3 Cara Seru Untuk Mama, Belajar Pandemic Parenting Bertabur Hadiah di Popmama Parenting Academy 2021 Bersama Popmama.com

 


LIFT TERBUKA.

Dua orang karyawati masuk menenteng “gembolan” khas ibu menyusui dan tersenyum kepada saya. Senyuman itu tersembunyi di balik masker, namun terbaca dari sudut mata.  Saya membalas dengan senyum juga, ditambah anggukan kepala.

Di lantai 7, lift terbuka dan keduanya keluar sambil mengucapkan, “Mari Bu, kami duluan.”  

Saya mempersilakan mereka sambil menahan pintu lift agar keduanya bisa keluar berikut “gembolan”nya yang aduhai rempong.  

“Gembolan”? 

Iya “gembolan”.  “Gembolan” itu mirip seperti yang pernah saya gendong-gendong tiga belas tahun lalu.   Cooler bag yang isinya pompa Air Susu Ibu (ASI), ice gel, botol-botol ASI perah, corong, dan perintilannya.  Bedanya, dulu tidak ada ruangan khusus untuk memerah ASI di kantor ini.  

Saat itu saya mengalami masa-masa memerah ASI di kolong meja kerja, di ruang rapat yang kebetulan kosong, hingga di ruang Direksi karena saat itu jabatan Direktur kosong. Perlu waktu bertahun-tahun untuk memperjuangkan tersedianya ruang laktasi yang layak bagi para karyawati.

Karyawati mama milenial kini telah menikmatinya di lantai 7.  Di sana telah tersedia ruang laktasi plus breastfeeding stuff. Dari hari ke hari, fasilitasnya semakin dilengkapi oleh organisasi Keputrian di kantor tempat saya bekerja.    

LIFT TERTUTUP.

Meluncur ke lantai 11, ke ruangan tempat saya bekerja, berbagai kenangan berkelebatan dalam pikiran.  Seperti film yang diputar ulang, muncul gambar-gambar lama tentang perjalanan menjadi orang tua.  

keguguran yang pernah saya alami, 
baby blues
mom wars
membagi peran antara mengasuh anak dengan pekerjaan di kantor, 
konflik dengan orang tua atau mertua perihal pengasuhan, 
perjuangan menelusuri berbagai komunitas online dan offline untuk sumber belajar parenting,
perang batin saat jiwa meronta untuk mengaktualisasikan diri sementara tubuh lelah karena digandoli tugas-tugas ibu yang serasa tidak pernah selesai.  

Hmmmm…. 

Lift terbuka di lantai 11 dan langkah kaki ini memantapkan hati untuk melanjutkan perjalanan sebagai mama kantoran.  

Saya menyadari, kendati mama milenial kini telah menikmati fasilitas yang jauh lebih baik untuk memerah ASI di kantor, namun mereka menghadapi era yang tak kalah menantang.  Hamil,  menyusui, dan mengasuh bayi di masa Pandemi Covid-19, bukan perkara remeh. "Parent Support Parents" terasa sangat dibutuhkan di saat seperti ini. 



Bekerja di sektor kritikal seperti kami, mewajibkan para mama untuk tetap Work From Office (WFO) setiap hari. Sementara, sejumlah mama lainnya di sektor esensial dan non esensial punya pilihan untuk Work From Home (WFH), dengan tantangan kerja yang tidak kalah berat. 

Setiap era menghadirkan tantangan yang berbeda bagi para mama.  Siap atau tidak, harus dihadapi.  Perjalanan untuk menjadi orang tua membuat para mama bisa tersenyum dan menangis dalam satu waktu bersamaan.  This is an amazing journey.  

Menjadi orang tua artinya kuliah seumur hidup di Universitas Kehidupan. Orang tua kadang menjadi murid, sekaligus guru. Pendidikan formal yang tinggi bukan jaminan seseorang bisa menjadi orang tua yang tidak toksik bagi anak-anaknya.   

