Review Scarlett Brightening Facial Wash and Brightly Essence Toner : Sensasi Segar, Cerah, Sejuk, Aroma Mawar


Setelah mencoba serangkaian perawatan tubuh Scarlett by Felicya Angelista (dan cocok), saya pun lanjut mencoba produk perawatan wajahnya nih sekarang. 

Rangkaian face care yang saya coba adalah Brightening Facial Wash dan Brightly Essence Toner.  Ini serangkaian perawatan dasar Scarlett untuk membersihkan dan menyegarkan kulit wajah. 

Oiya, sebelumnya saya sudah mencoba Scarlett Body Care yaitu Body Scrub dan Shower Scrub varian Coffee, serta Body Lotion varian Jolly.  Review nya bisa teman-teman baca di SINI.

-----------

Baca juga :  

REVIEW SCARLETT BODY CARE : BODY SCRUB DAN SHOWER SCRUB VARIAN COFFEE PLUS BODY LOTION VARIAN JOLLY. 

-----------

Teman-teman yang sering ragu untuk mencoba produk perawatan kulit wajah, toss dulu sama saya.  Hehehe. IDEM DITO.  Saya juga sering meragu.

Kuatir ngga cocok, takut alergi, atau iritasi dan semacamnya, adalah perasaan yang paling sering muncul.  Cuma, kalau sudah memakai satu produk sekian lama, kulit kita jenuh juga ya?... Perlu diganti dengan produk lain untuk memberikan suasana baru.  Iya ngga sih?


Untuk meyakinkan bahwa produk yang bakal dipilih aman buat kulit wajah (supaya ngga iritasi kulit), langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek keamanan produk. 

Apabila produk sudah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, bisa diyakini produk tersebut sudah melalui uji yang ketat, sehingga aman digunakan selama sesuai dengan anjuran pakai. 

Scarlett Brightening Facial Wash dan Brightly Essense Toner sudah teregistrasi di BPOM RI. Konsumen bisa mengecek registrasinya di laman https://cekbpom.pom.go.id/.

Scarlett Brightening Facial Wash telah teregistrasi di BPOM dengan nomor registrasi NA18211202458, sebagaimana tertera di laman  https://cekbpom.pom.go.id/ berikut:

Scarlett Brightly Essence Toner telah teregistrasi di BPOM dengan nomor registrasi NA18211204658, sebagaimana tertera pada laman  https://cekbpom.pom.go.id/ berikut.

Sedangkan untuk Sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), rangkaian produk face care ini sudah didaftarkan dan masih dalam proses penerbitan Sertifikat Halal.  Ini memang cukup menyita waktu.  Rangkaian body care sudah lebih dulu didaftarkan dan belum lama ini berlabel Halal MUI. 

Kita doakan saja semoga proses sertifikasi Halal untuk produk face care Scarlett segera tuntas sehingga kita semakin tenang dan yakin menggunakan produknya.

Yang membuat saya tertarik untuk mencoba produk lokal ini karena kandungan pencerah kulitnya adalah Glutathione atau GSH, yang berdasarkan penelitian aman untuk kulit.  

Penggunaan Glutathione bagi kecantikan kulit banyak diteliti dan masih terus diteliti.  Sejauh ini, data penelitian tersebut memberikan tanda bahwa Glutathione baik serta aman digunakan secara topikal untuk kosmetika dengan tujuan mencerahkan kulit.  

Untuk suplemen oral, Glutathione dapat dikonsumsi selama konsentrasinya tidak berlebihan.  Glutathione berperan aktif sebagai antioksidan, menangkal radikal bebas, memperlancar proses detoksifikasi sehingga kulit nampak lebih cerah, halus, dan lembut.  Glutathione juga berperan penting dalam menghambat produksi melanin dan mencegah penuaan dini. 

Glutathione sebetulnya adalah antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita.  Namun seiring bertambahnya usia, produksi GSH dalam tubuh semakin menurun (yaitu setelah usia menginjak 20 tahun), sehingga butuh diasup dari luar tubuh. 

Glutathione juga dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi seperti daging merah, ayam, ikan, telur, susu, dan buah buahan seperti alpukat, jeruk, papaya, kiwi, dan stroberi. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, pokcoy, juga kaya glutathione.  Bawang putih, kunyit dan kacang dapat dipilih sebagai sumber glutathione alami. Glutathione juga dapat diperoleh dari suplemen khusus yang diminum sesuai dosis. 


