Review Pizza Manis dan Croffle ala Feriza Bakery: Ngehits untuk Snack Time



Croffle memang sedang ngehits. Camilan renyah yang enak dinikmati hangat-hangat ini jadi favorit banyak orang untuk snack time. Kali ini saya akan mereview Croffle beserta sahabatnya yaitu Pizza Manis ala Feriza Bakery. Yuk…


Kenapa gitu kok tertarik pingin mereview Pizza Manis dan Croffle ala Feriza Bakery ?

Jadi begini ceritanya.  Sudah beberapa kali anak-anak minta dipesankan camilan hangat Pizza Manis dan Croffle untuk snack time saat sekolah online atau menjelang mengaji online di sore hari. Nah, kebetulan tetangga kami ada yang punya usaha bakery rumahan, hanya beberapa rumah dari kediaman kami.  Cuma sejarak selemparan bola basket. Dekat  banget. 

Mamanya Arkan, begitu saya sering menyapa pemilik Feriza Bakery, sudah lama berkecimpung di dunia panggang memanggang roti dan kue.  Sebelumnya, kami juga suka memesan birthday cake saat anak-anak berulang tahun. Nama lengkap Mama Arkan adalah Riza Nelvi Ayani, ibu tiga anak yang pernah bekerja di bank.  Riza memutuskan resign dan fokus berbisnis dari rumah. 

Sudah beberapa tahun terakhir ini Mama Arkan konsisten menyajikan ragam camilan roti dan pastry yang bisa dipesan melalui aplikasi GoFood untuk wilayah Depok dan sekitarnya.  Kalau pemesan di kompleks kami sih langsung pesan via chatt WA dan segera diantar hangat-hangat.  

Menunya beragam.  Mulai dari roti manis aneka isi, burger serta hotdog homade yang roti dan isi daging /ayamnya diolah sendiri, eclairs, pizza aneka topping, hingga yang paling ngehits: CROFFLE !

Untuk usaha bakery-nya ini Mama Arkan mempekerjakan 3 orang karyawan yang membantunya menyiapkan pesanan dan melakukan pengantaran di dalam kompleks perumahan.  


Nah, beberapa hari terakhir hujan selalu mengguyur Depok.  November rain ini ceritanya.  Anak-anak saya selalu minta cemilan yang hangat sekaligus mengenyangkan.  Pilihan cerdas nih untuk memilih pizza manis dan croffle! 

Pizza Manis 


Pizza manis ala Feriza Bakery adalah pizza berdiameter 20 cm yang toppingnya variasi keju, meisses, pisang dan kepingan oreo. Disajikan hangat-hangat saat baru keluar dari oven, pizza manis ini jadi andalan anak bungsu saya untuk meningkatkan mood saat snacktime.  


Teksturnya lembut seperti roti dengan pinggiran yang tebal. Model pinggirannya seperti gulungan cheezy bites tapi ngga ada kejunya. Pizza manis ini cukup mengenyangkan untuk snack time. Satu loyang pizza manis seharga Rp 35.000,-, sd Rp 42.000,- sudah dipotong menjadi enam bagian.  




Biasanya kami memesan pizza manis untuk snacktime pagi anak-anak sekitar Pukul 9.30 Wib.  Jika memesan langsung tanpa aplikasi GoFood harganya Rp 35.000,-, namun jika memesan via aplikasi harganya Rp 42.000,-.  


Karena rumah Mama Arkan hanya selisih beberapa rumah saja dari kediaman kami, maka bisa pesan dadakan dan dimakan hangat-hangat.  Ini yang bikin nikmat.  

Croffle


Croffle ala Feriza Bakery, tak ubahnya seperti croffle pada umumnya. Namun karena disajikan hangat-hangat dengan variasi selai cair bluberi, jadi terasa istimewa.  Dimakan tanpa selai pun sudah enak.  Renyah !


Croffle merupakan modifikasi adonan croissant yang dimasak pada alat pemasak waffle, tiba-tiba ngehits maksimal di Korea Selatan pada 2020 serta berimbas ke Indonesia juga.  Secara ya, saat itu ngehitsnya gara-gara artis Korea Kang Min-Kyung mengatakan bahwa makanan favoritnya adalah croffle.  Sontak lah penggemarnya langsung memviralkan. Ngehits deh.  Indonesia yang memiliki banyak penggemar artis Korea sudah jelas langsung ketularan ngehitsnya croffle. 