Apabila hati tak tergugah untuk selalu mengosongkan bejana pikir, maka pendidikan tinggi jadi sia-sia.  Berbeda jika bejana pikir itu selalu dikosongkan lalu dipenuhi dengan edukasi, dituangkan, dipraktekkan, untuk kembali diisi dengan wawasan baru.  Itulah proses belajar jadi orang tua yang sesungguhnya.  Learn, Unlearn, Re-learn.

Bukankah lingkungan berubah? Anak-anak yang dilahirkan mama di era kini tidak mengalami situasi yang sama dengan orang tuanya di masa kecil. Sementara semua ingin membangun keluarga yang tangguh, untuk masa depan lebih cerah bagi anak-anak.


Anak-anak Generasi Alfa dilahirkan bersama teknologi digital (sebagai digital native), sementara orang tuanya mengenal teknologi setelah terlebih dahulu belajar sesuatu secara manual (sebagai digital immigrant).  

Anak-anak masa kini mengalami era Pandemi Covid-19 yang membuat mereka terbatas dalam hal pertemuan fisik dengan sebaya.  Bagaimana bisa mendidik dan mengasuh anak-anak ini sesuai kebutuhannya jika orang tua masih menggunakan cara lama pengasuhan yang turun temurun?  


Menjawab kebutuhan itulah, Popmama Parenting Academy hadir untuk keluarga moderen, terutama para mama milenial atau ibu muda. 

Popmama.com, sebuah situs parenting untuk keluarga masa kini, mendesain serangkaian kegiatan parenting berkualitas selama sebulan penuh mulai 1 sd 31 Desember 2021. 

Popmama Parenting Academy atau disingkat POPAC 2021 diselenggarakan secara online, bisa diikuti oleh mama dan keluarga sesuai kebutuhan wawasan.  


Apa itu Popmama Parenting Academy 2021?

Popmama Parenting Academy 2021 atau POPAC 2021 merupakan acara kreatif, seru, serta berkualitas seputar parenting, yang diselenggarakan Popmama.com.  Menyasar para ibu muda atau orang tua milenial, POPAC 2021 adalah kali ketiga diselenggarakannya event tahunan keren ini. Mama tidak boleh sampai tertinggal untuk mengikuti rangkaian kegiatannya nih.  

Popmama.com itu sendiri adalah media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk mama milenial di Indonesia.  Situs ini lahir sebagai teman  bagi mama milenial untuak berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik.  

Apakah mama sudah akrab dengan Popmama.com?  Kalau belum, tak perlu tunggu lama lagi, mama bisa langsung menelusuri ragam kontennya untuk menjawab kebutuhan mama seputar parenting.  

POPAC yang pertama diselengarakan pada tahun 2019 secara offline di "The Forum Atrium Summarecon Mall Serpong" pada tanggal 11 sd 13 Oktober 2019 dengan tema "The Learning Place for Millenial Family." 

Sedangkan POPAC yang kedua tahun 2020 lalu dilaksanakan pada tanggal 28 September hingga 3 Oktober 2020 secara online karena situasi Pandemi Covid-19.  Tahun ini, POPAC juga masih diselenggarakan secara online mengingat kondisi Pandemi Covid-19 yang masih mengemuka. 


Selain didesain seru, kreatif,  dan fleksibel, POPAC 2021 juga bertabur hadiah yang tak boleh dilewatkan ya Ma. 

Bukan hanya para mama milenial saja yang bisa mengikuti POPAC 2021, tapi semua orang tua dan pihak yang menaruh perhatian penuh pada dunia pendidikan serta  parenting, bisa mengikuti kegiatan ini.

POPAC 2021 menganut empat pilar utama yaitu kesehatan, pendidikan, anti kekerasan pada anak, dan keuangan keluarga.  Keempat pilar inilah yang dikupas tuntas dalam rangkaian kegiatan online selama sebulan penuh.

Mama milenial memang sangat beruntung karena sumber belajar parenting baik online maupun offline dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya sangat berlimpah sekarang.  Ini kondisi yang tidak saya alami belasan tahun lalu ketika baru menapaki biduk rumah tangga.  