Scarlett Tidak Mengandung Bahan Pemutih Berbahaya : Mercury dan Hydroquinone

Scarlett Brightening Facial Wash dan Brightly Essence Toner telah diuji TIDAK mengandung bahan pemutih berbahaya seperti Mercury (Hg) dan Hydroquinone.  Jadi, ngga kuatir merusak jaringan kulit ataupun mencetus kanker kulit nantinya.

Walaupun kulit wajah saya sawo matang, saya menginginkan kulit menjadi bersih, segar, cerah, tapi bukan jadi putih ya. Kulit berwarna juga bisa cerah apabila kita cukup tidur, peredaran darah lancar karena cukup olah fisik, makan bergizi, manage stress, dan tentunya rajin merawat wajah dengan produk yang tepat sesuai jenis kulit dan usia. 

Scarlett Brightening Facial Wash dan Brightly Essence Toner dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan segala umur (usia di atas 15 tahun). Bahkan produk ini diklaim aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui (tetap konsultasi juga ke dokter kandungan masing-masing ya).  Seluruh produk Scarlett juga TIDAK diujicobakan pada hewan percobaan (No Animal Testing) sebagai tanda kepedulian pada peri kehewanan lho. 

Produk Scarlet yang asli dilengkapi dengan sticker hologram di tiap kemasan kardusnya, dan kardus selalu disegel plastik. Produk jangan diterima jika segel rusak.  Untuk keamanan dan keaslian produk, sebaiknya teman-teman membeli produk Scarlett di link resmi berikut : @scarlett_whitening | Linktree.

Scarlett Brightening Facial Wash 

Facial wash ini dikemas di botol plastik pink transparan, yang dimankan dalam kardus berwarna nuansa ungu pink. Di kardus bagian belakang bawah ada sticker hologram yang menjamin keaslian produk.  Kardus ini juga disegel plastik sehingga menjaga keamanan kondisi produk. 

Untuk facial wash, Scarlett memang hanya mengeluarkan satu varian produk ini saja. Oiya, uniknya produk Scarlett semua dijual dalam satu harga lho yaitu Rp 75.000,-.  Demikian pula facial washnya.  

Botol facial wash kemasan 100 ml ini bentuknya tinggi langsing. Katup penutupnya didesain mudah dibuka namun tetap aman menjaga isi tidak tumpah.  Pada botol kemasan dicetak tebal kandungan utama facial wash ini yaitu : Glutathione, Aloe vera, Rose Petal, dan Vitamin E.  

Bila diperhatikan memang ada helaian-helaian mahkota bunga mawar (Rose Petal) di dalam botol. Cairan facial wash di dalam botol juga mengandung butiran pink tua (glass beads). Fungsinya untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara lembut dari kulit wajah.  Cairan facial wash yang bening ini nampak mengandung banyak gelembung udara. Kemungkinan dari kandungan Aloe vera (lidah buaya).

Rasanya menyenangkan sekali lho ketika menuangkan cairan facial wash ke tangan ada butiran merah dan helaian mahkota mawar, terus disapukan ke wajah. Hmm… seperti putri kerajaan aja deh.  

Cairan facial wash nya bening dan mirip gel namun tidak terlalu kental. Begitu dituang ke tangan, langsung tercium aroma mawar yang lembut. Ketika diaplikasikan ke wajah, rasanya dingin sejuk seperti gel lidah buaya. Busanya lembut dan sedikit berbusa. 

Kandungan Glutathione, Aloe vera, Vitamin E, dan Rose Petal di dalam facial wash berfungsi sinergi untuk membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan debu, sekaligus memberikan kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.  Bersama-sama, kandungan tersebut memberikan perlindungan kepada kulit wajah dari radikal bebas dan polusi udara. 
 Aloe vera yang terkanadung dalam Scarlett Brightening Facial Wash membantu mengatasi peradangan dan kemerahan pada kulit. Aroma mawar memberi efek relaksasi (menenangkan) sekaligus mengembalikan kesegaran kulit wajah.  

Cara pakainya, tuangkan secukupnya di telapak tangan kemudian usap secara merata ke seluruh area wajah, tambah sedikit gerakan memijat.  Lalu, bilas dengan air dingin sampai bersih.  Gunakan rutin dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari untuk hasil optimal.  

