semua berita yang megandung kata kunci tersebut. 

Tampilan QUIZ pada IDN App

Selain menjadi aplikasi yang seru untuk membaca berita trending dan hiburan, keunikan IDN App ada pada fitur IDN Live dan QUIZ yang memungkinkan interaksi hiburan jadi sangat menyenangkan nih. 

QUIZ bisa menghibur dan melepaskan sejenak ketegangan kita sekaligus ada pengetahuan dan wawasan juga.  Lalu, apa dan bagaimana sih fitur IDN Live itu? Yuk baca terus.

Review Fitur IDN Live di IDN App Versi Terbaru : Go Live, Get Discovered, and Build Communities

Apa itu IDN Live?  Fitur IDN LIVE di IDN App merupakan live-streaming platform yang menghubungkan content creator dengan komunitasnya.  Ini fitur terbaru yang muncul belakangan ini.  Di IDN Live, kita bisa mengikuti live streaming dari para content creator dalam berbagai jenis topik yang bisa dipilih.  

Siapa saja bisa menjadi content creator dan live streamer, asalkan sudah menjadi member IDN dan mengajukan diri untuk menjadi streamer melalui pengisian GForm.

Teman-teman mungkin sudah akrab dengan istilah live streaming.  Live streaming atau siaran langsung adalah penampilan kegiatan yang direkam secara langsung melalaui kamera sehingga audiens dapat menyaksikan semua kegiatan dengan cara bergabung di tempat masing-masing melalui aplikasi live. 

Live streamer atau streamer adalah orang yang melakukan siaran langsung, bisa seorang content creator yang menampilkan berbagai kegiatannya secara live dan berinteraksi dengan audiens melalui siaran tersebut.

Keunggulan IDN Live adalah platform ini memungkinkan suara para creator dapat didengar secara luas tanpa dibatasi jarak.  Selain itu, IDN Live bisa memfasilitasi terjadinya interaksi yang alami (genuine) antara host (live streamer/content creator) dengan komunitas/audiensnya.  Hubungan yang autentik (engagement) jadi terjalin secara berkelanjutan di lingkaran komunitas tersebut.  Seru kan. 

Jadi tidak sebatas berbalas chat saja, tapi audiens bisa mendengar langsung suara host.  Host juga melakukan perbincangan interaktif dengan membacakan chat dan meresponnya, serta menanyakan tanggapan pada audiens lainnya.  

Audiens bisa memberikan apresiasi kepada streamer berupa virtual gift pada saat live streaming berlangsung. 

Tampilan IDN Live ketika tidak ada yang live streaming.  
Biasanya kalau pagi-pagi begini nih... hehehe

Audiens membeli virtual gift menggunakan GOLD yang dapat diisi dengan membelinya menggunakan pembayaran yang disediakan oleh Google Play/App Store saat live streaming berlangsung.  Nilai pembelian gold ditentukan oleh IDN Live dan bisa berubah-ubah nilainya.

Apa itu Virtual Gift?  Virtual gift merupakan bentuk apresiasi yang diberikan audience kepada streamer dalam bentuk animasi bergerak yang akan tampil di dalam live streaming room.  

Audience dapat membeli Virtual Gift menggunakan Gold pada saat Live Streaming berlangsung.

Virtual gift yang diberikan oleh audience kepada streamer nantinya bisa dikonversi menjadi POIN.  POIN yang sudah terkumpul selanjutnya bisa ditukarkan oleh streamer dengan nilai rupiah.  

Harga virtual gift sepenuhnya ditentukan oleh pihak IDN Live dan bisa saja berubah nilainya di waktu yang berbeda.

Wah, asik juga kan ya kalau bisa jadi streamer di IDN Live.  Bisa meraup rupiah dari POIN yang dikumpulkan saat mendapat virtual gift dari audience setiap melakukan live streaming secara rutin.

Lalu, bagaimana cara menjadi streamer IDN Live?  Mudah sekali.  Begini caranya :

1.      Daftarkan diri menjadi member IDN Live setelah teman-teman sign up di akun baru IDN App sesaat setelah mengunduh aplikasinya di HP dari App Store/Google Play Store.