Kala itu belum banyak media online yang menyajikan konten parenting ataupun menyelenggarakan event parenting yang berkualitas. Media sosial juga belum semasif sekarang.  Sharing antar parents belum terlalu meluas.

Komunitas parenting baik online maupun offline dahulu yang mewadahi para mama dan keluarga muda juga tidak semarak sekarang lho.  Paling ngetren, di era saya 16 tahun yang lalu, sharing seputar parenting ya melalui mailing list atau mengikuti situs resmi seperti Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dan membaca majalah parenting.   

Sekarang, hampir semua kebutuhan belajar parenting seperti itu bisa terpenuhi melalui banyak kanal termasuk event POPAC.


Ada kegiatan apa sajakah di POPAC 2021?  Popmama.com telah merancang serangkaian agenda seru berkualitas dan bertabur hadiah di POPAC 2021.  Empat agenda utamanya yaitu :

1. Penghargaan untuk Komunitas (Community Award)
2. Aktualisasi Mama dan Buah Hati melalui Lomba Blog dan Popmama Little Star 
3. Penggalangan Donasi untuk Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 bersama Kitabisa.com
4. Sesi Edukasi Online, melalui konten series di Instagram, online class/kuliah Whatsapp, dan webinar, serta Peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi.  

 



Beberapa agenda acara tersebut sudah dimulai sejak Oktober 2021.  Jika mama rajin mengikuti konten Instagram @popmama.parenting.academy dan @popmama.com, pasti mama bisa mendapatkan beragam informasi pendahuluan agenda acara POPAC 2021.  Misalnya Popmama Little Star yang merupakan ajang unjuk bakat anak, sudah dimulai pendaftarannya sejak 15 Oktober 2021.  

Yuk mama tilik lebih lanjut, ada apa saja di masing-masing agenda seru tersebut: 

 

1. Penghargaan untuk Komunitas (Community Award)

Acara ini merupakan ajang penghargaan untuk mengapresiasi kiprah komunitas berdasarkan dua kategori yaitu Supportive Community dan Educative Community.  

Kategori Supportive Community adalah kategori untuk komunitas yang memiliki program utama memberikan dukungan terhadap anggota komunitas maupun masyarakat.  Dukungan yang dimaksud adalah support peningkatan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik.  

Bukan hanya dukungan di seputar kesetaraan, tapi juga perlindungan ibu dan anak, kerukunan, inklusi, dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

Kategori Educative Community adalah kategori untuk komunitas yang memiliki program utama pendidikan bagi anggota komunitas dan masyarakat.  Pendidikan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik bagi anggota komunitas maupun masyarakat.  

Bukan hanya seputar bidang pendidikan kesehatan ibu dan anak, namun juga meliputi pendidikan anak usia dini, ibu dan ayah, maupun keluarga.  Di samping itu, juga mencakup pendidikan keuangan keluarga (edukasi finansial) dan lainnya. 

Komunitas yang mengikuti seleksi wajib menunjukkan bukti gerakan dukungannya dengan narasi mengenai kegiatan dan bukti-bukti pendukung.  Selain itu, harus dilengkapi dengan data susunan pengurus komunitas dan foto kegiatan supportif ataupun edukasi. 


Periode pendaftaran untuk seleksi dibuka mulai 1 sd 20 November 2021, melalui link bit.ly/PopmamaCommunityAwards2021.  

Selanjutnya tim juri akan melakukan penjurian tertutup pada 22 sd 24 November 2021.  Sedangkan penjurian terbuka akan dilaksanakan pada tanggal 25 November sd 3 Desember 2021.  Para pemenang akan diumumkan tepat di Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021.  

Hadiah penghargaan untuk seleksi award ini cukup menarik.  Dana tunai bantuan operasional komunitas sejumlah Rp. 5.000.000,- berikut plakat penghargaan sudah disiapkan untuk masing-masing kategori awardee.  

Penghargaan ini sangat positif untuk menciptakan iklim belajar parenting yang tersistem, mandiri dan berkelanjutan. Selain itu, baik juga untuk mendorong atmosfir pemberdayaan seluruh aspek kehidupan masyarakat.  

