TENTANG SAYA



Hallo .....
Selamat Datang di blog  Opi Ardiani


Terima kasih telah berkenan mengunjungi blog  Opi Ardiani

Dengan senang hati, Saya ingin berkenalan dengan Anda!

Saya Novi Ardiani (biasa disapa  Opi ), lahir di Jakarta pada 17 November 1977, dan sekarang berdomisili di Depok bersama pasangan dan kedua anak saya. Blog ini adalah rumah kedua saya tempat mencurahkan hasil pikiran dari berbagai peristiwa dan hikmah yang diperoleh melalui pembelajaran sehari-hari.

Pendidikan Strata Satu pada Program Studi Jurusan Biologi Telah Saya tuntaskan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) Depok PADA Tahun 2001 dengan predikat cum laude. Skripsi Saya kala itu bertajuk penapisan AKTIVITAS amilolitik Dari 30 Galur Kapang Xerofil Aspergillus spp. Koleksi UICC (Koleksi Budaya Universitas Indonesia).

Kekhususan Mikrobiologi yang saya ambil saat kuliah mengantarkan saya menjadi Dosen tetap pada Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI di Jakarta pada tahun 2001 sd. 2002. Saat mengajar Mikrobiologi di FK YARSI, saya mendapat banyak kesempatan mengajar Mikrobiologi di beberapa universitas swasta seperti Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah, Akademi Keperawatan RS Islam Jakarta, dan Akademi Keperawatan Depkes RI. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan bagi saya walaupun hanya satu setengah tahun saja.

Pada tahun 2002 saya memutuskan untuk berpindah haluan dari mengajar. Kesukaan saya pada dunia menulis dan semangat belajar hal-hal baru mengantarkan saya menjadi wartawan di Harian Nasional Media Indonesia. Selama sekitar tiga tahun saya nyemplung di dunia jurnalistik cetak, kemudian saya berpindah haluan lagi. Saya sempat menjalani liputan di desk Politik dan Keamanan, Hukum dan HAM, Hiburan, Olahraga, dan edisi Minggu.

Saya memilih untuk kemudian bekerja sebagai karyawati di sebuah BUMN Logistik Pangan di Jakarta pada tahun 2005 hingga sekarang. Tahun 2011-2013 saya berkesempatan melanjutkan kuliah Strata Dua di Program Pascasarjana Ilmu Manjemen (PPIM) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Depok - sekarang bernama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) - bersamaan dengan hamil anak kedua. Saya mengambil kekhususan Manajemen Pemasaran dengan judul tesis "Trust, Dependence, dan Antecedents- nya sebagai Penentu Komitmen yang Berdampak pada Loyalitas Mitra Kerja Penggilingan Padi dalam Pasar B2B, Studi Kasus Perum BULOG.   Judul ini fokus membahas tentang prinsip Relationship Marketing  (Pemasaran Relasional) dalam konteks Bisnis ke Bisnis (B2B) di perusahaan BUMN.

Menulis cara saya untuk membebaskan diri dari jenuh, mengaktualisasikan diri, dan mencoba menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. Menulis membuat saya harus terus belajar dan belajar dari apapun sepanjang hidup. Atas dasar saya membuat blog Perempuan Pembelajar rekam jejak saya yang sejatinya sedang berproses sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat.

Selain menulis, saya suka membaca, bersepeda, dan menyanyi.

Blog yang pernah dan masih saya tulis adalah:

http://perniknoviardiani.blogspot.co.id/     bercerita tentang Pernak Pernik Kehidupan Sehari-hari. https://www.kompasiana.com/novi.ardiani   memuat cerpen, artikel-artikel yang saya buat untuk lomba, dan opini yang lebih luas.


Di blog ini, tulisan saya mungkin banyak dari latar belakang pendidikan dan pengalaman saya di waktu sebelumnya. Namun sebagian juga mendukung oleh kesukaan saya membaca buku, mengikuti lokakarya untuk mendapatkan wawasan baru, aktivitas saya sebagai karyawati BUMN sekaligus pengasuh dan pendidik dua anak yang mulai besar. Kesemuanya mungkin akan bersinggungan dengan banyak sisi kehidupan mulai dari kesehatan, lingkungan, pengembangan diri, parenting atau bahkan sosial ekonomi.

Saya berharap, apapun yang saya tuangkan di blog ini dapat diambil manfaatnya oleh pengunjung blog.






Salam Pembelajar !!!





KONSEP BLOG OPI ARDIANI


Blog ini didasarkan pada konsep yang saya sebut sebagai Perempuan Pembelajar yaitu blog yang berisikan catatan pembelajar untuk melejitkan potensi diri melalui proses pembelajaran sepanjang hayat.  

Penjabaran konsep tersebut adalah sebagai berikut:

Pada prinsipnya, menjadi pembelajar bukan untuk menjadi yang terpandai atau yang terhebat. Menjadi pembelajar sepanjang hayat sejatinya adalah wujud syukur, cara manusia sebagai hamba Tuhan untuk mensyukuri hidup serta lebih survive dalam menjalani kehidupan.  

Keseharian bagi seorang pembelajar adalah proses pembelajaran yang dapat dipetik hikmahnya sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi di waktu sesudahnya, serta lebih bermanfaat bagi sesama. 

Pembelajar sejati adalah mereka yang belajar atas kesadaran yang muncul dari dalam diri sendiri.  Kesadaran belajar bukan untuk meraih gelar akademik, tetapi belajar dengan tujuan dapat lebih bijaksana - bermanfaat - dan survive. Pembelajar sejati adalah para self driven learners, yang memandang belajar sebagai sebuah kebutuhan bukan paksaan. 

This site is for self driven learners only. 

Konsep Perempuan Pembelajar ini saya niatkan untuk menjadi nafas bagi seluruh isi blog Opi Ardiani. 

Tidak ada yang lebih indah dari kehidupan yang sehat dan kemampuan terus belajar hingga bergelar almarhumah. 













Tidak ada komentar