Ingin Bayi Rileks Sekaligus Makin Sehat? Berikan Untuknya Sentuhan Lembut dan Aroma Keharuman Setiap Hari !


“Ibuuu…. Peluuuuk,” pinta si Bungsu saat kaki ini baru saja menginjak halaman rumah sepulang dari kantor.  Petang hampir menemui ujungnya, malam segera menjelang.

“Eeeeitt… tunggu… ibu mandi dulu ya..”  Saya bergegas langsung bersih-bersih.  Mandi, keramas,  dan berbedak harum.  Setelahnya baru memeluk kedua anak yang telah beranjak besar.  Yang Sulung kelas 6 SD, yang bungsu kelas 3 SD. 

“Ibuuuu… peluuuk,” kata si Bungsu dan kami pun berpelukan. Aroma harum selepas mandi menyeruak di antara kami.  Yang Sulung lalu datang menabrak dan ndusel-ndusel.  Sambil membelai lembut pipi serta dahi mereka lalu mengusap rambutnya, saya jadi teringat momen sepulang kerja ketika para bocah masih bayi.

Ketika itu 12 tahun lalu, sama seperti hari ini, sepulang kantor saya akan bersegera mandi.  Baru setelahnya menimang jabang bayi. Suka cita ibu memeluk, menyentuh lembut sang bayi, dalam aroma harum selepas mandi. Setelah seharian tak berjumpa, bayi pun langsung menyusu dengan gembira.

Ketika itu saya belum mengetahui tentang hubungan sentuhan lembut dalam aroma keharuman kepada bayi dengan pertumbuhan dan perkembangan kesehatannya.  Yang saya pahami, adalah melimpahkan kasih sayang, mencurahkan segala yang dimiliki sebagai ibunya dengan penuh harapan ia akan bahagia.  Itu saja. 

 

Efek Sebuah Sentuhan Lembut

 

Ternyata, efek sentuhan lembut pada bayi apalagi dipadukan dalam aroma keharuman, sangat dahsyat lho.  Saya memahaminya ketika menyimak penjelasan Profesor Francis McGlone, seorang Professor bidang Neuroscience dari Liverpool JM University, UK

Saat ini Prof. Francis McGlone juga menjabat sebagai Head of the Somatosensory & Affective Neuroscience Group  (https://somaffect.org/ ) dan President of the International Association for the Study of Affective Touch (  https://iasat.org )


Profesor Francis McGlone

Profesor Francis McGlone menyelesaikan gelar BSc(Hons) dalam bidang Neurobiology dan PhD dalam bidang Sensory Neuroscience di University of Sussex.


Setelah mengemban tugas pasca-doktoral di Manchester University, ia kemudian bergabung sebagai Senior Neuroscientist di Pain Research Institute, yang merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Liverpool University, tempat beliau banyak meneliti tentang mekanisme rasa sakit neuropati kronis.

 

Pemaparan Profesor Francis McGlone tentang efek sentuhan lembut pada bayi

Beliau dalam kapasitasnya sebagai pakar Neuroscience, memaparkan temuannya tentang efek sentuhan pada bayi.  Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi.  Ternyata, sentuhan lembut juga berperan membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh bayi lho.  Pada saat bersamaan, sentuhan lembut pada bayi mampu mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat lain.



Sentuhan pada bayi dan respon sistem syaraf 


Luar biasa ya efek sebuah sentuhan lembut. Menyentuh bayi dengan lembut secara rutin akan jadi cara sederhana yang ampuh untuk membuat bayi rileks.  Jika bayi rileks, ia akan anteng untuk menyusu dan tidur atau beristirahat.  Dua aktivitas itulah (menyusu dan tidur) yang sangat dibutuhkan bayi dalam pertumbuhan dan perkembangan di tahap awal kehidupannya. Otomatis jika ia rileks, bagus menyusu, serta tidur anteng maka pertumbuhannya akan on track.  Bayi sehat jadi kenyataan. 


Mengapa imunitas bayi bisa meningkat jika rutin disentuh secara lembut?  Sebab, sentuhan merupakan elemen yang fundamental dalam sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi.  Efek sentuhan mampu menurunkan produksi hormon cortisol.  Hormon cortisol adalah hormon stress yang diketahui dapat menurunkan imunitas manusia.  Jika sering disentuh dengan lembut,  produksi hormon stress menurun, sementara produksi hormon bahagia justru meningkat. 


Dari riset yang ada, efek sentuhan dilaporkan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional.   Jadi, sentuhan, secara ilmiah, memang dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal. 

 

Bersama dengan tim riset dari Cussons, Profesor Francis McGlone menyimpulkan bahwa memori paling awal seorang bayi terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan.


Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya.

 

Nah, makanya sangat disarankan agar ibu saat menyentuh lembut bayi untuk menggunakan produk perawatan bayi yang mendukung, salah satunya bedak bayi. 