Nah untuk hasil optimal juga, disesuaikan dengan jenis kulit, Scarlett menyediakan dua varian toner yang dipakai sesudah facial wash.  Ada varian Acne Essence Toner untuk kulit wajah yang cenderung berjerawat, ada varian Brightly Essence Toner untuk kulit yang tidak bermasalah.  Pembedanya adalah kemasan warna Pink untuk Brightly, dan kemasan warna Ungu untuk Acne series.  

Karena kulit saya termasuk yang tidak bermasalah dan juga tidak berjerawat, maka saya menggunakan seri Brightly. 

Scarlett Brightly Essence Toner 

Saya termasuk yang tidak terbiasa membersihkan wajah dengan susu pembersih lalu dilanjut toner.  Sejak dulu saya hanya cuci muka dengan sabun saja karena malas pakai kapas untuk susu pembersih dan toner.  Ribet.

Nah, istimeawanya Scarlett Brightly Essence Toner ini bisa diaplikasikan langsung dengan tangan ke wajah tanpa menggunakan kapas.  Praktis kan, sesuai dengan habit saya nih, ngga pakai kapas.  

Tapi, teman-teman juga bisa menggunakan kapas. Basahi dengan Brightly Essence Toner dan ditepuk-tepuk merata ke kulit wajah.  Jadi ada dua pilihan, bisa digunakan dengan antau tanpa kapas.  Namun, pastikan tangan dan kapas dalam keadaan bersih ya.  

Scralett Brightly Essence Toner ini dikemas dalam botol plastik pink bening isi 100 ml, juga seharga Rp 75.000,-.  Botolnya relatif lebih pendek dan gemuk dibandingkan botol facial wash. 

Bagian atas botol dilengkapi dengan pump yang kokoh untuk memompa dan menyemprotkan toner.  Bila diperhatikan ke dalam botol, ada bola-bola putih kecil di dalam cairan toner.  

Saat diaplikasikan ke wajah, terasa dingin dan sejuk.  Seketika wajah terasa segar.  Toner ini tidak berbau atau beraroma, hanya sangat samar bau buah anggurnya. 

Kandungan utama dalam toner ini adalah: Vitamin C, Glutathione, Witch Hazel Extract, Jeju Propolis Extract, Allantoin, Niacinamide, dan Grape Water.  Kesemuanya bermanfaat sekali untuk wajah.  

Vitamin C nya bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit kita, supaya tetap kenyal. Glutathione bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.  

Witch Hazel Extract berfungsi membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori kulit.  Sedangkan Jeju Propolis Extract meregenerasi kulit untuk membantu tekstur kulit lebih halus dan kenyal.  

Allantoin melembabkan, menenangkan, dan bersifat anti iritasi.  Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar.  Grape water melembapkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit.

Rasa dingin dan sejuknya awet lama nih.  Bahkan setelah mengaplikasikan serum dan krim wajah, rasa sejuk dinginnya masih terasa di kulit wajah.  

Kesan Setelah Pemakaian Scarlett Brightening Facial Wash dan Brightly Essence Toner

Saya telah rutin menggunakan facial wash dan toner ini selama dua pekan, dan saya teruskan sampai tulisan ini dipublikasikan.  Pada pemakaian pertama facial wash, kesan saya langsung suka karena sensasinya segar.  

Sensasi segarnya makin klop berpadu dengan sejuk ketika wajah dipercik toner. Wajah jadi segar dan sejuk, tidak lengket.  

Memang saat mencuci muka dengan Scarlett Brightening Facial Wash, tidak terlalu berbusa sehingga kulit tidak kering, tetap lembut dan kenyal tapi bersih. 

Setelah dua pekan pemakaian rangkaian Scarlett Brightening Facial Wash dan Brightly Essence Toner, wajah terasa jadi lebih segar, cerah, lembut, dan adem.  Rasanya nyaman di kulit. 

Sebetulnya saya lebih terkesan dengan tonernya.  Sebab, beberapa kali saya juga cuci muka dengan facial wash yang berbeda dan tetap menggunakan toner ini, hasilnya tetap sama.  Segar dan cerah. Sementara kalau sudah cuci muka dengan Scarlett Brightening Facial Wash, rasanya belum lengkap kalau belum pakai tonernya. Sensasi sejuk dan segarnya ini lho, sangat rekomen untuk kulit wajah. Rasanya sih, ke depan saya akan terus pakai tonernya.  