2. Aktualisasi Mama dan Buah Hati melalui Lomba Blog dan Popmama Little Star 

Selain untuk komunitas, ada juga rangkaian acara kreatif yang bertabur hadiah bagi individu.  Para mama bloger bisa mengikuti lomba menulis blog dengan tema seputar POPAC 2021. Sedangkan untuk sang buah hati usia 7-14 tahun bisa mengikuti lomba unjuk beragam bakat di Popmama Little Star. 

Hadiahnya jutaan rupiah dan pasti bisa memotivasi mama bloger serta anak-anak untuk berkreasi sebaik mungkin ya Ma.



Lomba unjuk bakat si kecil ini awalnya dibuka pendaftaran pada 15 Oktober sd 15 November 2021.  Namun untuk membuka partisipasi lebih luas, penyelenggara memperpanjang masa pendaftaran hingga 4 Desember 2021. 


Beragam bakat sangat mungkin ditampilkan oleh anak-anak dalam ajang Popmama Little Star, seperti menari, menyanyi, bermain alat musik, mendongeng, membaca puisi, serta bakat-bakat lain. Anak saya yang memiliki bakat sebagai pengisi suara juga mengikuti lomba ini.    

Si Bungsu yang kini berusia 9 tahun sempat memenangkan Juara 2 Voice Over se-Kota Depok tahun 2021, ikut berpartisipasi unjuk bakat di Popmama Little Star ini.  Menang kalah soal belakangan, yang terpenting anak-anak diberi ruang gerak positif untuk berekspresi kan Ma?

Para pemenang lomba blog, Popmama Little Star, dan Community Award akan diumumkan pada 22 Desember 2021 pada moment Awarding Night Popmama Parenting Academy 2021, dan akan dimuat di media sosial Popmama.com. 

3. Penggalangan Donasi untuk Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 bersama Kitabisa.com

Gagasan penggalangan donasi ini berawal dari keprihatinan penyelenggara atas puluhan ribu anak Indonesia yang  kehilangan orang tuanya di masa Pandemi Covid-19. Kondisi ini menggugah POPAC 2021 untuk berkolaborasi dengan Kitabisa.com mengumpulkan dana yang bisa membantu mereka bangkit.

Kehilangan salah satu atau kedua orang tua tentunya akan sangat berpengaruh pada anak dalam pemenuhan kebutuhan gizi, pertumbuhan, dan perkembangan.

Merujuk pada unicef.org, terdapat 25.430 orang anak Indonesia yang kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya akibat Covid-19.  57% populasi anak kehilangan ayah, dan 37% kehilangan ibunya.  Sedangkan 5% kehilangan kedua orang tuanya akibat Covid-19.  

Data tersebut adalah berdasarkan pemetaan nasional yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian KPPA) bekerja sama dengan UNICEF.  


Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan dibuka hingga 31 Desember 2021.  Mama dapat menyalurkan donasi melalui link berikut https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid.

Nantinya hasil donasi mama akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan. Dengan berdonasi di program ini, adalah bukti nyata peran para mama dalam "Parents Support Parents".   


4. Sesi Edukasi Online, melalui konten Instagram, online class/kuliah Whatsapp, dan webinar, maupun Peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi.  

Sebelum mengikuti online class dan webinar yang akan dimulai 1 sd 31 Deseember 2021, mama bisa pemanasan dulu dengan menyimak berbagai konten parenting dan Instagram Talk akun IG @popmama.parenting.academy.  Akun ini khusus dibuat untuk POPAC, dan kontennya akan menjadi jembatan yang mengantarkan pada sesi-sesi edukasi lebih mendalam di online class maupun webinar.  