 

Ketika anak-anak saya masih bayi, saya pun pernah memakai produk Cussons Baby Powder dengan varian keharumannya.  Tapi memang sangat berbeda dengan produk terbaru yang kini diproduksi PZ Cussons Indonesia. 

 

Cussons Baby Powder saat ini hadir dalam tiga varian keharuman yang telah dipatenkan yaitu Moodscent™. Apa sih Moodscent™ itu?  Apa bedanya dengan aroma harum pada umumnya?

 

Aroma Yang Membangkitkan Emosi Positif

 

Head of Research and Development APAC PZ Cussons, Dr. Haryono Hartono PhD, memaparkan dalam event launching produk ini beberapa waktu lalu, bahwa Moodscent™ merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua.


Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.


Jadi, aromanya bukan sembarang harum, melainkan sudah teruji untuk membangkitkan mood yang bagus. Dipadukan dengan sentuhan lembut ibu, efeknya pada bayi bisa sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan kesehatannya.


Tiga varian Cussons Baby Powder

Ini dia tiga varian produk Cussons Baby Powder yang diperkaya dengan teknologi Moodscent™ untuk membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi:

  1. Cussons Baby Powder dengan aroma keharuman Vanilla dalam kemasan warna biru mudaAromanya menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman.
  2. Cussons Baby Powder dengan aroma keharuman Sakura dalam kemasan warna pinkAromanya menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta. 
  3. Cussons Baby Powder dengan aroma keharuman Mixed Berry dalam kemasan warna ungu. Aromanya menghadirkan mood JOY, yang membantu bayi lebih ceria.







Para ahli dari tim riset Cussons dan  Profesor Francis McGlone juga menemukan bahwa sentuhan yang lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya.

 

Cara Mengefektifkan Dampak Sentuhan Lembut dan Aroma Keharuman Pada Bayi

Cara untuk mengefektifkan dampak sentuhan lembut ibu dan aroma keharuman pada bayi kesayangan ini sangat sederhana lho.  Cukup luangkan waktu setiap bayi selesai mandi atau setiap saat selepas bersih-bersih. 


  1. Taburkan Cussons Baby Powder pada telapak tangan ibu secukupnya
  2. Ratakan secara perlahan di telapak tangan, jauhkan dari jangkauan si kecil
  3. Usapkan dengan lembut pada si kecil
  4. Hindari menepuk dan menaburkan bedak di dekat wajah serta area sensitive bayi.  Hindari bedak terhirup atau tertelan.

Sedemikian berpengaruhnya sentuhan lembut ini ya, sehingga memotivasi kita para ibu juga untuk selalu punya stok sabar yang luas dan kasih sayang yang tanpa batas. 

Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang.  Neurofibre ini banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut.  Makanya, area ini dapat diutamakan untuk mendapat sentuhan lembut tangan ibu.


Dalam jangka panjang, setelah dilakukan rutin setiap hari, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi.  Dampaknya, bayi jadi dapat lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya. 


Kekuatan Super Additive

 

Tiga varian Cussons Baby Powder memberikan alternatif pada para ibu untuk dipilih sesuai dengan suasana hati yang diinginkan.   Aroma yang menyertai sentuhan ibu ternyata dapat pula membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan. 


Keharuman Cussons Baby Powder dapat merangsang Neurofibre lebih optimal karena efek tekstur dari produk itu akan lebih menghidupkan lagi efek sentuhan.  Sentuhan jadi terasa lebih lembut.


Kabar baiknya, kekuatan efek sentuhan yang disertai dengan aroma yang menyenangkan ini jadi sangat powerful.  Analoginya seperti Super Additive yang membuat 1+1 jadinya bukan lagi sama dengan 2, melainkan bisa jadi 10 atau lebih.  Nah, sebesar itulah kekuatan dan manfaat yang dapat diberikan dari kombinasi efek sentuhan, wewangian, serta produk yang berkualitas tinggi pada bayi. 

 

Makanya, jangan pernah main-main untuk memilih produk perawatan bayi deh ya.  Sebab dampaknya adalah kesehatan bayi kita. 

Kita semua percaya ya bahwa setiap langkah menjadi orang tua merupakan sebuah anugerah. Bersyukur sekali kemajuan ilmu pengetahuan bisa sangat membantu peran kita sebagai orang tua dalam memaksimalkan pertumbuhan bayi. 


Penelitian telah membuktikan bahwa sentuhan kasih sayang orang tua dan aroma, bisa mempengaruhi suasana hati dan perkembangan bayi.  Jadi, mari disyukuri anugerah ini dengan memilih produk berkualitas yang memfasilitasi orang tua untuk semakin erat bondingnya dengan bayi.  (Opi)

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.