2.     Submit data diri melalui link Google Form berikut ini :  PENDAFTARAN IDN LIVE NEW STREAMER

3.     Tim IDN Live akan  memverifikasi data yang sudah disubmit dan akun streamer akan diaktifkan.  Hanya kandidat yang memenuhi kriteria yang akan dihubungi oleh pihak IDN Media.

4.     Setelah akun calon streamer aktif, IDN Live akan menginformasikan melalui email, kemudian calon streamer bisa mencoba cara berikut ini

5.     Calon streamer akan diminta untuk log out dari aplikasi IDN App versi terbaru kemudian login kembali

6.     Klik tombol menu (Live) di bagian atas layar pada halaman HOME

7.     Klik tombol (+) yang ada di bagian bawah layar halaman HOME

8.     Apabila muncul pilihan “Live Streaming”, itu menandakan bahwa akun sudah berhasil diperbaharui dan calon streamer sudah berhasil menjadi streamer.

9.     Apabila belum muncul pilihan fitur tersebut, calon streamer dapat mengirimkan informasi tersebut ke Tim IDN Live di email support@idn.media

Siapa sajakah streamer di IDN Live?  Apakah harus orang-orang yang memiliki kemampuan khusus dalam hal siaran?  Oh ternyata tidak harus begitu juga.  Siapapun yang memenuhi kriteria yang ditetapkan tim IDN Live bisa menjadi streamer.  

Di link pendaftaran streamer, teman-teman diminta untuk submit video perkenalan durasi 3 menit yang isinya menceritakan tentang diri dan cerita liburan terakhir.  Dari sini jugalah tim IDN Live akan melihat apakah calon streamer cocok atau tidak menjadi streamer di IDN Live.

Supaya ngga bingung dengan fitur IDN Live, ini istilah-istilah yang akan sering ditemui.

ISTILAH DALAM IDN LIVE yang musti kita tahu:

VIRTUAL GIFT.  Virtual Gift merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Audience kepada Streamer dalam bentuk animasi bergerak yang akan tampil di dalam Live Streaming room. Ada bentuk bunga mawar, makanan, minuman, dan hadiah-hadiah unik lainnya.  Audience dapat membeli Virtual Gift menggunakan Gold pada saat Live Stream berlangsung.

Virtual Gift yang diberikan oleh Audience akan terkonversi menjadi Poin yang dapat ditukarkan menjadi rupiah oleh Streamer. Harga Virtual Gift sepenuhnya ditentukan IDN dan dapat berubah-ubah

GOLD. Gold adalah currency atau mata uang digital yang digunakan di dalam IDN App. Gold digunakan Audience untuk membeli animasi Virtual Gift.  Virtual gift ini nantinya dapat diberikan kepada Streamer yang sedang streaming sebagai bentuk apresiasi. 

Gold dapat diisi dengan membeli menggunakan pembayaran yang disediakan oleh Google Play (untuk Android) dan App Store (untuk iOS) saat Live Streaming berlangsung. Nilai pembelian Gold sepenuhnya ditentukan oleh IDN dan dapat berubah-ubah

POIN. Poin merupakan hadiah yang diberikan ke Streamer atas konten yang dibuat. Poin dapat ditukarkan ke Rupiah dengan jumlah tertentu. Pada IDN Live, Poin didapat jika Streamer mendapatkan Virtual Gift dari Audience. Virtual Gift tersebut akan terkonversi secara otomatis menjadi Poin sesuai nilai yang telah ditetapkan.

REDEEM. Redeem adalah penukaran dari Poin yang telah didapatkan Streamer ke rupiah. Nilai Poin terhadap rupiah sepenuhnya ditentukan oleh IDN dan dapat berubah-ubah

IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar,-

Jadi, setelah melihat fitur IDN Live di IDN App dan akrab dengan istilah CHATT, POIN, GOLD, VIRTUAL GIFT, apakah teman-teman tertarik  menjadi streamer di IDN Live?  Kalau memang tertarik, ada satu hal lagi yang bisa membuat teman-teman jadi makin semangat nih.  IDN Live melaunching pendanaan sejumlah Rp 50 Miliar sebagai reward bagi para streamer untuk dedikasi mereka dalam membuat stream yang kreatif dan otentik. Wah, ngga main-main kan, pendanaannya sampai miliaran!

