Review Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum: Wajah Cerah dengan Skin Barrier Optimal ala Scarlett

Face care Scarlett sudah akrab sekali dengan perawatan keseharian untuk kulit wajah saya. Terutama serial Brightly (Pencerah), pas banget dengan kebutuhan kulit wajah saya yang cenderung berminyak/kombinasi dan tone ke arah gelap.  

Setiap Scarlett launching produk baru,  Alhamdulillah saya selalu mendapat kesempatan untuk mencoba dan berbagi pengalaman menggunakan face care ini pada pembaca blog www.opiardiani.com. 

Produk face care Scarlett yang terbaru dari serial Brightly yang akan saya ulas kali ini adalah Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum, atau biasa disebut Niacinamide Serum saja.

Kenapa sih saya tertarik dengan serum ini?  

Soalnya, produk ini selain mencerahkan wajah juga membantu memperkuat skin barrier, yang kadang terganggu karena kecerobohan kita mengeksfoliasi kulit wajah.  

Jadi, sejak ulang tahun ke 40, saya mulai lebih perhatian dalam memilih produk untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit wajah.  Nah loh, sebelumnya kemana aja buk?  He he he, dulunya (dari jaman sekolah menengah sampai jadi ibu-ibu eeaaaa) saya relatif cuek dengan urusan produk perawatan wajah. 

Cuci muka aja yang penting cuci muka, kadang malah pakai sabun mandi hiyaaaaa, atau pakai sabun muka punya adik/kakak yang jelas beda jenis kulitnya.   Padahal ini terlarang banget karena bisa bikin wajah jadi kering atau bermasalah.  Ini nih bukti bahwa saya dulu kurang memperhatikan bagaimana kebutuhan spesifik kulit wajah saya. 

Lalu, seiring peningkatan kesadaran bisa dibilang kemudian standar saya naik jadi “yang penting ngga jerawatan”.  Sebab di usia dua puluhan saya pernah mengalami kondisi wajah berjerawat yang cukup parah. Waktu itu, keadaan diperparah karena harus menjalani kerja lapangan. Panas-panasan setiap hari.   

Sebagai jurnalis cetak di desk olahraga, saya melakukan liputan outdoor hampir setiap hari. Sampai terkuras sekian digit rekening untuk berobat ke dokter spesialis kulit. Perlu waktu berbulan-bulan untuk meredakan masalah kulit wajah ketika itu.  Beruntung saya dipindah ke desk Mingguan yang liputannya ngga harus panas-panasan terus. Lumayan pulih deh.

Makanya, setelah kondisi wajah membaik, saya sangat berhati-hati memilih produk untuk merawat wajah agar tidak sampai bermasalah lagi.  Sebisa mungkin saya pilih produk perawatan wajah yang benar-benar aman. Perawatan mingguan seperti maskeran dan scrubbing sedapat mungkin tidak terlewatkan.  Tentunya memakai produk masker yang sesuai dengan kondisi kulit. 

Masker wajah keluaran Scarlett pun sudah saya coba dan alhamdulillah cocok.  Pengalaman saya menggunakan masker Scarlett bisa dibaca di sini ya: 

https://www.opiardiani.com/2022/06/review-scarlett-herbalism-mugwort-mask.html

https://www.opiardiani.com/2022/06/review-scarlett-seriously-soothing-and-hydrating-gel-mask.html

Dan ketika usia memasuki 40 tahun serta mengikuti berbagai kelas tentang self care dan self love, saya jadi menyadari pentingnya mencintai diri sendiri salah satunya dengan merawat tubuh sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.  

Dulu mah yah, saking minimnya pengetahuan akan perawatan wajah dan kebutuhan spesifik diri, saya tuh pernah sampai dua tiga kali maskeran dalam sepekan. Terus, pakai scrub wajah setiap hari!  Duh ini sih namanya bukan sayang sama diri tapi malah merusak diri. 

Selidik punya selidik, maskeran dan scrubbing terlalu sering ngga baik buat kulit wajah. Apalagi kalau maskernya yang bersifat eksfoliasi (pengelupasan kulit).  Ini bisa merusak skin barrier. 

Apa itu Skin Barrier ?

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang keras dan terikat bersama lipid (lemak).  Fungsi skin barrier adalah sebagai pelindung. 

Kulit wajah kita terdiri dari beberapa lapisan dengan fungsi masing-masing. Lapisan terluar kulit yaitu epidermis terdiri dari beberapa layer.  

Layer terluar epidermis disebut stratum corneum, terdiri dari lapisan sel tanduk yang keras terbentuk dari keratin. Di layer ini selain dijumpai keratin, juga ada lapisan pelembap alami yaitu lipid yang memiliki kandungan kolesterol, asam lemak, dan ceramide.  Lapisan ini sangat tipis, yang disebut sebagai skin barrier. 

