Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat ala Mark Manson


Bersikap “bodo amat” versi Manson bukanlah masa bodoh seperti kosa kata yang pernah saya telan sebelumnya. Masa bodoh atau bodo amat ala Manson artinya memandang tanpa gentar tantangan yang paling menakutkan dan sulit dalam kehidupan lalu mau mengambil tindakan. Bodo amat atau masa bodoh tidak sama dengan acuh tak acuh seperti yang selama ini saya pahami.  

Mulanya agak sulit mencerna maksud Manson, harus dibaca pelan-pelan dan direfleksikan dalam hal-hal yang pernah dialami dalam perjalanan hidup. Manson menawarkan sebuah seni sebagai pendekatan yang waras dalam menjalani hidup yang baik, yang saya tangkap sebagai dorongan kuat untuk berjuang menjadi diri sendiri, menerima diri sendiri, lalu berjalan tegak dengan segala atributnya. 

Iya, kalau Anda memang mau belajar dan berjuang jadi diri sendiri, memang pantas baca buku ini. Buku ini tidak akan berkenan bagi para penjilat bermuka dua. orang-orang yang tidak tahu tujuan hidupnya dan atau yang terlalu bernafsu mencapai hal-hal tertentu dalam hidup tanpa memahami prioritas. Kecuali diantara mereka terketuk hatinya untuk berputar arah. Oh sungguh saya merasa ditampar untuk hal ini. 



Perbaikan diri dan kesuksesan kadang terjadi bersama.  Namun itu tidak lantas berarti keduanya adalah hal yang sama.  Ini diceritakan Manson lewat analogi kisah seorang penyortir surat di kantor pos yang di usia senja menjadi penulis terkenal.  Bukowski. 

“Bukowski sukses jadi penulis bukan karena perubahannya menjadi orang yang lebih baik.  Melainkan, karena dia nyaman dengan cerminan dirinya yang dianggap sebagai kegagalan.  Ia hebat karena kemampuan sederhananya untuk jujur pada diri sendiri sepenuhnya dan setulusnya- terutama mengakui hal-hal paling buruk yang ada pada dirinya sekalipun- dan untuk membagikan perasaannya tanpa segan dan ragu.”  Begitu tulis Manson. 

Bukoswki adalah contoh nyata sosok yang berhasil menerima dirinya beserta berbagai atribut yang ada. Sementara sekian banyak dari kita mungkin sedang bercermin dan mengatakan,”Aku cantik”, sekalipun wajah yang nampak di cermin sama sekali tidak seperti yang dikatakan. Kenapa manusia sulit menerima diri sendiri? 

Ini disebabkan karena kebanyakan manusia mengingkari hukum kebalikan yang dikemukakan filsuf Alan Watts.  Hasrat untuk mengejar semakin banyak pengalaman positif sesungguhnya adalah sebuah pengalaman negatif.  Sebaliknya, secara paradoksal, penerimaan seseorang terhadap pengalaman negatif justru merupakan sebuah pengalaman positif.  



Intinya adalah, semakin kuat Anda berusaha baik setiap saat, Anda akan merasa semakin tidak puas, karena mengejar susuatu hanya akan meneguhkan fakta bahwa pertama-tama Anda tidak baik.  Semakin mati-matian Anda berusaha untuk ingin sesuatu, Anda semakin merasa tidak kunjung meraihnya, terlepas dari seberapa yang sebetulnya telah Anda peroleh.  

Jalan yang dicetuskan Manson adalah menciptakan seni. Inilah tiga seni utama yang ditawarkan Manson untuk Bersikap Masa Bodoh sebagai pendekatan waras demi menjalani hidup yang baik: 

1. Seni Pertama : Masa bodoh = nyaman saat menjadi berbeda. Tidak sama dengan acuh tak acuh atau tidak peduli. Acuh tak acuh dan tidak peduli hanya dibutuhkan untuk menyikapi hal tak penting yang kurang makna. 

Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk nyaman saat berbeda?  Fakta tentang kehidupan adalah tidak pernah ada yang namanya masa bodoh.  Sisi biologis manusia selalu peduli akan sesuatu, karena itulah manusia punya kecenderungan untuk selalu peduli terhadap sesuatu. 