Di sesi online class dan webinar nantinya akan hadir para narasumber mumpuni di bidangnya, yang akan mengampu.  Para narasumber tersebut antara lain yaitu :

  1. Rika Endang Triyani (Storyteller )
  2. Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog  (Psikolog Anak dan Keluarga )
  3. Rizta Zwestika Reni, S.Sos. AWP CFP  (Financial Planner )
  4. DR. Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, (Dokter Spesialis Anak di RS Mayapada Tangerang )
  5. Putu P.D Andani M.Psi., Psikolog (Psikolog Klinis anak dan Keluarga Tiga Generasi )
  6. Saskhya Aulia Prima, M.Psi.,Psikolog (Co-Founder dan Psikolog Klinis Anak dan Keluarga Tiga Generasi )
  7. Vera Itabiliana, S.Psi., Psikolog (Psikolog Klinis Anak dan Keluarga Tiga Generasi 

Nantinya agenda kegiatan online class ataupun webinar dapat mama pilih jadwalnya dengan mengakses https://popac.popmama.com.  Selain akan mendapat wawasan seputar parenting, mama akan mendapatkan teman baru.  Seru kan. 

Selain itu, POPAC 2021 juga akan meluncurkan Buku Panduan untuk  Pengasuhan Generasi Pandemi.  

Mama tentu menyadari bahwa generasai yang lahir dan tumbuh di era Pandemi Covid-19 mengalami hal-hal yang sangat berbeda dengan generasi pada umumnya.  


Keterbatasan sosialisasi fisik dan mobilitas di masa pandemi, menyebabkan mereka tumbuh dengan karakter yang berbeda.  Begitu juga pengaruh dari tingkat stress dan kecemasan orang tua sepanjang pandemi, membuat generasi ini mungkin tumbuh bersama emosi yang tidak biasa. 

Hal inilah yang melatarbelakangi peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi, yang juga sebagai bentuk nyata "Parents Support Parents".  Buku ini nantinya dapat diunduh para mama dalam bentuk e-book di website Popmama.com. 


3 Cara Seru Mama untuk Mengambil Manfaat Sebanyak-Banyaknya dari POPAC 2021

Nah, mantap kan Ma rangkaian acara POPAC 2021 ini.  Saya sih berpikir, mama bisa mengeruk manfaat sebanyak-banyaknya dari rangkaian kegiatan ini.  Bagaimana caranya Ma? Nah ini tiga cara seru yang bisa mama lakukan agar bisa mengambil manfaat maksimal dari POPAC 2021. 

Ini dia: 
  1. Siapkan diri dengan follow dan nikmati “Hidangan Pembuka” Instagram Talk di akun IG @popmama.parenting.academy dan @popmama_com
  2. Ajak pasangan dan atau anak-anak ikut serta event ini, juga teman-teman mama dan kerabat yang menaruh perhatian pada dunia parenting
  3. Kosongkan gelas ilmu, siapkan amunisi untuk menemani belajar seru

1. Siapkan diri dengan follow dan nikmati “Hidangan Pembuka” Instagram Talk di akun IG @popmama.parenting.academy dan @popmama_com.

Mama yang sibuk dengan tugas sehari-hari baik domestik maupun non domestik tentu tak harus kehilangan waktu untuk menggali berbagai wawasan seputar pengasuhan dalam POPAC 2021. Sebab,  di akun IG @popmama.parenting.academy dan @popmama.com telah dirancang sejumlah konten parenting yang akan mengantarkan mama ke POPAC 2021.  

Informasi seputar POPAC 2021 disajikan di akun IG tersebut, termasuk sejumlah konten pendahuluan yang menjadi empat pilar utama POPAC 2021 yaitu kesehatan, pendidikan, anti kekerasan pada anak, dan keuangan keluarga.  

Misalnya, mama bisa mengikuti konten bagaimana mencegah cyberbullying pada anak, strategi mendisiplinkan anak yang sensitif, serta tips menghadapi taruma anak.  Selain itu berbagai konten penambah wawasan seperti mengapa orang tua wajib bermain dengan anak, dan plus minus memilih homeschooling juga dibahas dengan lugas. Ini wajib mama intip dan kepoin lho.

Mama anggaplah konten-konten tersebut sebagai hidangan pembuka sebelum  mengikuti online class nya.  Ini namanya persiapan dan pemanasan. Seru kan Ma. 