Jadi, skin barrier kita ternyata selain mengandung keratin juga mengandung ceramide. 

Meskipun hanya berupa lapisan tipis di bagian terluar struktur kulit kita, namun fungsinya sangat vital sebagai pelindung.  Skin barrier membantu melindungi bagian dalam kulit dari masuknya kuman penyebab penyakit serta masuknya racun dari luar.  Skin barrier juga menghalangi air menguap terlalu banyak.  Bila skin barrier rusak, kulit kita bisa beresiko dehidrasi karena mengeluarkan terlalu banyak air. 

Nah, penting banget kan fungsi skin barrier ini? Oleh sebab itu, kondisinya harus dijaga supaya kulit wajah kita tetap dalam kondisi optimal dan sehat. Cara menjaganya gimana?

Menjaga dan Memperkuat Skin Barrier, Itu WAJIB!

Kulit wajah yang skin barriernya rusak atau kurang terjaga biasanya bertekstur (alias kasar), berjerawat, kemerahan, atau bahkan kering.  

Nah, supaya skin barrier tetap terjaga, kita musti perhatikan nih hal-hal penting.  Ini dia hal-hal penting yang harus kita upayakan:  

1. Mengkondisikan kulit pada kondisi kelembapan yang cukup, tidak terlalu kering maupun terlalu lembap/basah

2. Menghindarkan kulit wajah dari paparan sinar matahari

3. Menghindarkan kulit wajah dari paparan penyebab alergi (allergen), penyebab iritasi (iritan) dan penyebab polusi (polutan)

4. Menghindarkan kulit wajah dari senyawa kimia seperti detergen/surfaktan/SLS

5. Mengurangi pengelupasan (eksfoliasi) yang berlebihan misalnya dari maskeran/scrubbing/dan treatment kecantikan lainnya

6. Menghindarkan gangguan psikologis/ stress

7. Menyadari faktor genetik/keturunan yang memicu masalah kulit/penyalit kulit 

Salah satu upaya saya untuk menjaga dan memperkuat skin barrier, sekaligus mencerahkan wajah adalah dengan rutin menggunakan produk yang mengandung Ceramide untuk skin barrier dan Niacinamide untuk pencerah.   Sudah beberapa pekan ini saya memakai Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum, yang mengandung keduanya (Ceramide dan Niacinamide).

Serum terbaru keluaran Scarlett ini bermanfaat untuk :

Memperkuat dan memperbaiki skin barrier 

Mencerahkan kulit wajah

Membantu menyamarkan garis halus wajah 

Menenangkan dan menghidrasi kulit yang kemerahan atau iritasi

Membantu melawan atau membebaskan dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini


SERUM AMAN UNTUK WAJAH

Serum ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi BPOM RI No NA 18211903259  sehingga aman digunakan.  

Sebagaimana produk Scarlett lainnya, serum ini tidak mengandung Merkuri dan Hydroquinone.  Kedua senyawa tersebut adalah bahan pemutih yang berbahaya dan tidak disarankan untuk kosmetika. 

Penggunaan produk face care Scarlett dapat digunakan mulai usia 13 tahun keatas. Aman digunakan untuk Bumil dan Busui, tapi dianjurkan melewati trimester kedua dan juga konsultasi dengan dokter kandungan masing-masing

CEK KEASLIAN PRODUK 

Produk Scarlett ini memang ngehits banget, dan rawan dipalsukan pihak tak bertanggung jawab.  Makanya, untuk meyakini produk yang dipakai adalah produk asli, maka teman-teman dapat melakukan cek keasliannya di link  ini:  https://verify.scarlettwhitening.com/ .

Teman-teman bisa langsung buka linknya dan mengisi data yang diminta, lalu masukkan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri produk.

Setelah kode dimasukkan, proses autentifikasi akan berjalan.  Setelah selesai, akan muncul page notifikasi berwarna merah muda yang memuat pernyataan bahwa produk yang dites adalah ASLI 100% dengan nomor kode seri tertera.  

Nah, teman-teman bisa mencocokkan kode seri yang muncul itu akan sama dengan kode seri yang terdapat di sticker hologram produk. 

Pengecekan ini hanya dapat dilakukan satu kali ya teman-teman.  Jika kita mengulangi lagi pengecekan maka akan muncul notifikasi bahwa kode tersebut sudah dilakukan pengecekan. 

Jika produknya palsu, maka proses autentifikasi ini pastinya tidak akan memunculkan kode seri.  Nah, jadi teman-teman musti cek dulu ya.  

Untuk menjamin keaslian produk, teman-teman disarankan untuk membeli produknya di toko resmi Scarlett yang bisa diakses melalui link ini :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.  


