LUNGSUR

Onggokan pakaian seperti memutar film masa lalu.  Setumpuk pakaian yang biasa dikenakan semasa masih bertugas sebagai jurnalis cetak, nyaris 20 tahun yang lalu, menyisipkan beberapa jilid pilu.  

Pilu jilid kesatu, sadar saya bertubuh begitu lurus dan kurus di masa lalu. Saat menimbang badan, jarumnya akan berdiam di angka 43 kg. Kalaupun banyak makan, tak pernah lebih dari 45 kg.  Sekarang?  Jangan ditanya.   

Pilu jilid kedua, tumpukan pakaian yang masih baik kondisinya itu kini sudah muat dikenakan putri bungsu saya.  Ia beranjak remaja, dan tubuhnya meninggi seperti ibunya. Dengan suka cita disambutnya lungsuran pakaian ibu untuk dipadupadankan. 

Pilu jilid ketiga, sadar bahwa saya sudah semakin tua. Baiklah, walaupun tua tidak boleh menjadi penyebab surutnya semangat, tapi sangat baik dijadikan pengingat.  Harus banyak istirahat.  Supaya biar tua badan tetap sehat.

“Bu, celana yang ini bisa dipakai ke mall,” kata si bungsu sambil mencoba celana panjang hitam yang pipanya agak lebar di tumit.  Itu termasuk pakaian bersejarah yang dulu kerap saya pakai pergi liputan. Sampai ke United Kingdom malah.  Menelusuri Kota London dengan sejuta pesonanya.  

Celana panjang hitam berpipa lebar di bagian bawah adalah yang paling aman dikenakan dengan blus warna dan model apapun.  Bisa dipakai untuk kesempatan apapun.

“Iya, itu cocok banget Dek.  Atasnya bisa pakai kaos bisa pakai kemeja bisa pakai blus muslimah.  Siip laah,” timpalku sambil mengamati. Tersenyum dalam haru.  Duh, cah wedhok, sudah gadis kau nak.  

Adek tersenyum. Mematut-matut diri di depan cermin.  Saya membungkuk memastikan keliman dan jahitan di bagian bawah celana masih bagus.  Memang masih bagus. 

Terkenang masa silam.  Walau dulu gaji tak terlalu tinggi, tapi saya suka membeli pakaian berkualitas. Puas. Jahitannya harus yang kuat, bahannya yang bagus bukan kaleng-kaleng. Bukan pula jenis kain yang mudah pudar warnanya.  Cara saya memilih pakaian kerja sangat terpengaruh didikan ibu.  

Ibu saya penjahit handal.  Ia menjahit pakaian istri-istri pejabat di kantor bapak (almarhum).  Bahkan, sampai mereka pindah ke luar negeri, ada anaknya pelanggan yang masih tetap setia menjahitkan pakaiannya pada ibu saya.  Bangganya saya, pakaian jahitan ibu sudah terbang naik pesawat sampai ke Jepang lho.  

Selain memilih untuk membeli pakaian yang berkualitas, saya juga diajari ibu cara merawat pakaian yang benar.  Yang putih harus dipisah dengan yang berwarna.  Pakai sabun dan pemutih dengan seksama.  Membilas dengan bersih. Tidak diperas sembarangan.  Derajat kepanasan setrika harus disesuaikan dengan jenis bahannya.  

Jelas teringat dulu, saat saya masih di bangku Sekolah Dasar, selain menjahit ibu juga menerima cuci setrika pakaian keluarga bos-bos atasan bapak di kantor. Semacam laundry VIP nih.  Saya dan adik serta kakak bergantian membantu ibu sepulang sekolah. Kami terdidik dengan baik soal merawat pakaian.

Soal pakaian dan barang-barang, keluarga kami menganut budaya lungsur.  

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lungsur artinya meluncur turun.  Lungsur sudah termasuk kata baku.  

Dalam konteks ini, lungsur adalah mewariskan atau menurunkan pakaian yang sudah tidak dipakai lagi oleh empunya (misalnya karena sudah tidak muat) namun masih dalam kondisi baik, kepada adik, anak, atau saudara.  

Saya terbiasa mendapat lungsuran pakaian dari kakak perempuan dan sepupu perempuan yang sudah bekerja dan jauh lebih tua.  Bagi keluarga kami, mengenakan pakaian lungsur merupakan bentuk penghematan dan rasa saling menyayangi.  

Dengan lungsur, uang untuk membeli pakaian bisa dihemat untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli buku dan ditabung untuk biaya pendidikan.  Maklumlah, sumber penghasilan bapak sebagai buruh negara kala itu harus cukup untuk membiayai satu istri dan empat anak.  