Namun, bukan berarti manusia harus peduli terhadap semua sesuatu dan merespon semua hal dengan kadar kepedulian yang sama.  Pedulilah hanya pada hal besar dan penting.  Hal yang kaya makna.  Setelah itu Anda akan menjadi berbeda.  Agar tetap nyaman ketika menjadi berbeda, Anda harus konsisten dengan apa yang dipercaya sebagai hal besar dan penting. Sebagai dampaknya, orang akan melihat dan peduli pada Anda. Anda menjadi sesuatu yang penting dan bermakna bagi orang lain.  Menginspirasi. Alangkah nyaman ketika setiap orang nyaman dengan dirinya sendiri, menjadi diri mereka sendiri.  



2. Seni Kedua: Peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan, sehingga Anda dapat mengatakan bodo amat pada kesulitan.  

Pertanyaannya, apa yang lebih penting dari kesulitan? Itulah yang harus Anda temukan.  Apa yang sangat berarti bagi hidup Anda?  Temukan.  Menemukan sesuatu yang penting dan bermakna dalam kehidupan Anda, menjadi cara yang paling produktif untuk memanfaatkan waktu dan tenaga.  Karena, jika Anda tidak menemukan sesuatu yang penuh arti, maka perhatian Anda hanya akan habis tercurah untuk hal-hal tanpa makna dan sembrono. 

Selama manusia masih menganggap bahwa kesulitan yang dihadapi dalam hidup adalah hal terpenting yang harus dipedulikan,  selama itu pula pikiran dan tenaganya akan habis tercurah untuk fokus peduli pada kesulitan hdup! Betapa malangnya. Sementara hidup terlalu sebentar untuk menjelang pada kematian, dan masa hidup menjadi sia-sia.  

Intinya adalah bukan menghindari kesulitan, namun menemukan hal sulit yang bisa Anda hadapi dan nikmati. Menancap!

3. Seni Ketiga: Pilih hanya hal-hal yang penting untuk diperhatikan.  

Pertanyaannya, apa hal-hal yang penting dalam hidup?  Pilih.  Sekali lagi pilih.  Memilih mana yang penting untuk diperjhatikan adalah hak prerogatif Anda dalam menjalani hidup sebagai diri Anda sendiri.  Keluarga.  Teman-teman.  Sahabat.  Kesehatan jiwa dan raga.  Target Hidup. Pilih.  Sekali lagi pilih.  Itulah yang dianjurkan Manson.  Jika untuk memilih hal penting pun Anda tidak bisa, apa tujuan Anda hidup?....

Manusia akan menjadi lebih selektif terhadap perhatian yang rela diberikan.  Inilah sesuatu yang disebut Manson : Kedewasaan.  Ini bagus.  Sebaiknya Anda mencobanya.  Kedewasaan muncul ketika seseorang belajar untuk peduli hanya pada sesuatu yang sangat berharga.  

Semakin bertambah usia, semakin renta, manusia hanya akan menyisihkan perhatian pada hal penting yang semain berkurang jumlahnya dibandingkan ketika baru mendewasa.  Namun, hal itupun sudah cukup membahagiakan bagi para manusia tua. 



Pada suatu saat, manusia dalam hidupnya tidak lagi terlalu peduli pada banyak hal.  Hidup berjalan apa adanya.  Lalu diterima dengan wajar, entah itu baik maupun buruk.  Ekstrimnya, Manson menuliskan bahwa manusia dapat menerima ketika kanker yang diderita bisa diobati tapi mungkin tidak dapat disembuhkan.  Tidak bisa pergi ke bulan.  Atau tidak bisa merasakan putting Jennifer Anniston.  Wow. Dan itu semua tidak masalah. Begitu saja.  

Manson menulis buku ini bukan untuk mengajari pembaca untuk meraih atau mencapai sesuatu, namun lebih pada bagaimana cara berlapang dada dan membiarkan sesuatu pergi. Secara detil, manson menyajikan tutorial bagi pembaca cara membuat inventaris kehidupan dan menyortir hal-hal yang paling penting saja. Belajar peduli lebih sedikit.  Tapi pada hal yang bermakna.  Sementara hal bermakna itu sepenuhnya ada pada pilihan Anda masing-masing.  

Menentukan Nilai dalam Hidup 


Memilih untuk peduli atau masa bodoh menurut Manson juga sangat ditentukan oleh NILAI yang terkandung dalam suatu hal.  