KEMASAN, TAMPILAN, DAN KANDUNGAN SERUM 


KEMASAN.  Serum ini dikemas rapi dalam kardus yang diamankan dengan lapisan plastik segel di bagian luar sebagai pengaman.  Kardusnya berwarna putih kombinasi ungu.  

Di dalam kardus, botol serum masih diamankan dengan lapisan plastik putih yang memiliki cekungan sesuai bentuk botol serum.  Sehingga, botol berdiri aman dalam kardus.  



Pada sisi kardus ada sticker hologram dengan nomor seri yang menjamin keaslian produk. Di sebelahnya ada barcode yang bisa discan dan masuk ke situs pengecekan keaslian produk https://verify.scarlettwhitening.com/.

 

Botol serum dengan isi 15 ml berupa botol kaca bening yang dilapisi label produk berwarna ungu. Tutup botol berulir tersambung dengan pipet yang sekaligus digunakan untuk mengambil cairan serum.

Harganya dibanderol Rp 75.000,-.  Untuk saya sih ini cukup terjangkau.  

TEKSTUR. Cairan serum bertekstur kental namun masih mudah mengalir melalui pipet.  

AROMA. Aromanya plain (tidak ada bau khas yang  menyengat).  Samar-samar tercium aroma asam namun tidak mengganggu bagi saya.

WARNA.  Warna cairan jernih seperti gel cair yang bening.  

TAMPILAN KESELURUHAN.  Secara keseluruhan tampilan produk cukup menarik dan elegan.  Warna ungu yang dipadu putih memberi kesan anggun, aristokrat, sekaligus cantik.  Botol serumnya mungil, mudah dibawa bepergian, dan tidak mudah tumpah karena tutup pipetnya terpasang rapat.  

Hanya yang agak mengganggu buat saya adalah lapisan kemasan plastik di dalam kardus yang menurut saya kurang ramah lingkungan.  Selain jadi lebih banyak sampah plastik, juga sebenarnya fungsi plastik sebagai pengaman bisa diganti dengan karton.  Karton lebih ramah lingkungan karena lebih mudah terurai daripada plastik.  


 

KANDUNGAN.  Kandungan Bahan Aktif  serum berupa:  Niacinamide, Beta Glucan, 7 Phyto Extract, Allantoin, Creatine, Triple Complex Ceramide.  

Niacinamide 5% berfungsi membantu merawat skin barrier, membantu mencerahkan kulit secara merata, dan membantu menyamarkan noda gelap pada kuit wajah.

Beta Glucan berfungsi membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV.  

7 Phyto Extract yang memberikan manfaat alami pada wajah terdiri dari ekstrak tumbuhan Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida Fermant, Pomegranate, Lotus, dan Centella asiatica. 

Allantoin, berfungsi membantu melembapkan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.  

Creatine berfungsi membantu menyejukkan dan melembapkan kulit

Triple Complex Ceramide berfungsi membantu melembapkan kulit dan membantu merawat kekencangan kulit.  


CARA PEMAKAIAN SERUM.  Teteskan 2 -3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah.  Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit, sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.  

Gunakan pagi dan malam hari, hindari paparan cahaya matahari langsung ke wajah. Jangan lupa pakai sunscreen ya. Simpan produk di tempat yang sejuk, hindari sinar matahari langsung, tutup rapat pipet penutup setelah pemakaian 

 

KESAN SETELAH PEMAKAIAN RUTIN 

Seperti kesan ketika memakai produk face care Scarlett yang sebelumnya, Niacinamide Serum ini memberikan kesan yang baik pada kulit wajah saya.  Dingin, adem, dan meresap dengan baik ke kulit wajah.  Tidak lengket sama sekali.  

Saya menggunakannya pagi dan malam hari, dan persis setelah 2 pekan serumnya habis dong, hehehe.  Ya memang kemasannya mungil sih.  

Untuk tujuan mencerahkan, efeknya memang terasa.  Selain wajah jadi cerah, juga kelihatan lebih segar bagi saya. Tolong dicatat ya wajah jadi lebih cerah loh, bukan jadi lebih putih.  Soalnya tone kulit wajah saya tetap ke arah gelap tapi jadi kelihatan lebih bersih dan cerah saja. 

Untuk tujuan menjaga dan menguatkan skin barrier, juga terasa.  Kulit wajah jadi relatif lembut. Jadi senang deh mengusap-ngusap wajah sendiri hehehe.  

Jadi gimana, mau coba juga? Cuzz lah, langsung order bisa melalui link ini ya besties :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.   

Ditunggu cerita teman-teman setelah mencoba juga, mudah-mudahan pengalaman baik seperti saya yaaa….. Sampai jumpa di review produk yang lain ya .. (Opi)

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.