2. Ajak pasangan dan atau anak-anak ikut serta event ini, juga teman-teman mama dan kerabat yang menaruh perhatian pada dunia parenting

Asyiknya belajar parenting itu jika dilakukan bersama-sama pasangan dan peer lho Ma.  Sebab, di situlah sebetulnya kita bisa mengembangkan yang namanya "Parents Support Parents" nantinya.  Belajar bersama dan membangun fondasi yang kuat bersama-sama akan membuat para orang tua menjadi bersinergi. 

Nah, karena itu setelah mama mengetahui informasi tentang POPAC 2021 ini, bisa langsung mengajak pasangan untuk bersama-sama kompak belajar.  Selain itu, teman-teman dan kerabat yang menaruh perhatian pada dunia parenting juga bisa digandeng ikut serta.  Siapa tahu mereka belum mengetahui informasi bermanfaat ini. 

Bagaimana caranya?  Mama bisa share informasi dan konten bermanfaat seputar POPAC 2021 kepada pasangan dan teman serta kerabat.  Berdiskusi ringan juga tidak ada ruginya, sekaligus menyiapkan berbagai pertanyaan untuk dikonsultasikan di online class nantinya bukan?  Sayang sekali jika sessi kelas bersama pakarnya nanti tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.  Iya kan Ma?


3. Kosongkan gelas ilmu, siapkan amunisi untuk menemani belajar seru 

Hidangan pembuka sudah disambut, pasangan dan teman juga sudah diajak.  Selanjutnya mama tinggal mengosongkan gelas ilmu, dan siap mengisinya sebulan penuh nanti di 1 sd 31 Desember 2021 dalam POPAC 2021.  Mama bisa menyiapkan amunisi untuk menemani acara belajar parenting agar lebih seru.  Ini daftar amunisi yang bisa mama siapkan :

  1. Siapkan tempat yang nyaman untuk menyalakan laptop atau gadget lainnya yang akan digunakan untuk kelas online .  Bisa di pojok favorit mama di rumah, atau di ruang kerja yang diberi sentuhan lebih santai.
  2. Jika mama mungkin akan mengikuti kelas online di luar rumah, mama bisa siapkan headset atau earphone dengan kondisi baik.
  3. Siapkan makanan atau minuman kesukaan yang meningkatkan mood mama. 
  4. Siapkan catatan khusus atau jurnal untuk merekam semua perjalanan belajar mama di POPAC 2021 sehingga bisa mama gunakan untuk referensi di waktu ke depan 
  5. Sediakan waktu untuk mempraktekkan langsung apa yang telah dipelajari POPAC 2021.  Mama bisa mengalokasikan waktu jauh-jauh hari.

Nah, itulah lima amunisi yang perlu disiapkan.  Waktu dan Niat adalah yang utama.  Walau bukan mama muda lagi, saya juga masih merasa sangat perlu untuk mengikuti POPAC 2021 ini.  Bagaimanapun, anak-anak saya juga tumbuh di masa pandemi, dan rasanya butuh lebih banyak belajar untuk menghadapinya.  

Saya yakin akan sangat seru belajar Pandemic Parenting di POPAC 2021 bersama mama-mama milenial !

Sampai ketemu ya Ma di POPAC 2021.  Siapa tahu nanti kita bisa jadi teman dan saling berbagi pengalaman.  Sampai Jumpa Ma..... (Opi) 


3 komentar

  1. Acara keren ini, Popac 2021 juga bisa jadi referensi bagi calon mama (insyaallah) seperti saya, buat bekal nanti. Makasih informasinya Mbak Opi

    BalasHapus
  2. Bener deh kalau Popmama menjadi one stop solution buat keluarga milenial. Selain bisa menimba ilmu parenting, ada banyak kegiatan dan kurikulum yang bisa kita ikuti.

    BalasHapus
  3. Suka sama quote Learn, Unlearn, Relearn.

    Semoga aja PopMama ini kehadirannya bisa jadi penyemangat Mama Milenial. Juga bisa jadi tempat belajar terpercaya yang asik dan berbobot.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.