Secara gamblang Manson menyebut empat hal utama sebagai nilai-nilai sampah. Empat hal tersebut adalah kenikmatan, kesuksesan material, selalu benar, dan tetap positif.  Bukan berarti keempat hal tersebut sama sekali tidak penting, tetapi akan jadi hal yang menakutkan ketika dijadikan prioritas dalam hidup. 

Mengerikan, penjabaran yang ditulis Manson mengenai keempat hal yang selama ini dianggap sebagai prioritas hidup. Ambisi selalu benar faktanya justru menghalangi diri untuk bisa belajar dari kesalahan.  Padahal, manusia mana yang tidak berbuat salah? Tetap positif yang artinya menyangkal emosi negatif justru sama dengan mengekalkan masalah, bukannya menyelesaikan. Lalu kenapa berpikir sebaiknya selalu benar dan tetap positif?



Kemudian, nilai apa yang baik dan buruk dalam hidup menurut Manson?  Nilai yang baik adalah yang (1) berdasarkan pada kenyataan; (2) membangun secara sosial; (3) segara dan dapat dikendalikan. 

Nilai-nilai yang buruk adalah (1) tahayul; (2) merusak secara sosial; (3) tidak segera dan tidak dapat dikendalikan.  

Manson menekankan bahwa pengembangan diri yang sesungguhnya adalah yang memprioritaskan nilai-nilai yang lebih baik, serta memilih hal-hal yang lebih baik untuk dipedulikan.  

Buku ini membuat pembaca berpikir, menelaah, dan merefleksi diri.  Pada beberapa bagian, bahkan membuat saya tidak setuju.  Contohnya bahasan tentang jangan berusaha. Mana mungkin jangan berusaha? Namun setelah ditelaah dengan jernih, maksud Manson sebetulnya sudah terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.  Ia memotret dengan cara yang berbeda.  Potret yang menampar tapi lalu membuat senyum jadi lebih ringan. (Opi) 


Judul buku : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (terjemahan oleh F Wicaksono dan editor Adinto F.Susanto)
Terbit pertama kali di New York oleh Penerbit HarperOne pada tahun 2016 dengan judul The Subtle Art of Not Giving A Fuck
Cetakan ke XI :  Oktober 2018, di Indonesia pertama kali dicetak pada Februari 2018.
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)
Tebal buku : vii + 246 halaman
Dimensi :
Harga Pulau Jawa :  Rp 67.000,-
Kategori buku Self Improvement Usia 17+

Behind The Scene : 
Kenapa Saya baca buku ini?  Adalah Sarie Febriane, teman saya yang berprofesi sebagai wartawan di Harian Kompas yang merekomendasikan untuk baca buku ini.  Malamnya Sarie ngomong, paginya saya langsung beli bukunya via online. Dan, saya mengambil manfaat banyak dari membaca buku ini.  Sebab, pengembangan diri yang ditawarkan Mark Manson tidak mengawang-ngawang dan nancep!  Dampaknya, saya tidak ragu untuk berjuang jadi diri saya sendiri, dan tersenyum ringan dengan segala konsekuensinya. 

7 komentar

  1. Saya pun menyukai buku ini saat suami beli. Langsung nyesss bangett.
    Poinnya emang kita harus menerima diri sendiri ya, enggak denial. Kalau jerawatan ya akui aja kalau jerawatan, jangan bilang ke diri sendiri "aku mulus" wkk
    Xixixi

    BalasHapus
  2. Ini buku inceran saya, thanks bgt mba udh bikin reviewnya...

    BalasHapus
  3. Saya juga sedang baca buku ini. Dan dengan bersikap bodo amat ini kita gak perlu mikirin hal2 remeh yg memghambat perkembangan diri kita.

    BalasHapus
  4. Aku udh baca bukunya tapi sayang blom sampe abis krn ada bcan laen yang lebih menntang hehehe. Judul bukunya emang bikin mata tertarik, kl bc pas di commuter line suka pd diliatin orang. Mungkin meraka penasaran juga ya heheheh

    BalasHapus
  5. Kayaknya saya kudu beli juga nih, mba opi menggambarkan isinya dg sangat cantik, sy jadi kepincut

    BalasHapus
  6. Kita fokus yg penting dan goal kita yaa

    BalasHapus
  7. Bunda sudah sebagai apresiasi yang sukak dan senang semoga barokah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.