Saya sendiri sempat penasaran, apa sih istimewanya adonan croissant yang dimasak di cetakan waffle? Ya paling sama saja seperti kebanyakan pastry lainnya.  Ternyata, setelah mencicipi croffle, hmmm iya sih unik juga! Bentuknya waffle, rasa mentega, tapi renyah. 


Sebelumnya saya sempat mencicipi beberapa croffle buatan Bakery lain.  Tapi ya yang paling berkesan dan cocok di lidah buat saya memang buatan Mama Arkan @FerizaBakery.  Ternyata ini karena dihidangkan hangat-hangat fresh from the oven.  

Memang rasanya jadi beda.  Juga, croffle ala Feriza Bakery rasanya tidak terlalu manis seperti croffle pada umumnya.  Secara ya, saya dan keluarga kurang suka camilan yang terlalu manis.

Rasa croffle ternyata berbeda sama sekali dengan rasa croissant meskipun dibuat dari adonan yang sama.  Karena adonan croissantnya dimasak di cetakan waffle, maka rasanya jadi berbeda.  Renyah dan lembut serta sangat terasa mentega.  


Satu paket Croffle ala Feriza Bakery dibanderol seharga Rp 28.000,- . Sepaket ini isinya 4 buah croffle ukuran sedang.  Saya kalau lagi kepingin, bisa makan dua buah sekali lahap. He he he.  Sementara anak-anak bisanya makan 1 buah pun sudah cukup untuk snacktime.  

Khusus untuk croffle belum masuk ke menu di aplikasi GoFood nya karena memang ini baru saja ngehits di lingkungan kami. 


Seringnya kami pesan croffle untuk snacktime di weekend sore sekitar pukul 16.30 WIb.  Dinikmati saat hujan sore hari dengan teh hangat tanpa gula, hmm nikmat. Sambil bercengkerama bersama keluarga, bercakap-cakap tentang ragam hal remeh tapi menyenangkan, sambil mengunyah croffle. 

Kita patut berterima kasih kepada chef yang pertama kali mengkreasikan croffle ya.  Kabarnya croffle ini pertama kali dikreasikan oleh Chef Louise Lennox di Perancis pada tahun 2017.  Ia memasak adonan croissant berlapis mentega hingga renyah dalam sebuah waffle iron.  Adonan croissant tersebut digulung dan ditempatkan ke dalam cetakan waffle sehingga menghasilkan kue puff yang lebih renyah.

Bagaimana Cara Pesan Pizza Manis dan Croffle Feriza Bakery ?


Mudah banget. Untuk teman-teman yang tinggal di wilayah Depok dan sekitarnya bisa memesan Pizza Manis dan aneka bakery buatan Mama Arkan via aplikasi GoFood.  Langsung saja search “Feriza Bakery”, teman-teman akan langsung menemukan lapaknya.  Tinggal dipilih deh menu yang ingin dipesan. 

Hanya memang untuk menu croffle belum tercantum nih.  Mama Arkan masih melakukan penyesuaian terhadap menu-menu baru yang akan ngehits.  


Kami sekeluarga berharap Mama Arkan sehat sehat selalu sekeluarga sehingga kita tetap bisa menikmati camilan hangat buatannya.  Kami pernah libur menikmati Feriza Bakery karena Mama dan Papa Arkan terkena Covid-19 dan dirawat bergantian di RS.  Lapak Feriza Bakery langsung libur deh.  



Bersyukur sekarang Mama Arkan sudah sehat dan bisa beraktivitas kembali memanggang roti dan pizza serta camilan lainnya.  Para karyawannya juga bisa bekerja kembali dan menghidupi keluarganya.  Semangat terus Mama Arkan untuk menekuni bisnisnya semoga semakin maju dan penuh berkah.  Salam manis selalu dari pelanggan setia tetangga rumah. 

Oh iya teman-teman bisa kepoin produk Feriza Bakery di akun Instagram @bakeryandcake.feriza ya...  (Opi).




Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.