IDN Live Streamer Fund ini dipersembahkan bagi para streamer beragam kategori.  Ini dia kategorinya:

1.     Gaming

2.     Korea

3.     Music

4.     Viral

5.     Horor

6.     Hobby

7.     Beauty

8.     Otomotif

9.     Traveling

10.  Food

11.  Sport

12.  Relationship

13.  Dan banyak lagi

Dengan kategori sebanyak ini, akan jadi pilihan yang luas untuk para streamer berkreasi.  Teman-teman dapat memilih kategori yang memang sesuai dan pastinya punya audiens tersendiri. 

Ngapain sih sampai menyediakan Rp 50 Miliar untuk pendanaan ini?  IDN Live memulai Streamer Fund miliaran rupiah ini karena ingin menunjukkan apresiasi kepada komunitas streamer yang menakjubkan dengan memberikan reward kepada mereka untuk kreativitas dan authenticity dalam melakukan live streaming.  

IDN Live ingin semua streamer memiliki kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari hal yang mereka sukai dan mereka cintai.  IDN Live juga ingin membuktikan bahwa para streamer dapat mengubah dan menggunakan passion menjadi sumber penghidupan (mata pencaharian) mereka. 


Nah, jadi memang kreativitas itu mahal loh teman-teman.  Kreativitas yang berbobot apalagi, layak diapresiasi dan dihargai setinggi-tingginya. 

Bagaimana penghitungan atau kalkulasi pendanaan ini bagi streamer? Nantinya, jumlah dana yang dapat diperoleh masing-masing streamer dikalkulasi berdasarkan kombinasi beberapa faktor.  Faktor penentunya yaitu jumlah jam streaming dan penonton, level engangement dari chat dan virtual gift serta banyak faktor lain . 

Makanya, para streamer harus berlomba-lomba untuk secara rutin melakukan live streaming, mengusung topik yang unik, menarik dan digemari.  Dengan begitu akan mengundang banyak audiens dan apabila audiens puas akan memberikan apresiasi berupa virtual gift. 

Virtual gift bisa dikumpulkan oleh streamer, dan dikonversi menjadi POIN.  POIN yang terkumpul oleh streamer nantinya bisa dirupiahkan juga. 

Apakah ada batasan jumlah streamer yang bisa ikut join?  Tidak ada batasan jumlah streamer yang bisa join.  IDN Live ingin sebanyak mungkin streamer yang berhak untuk mendapatkan pendapatan dengan cara melakukan yang mereka sukai di IDN Live.

Siapa saja yang berhak untuk mendapatkan pendanaan streamer ini ? Mereka adalah streamer yang memenuhi syarat berikut ini:

1.     Tinggal menetap di Indonesia

2.     Usia 18 tahun ke atas

3.     Memiliki sedikitnya 100 followers di IDN App

4.     Mempromosikan hal-hal positif dan inklusif

5.     Kreatif, outgoing personality, dan menikmati serta all out dalam menyampaikan ide-ide barunya

6.     Mematuhi Panduan serta Term and Condition Komunitas IDN Live


Selain pendanaan hingga Rp 50 Miliar, masih ada tambahan benefit bagi para streamer yaitu hal-hal berikut ini nih:

1.     Media coverage, strategi promosi dan pembayaran iklan melalui ekosistem IDN Media (IDN, IDNTimes.com, Popbela.com, popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia, dan Duniaku.com )

2.     Akses untuk menggunakan studio professional IDN yang terletak di kantor Jakarta dan Surabaya

3.     Kesempatan untuk mendapatkan sponsorship merek yang difasilitasi oleh ICE (salah satu cabang bisnis IDN)

4.     Program mentoring dan ekstensif training dari tim IDN Media

5.   Perangkat keras untuk mendukung sessi streaming seperti kamera, mic, mixer, tripod, lighting, green screen dan lainnya

Mantap banget yah kan?  Rasa-rasanya ini sih seperti jadi partner bisnis beneran nya IDN Media lho.  Ini kesempatan yang benar-benar bagus untuk para content creator berkiprah. Jadi jangan nanti-nanti lagi deh, teman-teman segera Go Live Get Discovered and Build Communities di IDN Live.