Yang saya rasakan, memang wajah tampak lebih cerah apabila menggunakan toner dibandingkan jika tidak menggunakan toner. Nampaknya wajah yang sudah dibersihkan dengan sabun memang membutuhkan semacam cairan pengembali kesegaran kulit wajah ya, dan itu didapat dari toner.  

Toner yang mengandung bahan pencerah jadi berfungsi dobel, menyegarkan sekaligus mencerahkan.  Baru terasa deh fungsi toner ini krusial banget ya untuk wajah.  


Dengan harga sebotol toner Rp 75.000,- (ini bisa dipakai sebulan) dan sebotol facial wash seharga sama juga untuk sebulan, menurut saya ini produk pencerah yang worthed untuk dipilih.  

Produk pencerah wajah memang biasanya akan menunjukkan hasil setelah pemakaian selama dua pekan.  Saya sendiri ngga terlalu yakin apakah wajah saya jadi semakin nampak cerah semata-mata karena produk ini atau juga karena saya happy ya… 

Belakangan ini saya punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang membuat hari-hari saya terasa begitu membahagiakan.  Rasanya, ini juga berpengaruh ya. 

Jadi, apapun produk pencerah yang kita pakai, tetap penting untuk menjaga kecerahan hati dan hari-hari kita dengan tetap optimis melakukan yang terbaik.  Setuju kan ? (Opi)

15 komentar

  1. Setelah pakai face wash, kukira sudah nggak pakai toner lho.. selama ini yg kutahu, toner itu dipakai setelah cleansing milk. Scarlett punya cleansing milk nggak ya, Mbak?

    BalasHapus
  2. wah cocok banget ada yang review toonernya scarlett nih. aku cocok sama facial washnya, tapi belum nyoba toonernya. kayaknya enak juga nih dijadikan masker gitu ya

    BalasHapus
  3. Setuju deh: penting untuk kecerahan hati. Hehehe.... Tapi, BTW, ini artikel keren, detail, teramat detail bagiku. Sehingga, aku hanya bisa ambil poin (yang kukira tak kalah penting) yakni: turut mengamini bahwa semoga proses Sertifikasi Halal untuk produk tersebut segera terbit. Itu dulu dariku....Salam kenal pokoknya....

    BalasHapus
  4. Setujuuuu. Liat tampilan produknya dah terasa bau mawarnya, pink pula.

    BalasHapus
  5. Lemah banget aku sama tampilan produk kalau udah pink gini 😆😆😆 bawaannya mau coba ajaaaa... aku suka foto2nya mbaa, manisss

    BalasHapus
  6. Masih sebatas pakai facial wash & body wash nya…sea salt shampoo di awal aneh pakainya lama2 terbiasa & cocok jg. Coba ah tonernya…

    BalasHapus
  7. Ditambah perawatannya pake serum, serta day & night cream pasti maksimal hasilnya

    BalasHapus
  8. Aku baru nyobain bodycarenya scarlett sih.. face care ini belum.. tonernya menarik ada bulatannya bikin gemes

    BalasHapus
  9. Dari kemasannya aja udah gemoy gitu bikin pengen nyobain. Seneng deh skr produk lokal makin bagus kualitasnya

    BalasHapus
  10. Jempol lima, eh, hanya punya jempol 4 buat kalimat penutupnya mbak. Dari tulisan ini jadi tahu ternyata produk Scarlett enggak dicobain ke hewan, salut deh. Terkait sertifikasi halal, turut mengamini juga supaya segera terbit.

    BalasHapus
  11. Serius deh, Scarlett ini kemasannya lucu. Gemes, dan menarik bangettt yaa

    BalasHapus
  12. Produk yang hits pisan ini, aku juga pakai, paling suka tonernya enak di wajah ya..kemasannya juga cantik dan praktis dibawa bepergian..

    BalasHapus
  13. aku baru coba facial washnya aja niih, wanginya enak aku suka. jadi penasaran sama tonernyaa 😍

    BalasHapus
  14. Scarlett memang product perawatan yg lagi ngehits aku juga pake handbodylotionnya, lembut dan wangi

    BalasHapus
  15. kalau product scarlett aku pake handbody aja yg whitening mba, kalau facecare belum pernah nyoba, masih takut karena kulitnya sensitive mba heheheh, tapi produknya keren juga wanginya enak banget

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.