Sebagai gambaran, Skema Bonus Performance (bulanan) tahun 2022 bagi para streamer ini nantinya terbagi dalam 36 level.  Level terendah di level 1 target achievement nya adalah 5000 poin, Performance Bonusnya 1500 POIN, dan Performance  Bonus Incomenya dalam rupiah sejumlah Rp. 650.000,- .  Ini level terendah di kalangan streamer.

Level tertinggi di level 36 Target Acheivement (POIN) 10.000.000, Performance Bonus (POIN) 3.000.000 sehingga jumlah Performance Bonus Income nya sebanyak Rp1.300.000.000,-

Jadi, streamer di level 36 bisa meraih penghasilan Rp 1.300.000.000,- per bulannya dari bersenang-senang live streaming di IDN Live.  Wow banget kan. Ngalah-ngalahin direktur perusahaan ini sih.  

Tapi tentunya effortnya juga tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Ngga mungkin juga teman-teman tiba-tiba ada di level 36 sebelum melampaui level 1 sd 35.  Ini butuh konsistensi melakukan streaming dan kreativitas agar live streaming tetap dibanjiri audience.

Sebagai bayangan untuk mendapatkan Performance Bonus Income Rp 6.500.000,- setiap bulan, streamer harus berada di level 8 dengan jumlah POIN 50.000 dan performance bonus 15.000.

Performance bonus dikalkulasi bulanan dan hanya diaplikasikan jika streamer mencapai lebih dari 60 jam stream, 20 hari streaming unik dan 2 jam streaming per stream.

Nah, melihat peluang untuk “make money from creativity” ini, bagaimana respon teman-teman?  Mau coba?  Kira-kira sudah siap untuk jadi content creator dan meraup cuan?   Ya, lebih baik dicoba saja ya daripada kelak suatu hari teman-teman menyesal karena ngga pernah mencobanya.  Bagaimana kita tahu hasilnya jika kita tidak pernah mencoba?  

Coba yuk….  (Opi)

9 komentar

  1. ih kok aku baru tahu kalau sekarang IDN ada fasilitas gini sih, udah lama gak buka, hehehe. emang ya, harus mau ngikutin trend biar tetap bertahan di media

    BalasHapus
  2. Oh, jadi semakin tinggi level, semakin naik juga penghasilannya. Asyik banget ya bisa dapat fulus dengan menjadi streamer di IDN Live. Asalkan dijalani dengan konsisten dan konten2nya sangat menarik. Pendanaannya sampai 50 miliar wuih ga main2 ini. Ceki2 lebih detail ah siapa tau bisa join :) TFS mbak Opi.

    BalasHapus
  3. Baru tahu lho aplikasi IDN tuh selengkap ini mulai dari berita hingga hiburan tersedia di sini jadi one stop entertainment ya kalau unduh aplikasi IDN..

    BalasHapus
  4. Menarik juga ya bekerja sebagai streamer mirip penyiar radio tapi penyiarnya terlihat, topik lebih beragam dan bisa berbalas Chay ya..harus kreatif terus mencari topik..

    BalasHapus
  5. IDN Media emang dari dulu wadah milenial dan gen Z menyalurkan hobi positif ya, dapet duit pulak. Apresiasi banget buat tiap terobosan IDN Media

    BalasHapus
  6. Baru tahu aku ada aplikasi IDN Live ini. Sepertinya sangat bermanfaat. Makasih reviewnya, Mbak...

    BalasHapus
  7. Pertama tahu tentang streamer tuh ya orang-orang Korea, kerjaannya memang terlihat mudah, hanya bercakap-cakap. Namun kenyataannya tidak semudah itu, selain saingan yang semakin banyak, kita juga harus punya ciri khas yang unik agar para audience selalu betah dan menanti-nantikan kita

    BalasHapus
  8. woww ternyata IDN banyak banget cabangnya! saya udah gabung di group wasap popbela nihh yang bahas beauty, fashion, dan content creator 😂 keren banget IDN!

    BalasHapus
  9. Ohhh ini sistemnya dikasih poin dari pemirsa juga ya? Wahh ini bakal cocok buat influencer sih yaa, apalagi buat yang ngenalin-ngenalin produk gitu, bakal lebih efektif kalau kaya gini.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.