Dengan lungsur, kami punya tanggung jawab yang sama untuk merawat pakaian agar tetap awet dan bisa diturunkan ke adik. 

Karena teringat budaya lungsur itulah, saya masih menyimpan beberapa pakaian layak semasa lajang untuk diwariskan kelak jika punya anak perempuan.  Ndilalah, Tuhan mengabulkan doa saya untuk punya anak perempuan.  Dan sekarang, lungsur itu terjadi.  Dari pakaian saya kepada putri bungsu saya. 

“Ibu, yang ini Adek suka banget,” kata anak gadis saya saat saya tunjukkan beberapa celana panjang lagi. Dicobanya satu persatu, dan semuanya muat. 

“Iya, ibu ngga sangka sudah muat.  Kaki adek ternyata panjang dan cepet banget manjangnya.  Ini karena semua sudah muat sama Adek, ibu lungsur ke Adek ya” kata saya.  

Anak gadis tersenyum. ”Terima kasih, Ibu,” katanya.  

Terjadilah lungsur.  Berbarengan dengan beberapa jilid syukur.  Jilid pertama, syukur karena budaya hemat keluarga masih bisa saya terapkan. Saya senang, anak juga senang.   Jilid kedua, syukur karena lungsur yang ini sangat bersejarah sebagai tonggak pengingat.  Bahwa anak bungsu sudah remaja dengan badan menjulang.  

Artinya, bukan hanya lungsuran pakaian yang akan saya berikan padanya.  Tapi lungsuran lainnya seperti menurunkan pemikiran-pemikiran dan nilai-nilai yang sudah waktunya ia pelajari sebagai perempuan yang beranjak dewasa. 

Tenang nak, ibu akan menurunkan cara berpikir dan nilai-nilai yang relevan dengan cara yang kamu suka. 

“Sekarang, ini pakaiannya pindah ke lemari Adek ya.  Hayuk dirapikan,” tukas saya.

“Oke bu, setelah itu kita main boneka barbie ya,” jawab Adek. 

Saya mengangguk sambil merekahkan senyum. Main barbie adalah cara yang kita suka untuk saling bercerita dan bertukar pikiran.  Lain waktu, saya cerita tentang boneka barbie ya…..  

Kalau kamu, menjalankan budaya lungsur juga?....  Biasanya, selain pakaian, barang apa lagi yang dilungsurkan?  Cerita di kolom komentar ya…. (Opi) 

12 komentar

  1. Anak saya yang kedua kebetulan sama perempuan juga. Jadi baju Kakak yang dulu dilungsurkan ke orang lain sekarang jadi milik Adik. Udah gitu, anak keduaku bahagia banget kalau berhasil memakai baju kakaknya, dia mengartikan kalau bisa muat pakai baju kakaknya itu tandanya sudah besar.

    BalasHapus
  2. Sy jg suka sama metode lungsung inj karena selain hemt jg nggak nyampah dan bisa dimanfaatin lagi

    BalasHapus
  3. Saya sering menerima lungsuran baju mama wkwkwk, masih bagus-bagus. Tetapi kualitas bahan jaman dulu sama sekarang beda ya, kalau dulu warna dan bahannya masih bagus, dibandingkan dengan kualitas saat ini

    BalasHapus
  4. Tentu saja Mba hihihi, tapi kondisinya terbalik, aku bagian beli baju celana baru, Mama dapat lungsuran dari aku katanya biar modis dan ngikutin zaman :D

    BalasHapus
  5. Kalau aku karena punya adik gadis 2 jadi otomatis sejak dulu baju buat adik2 hehe.. Biasanya baju atau tas sih..

    BalasHapus
  6. Salam kenal lagi mbak opi, keluarga saya turun temurun menjalankan budaya lungsur kalau memang baju masih bagus untuk dikenakan

    BalasHapus
  7. Kalau dulu, bajuku lungsur ke adik perempuanku, sekarang karena jauh jaraknya jadi lungsur kain pel dapur

    BalasHapus
  8. Saya juga sudah lama tidak membeli baju. Nerima lungsuran saja. Hehe

    BalasHapus
  9. hahaha unik dan jadi nostalgia mbak opi, karena akupun juga suka dapar lungsuran dan uniknya lungsurannya dari kakak laki-laki hehe berupa jaket, sweter dan celana bahkan hihihi...

    ortuku khususnya abah juga tipenya suka beli yang bagus shingga awet meski hanya punya beberoa baju tapi baju kami cukup berkualitas dalam arti tidak mudah rusak

    BalasHapus
  10. Liat judulnya mbak Opi langsung berasa nostalgia dengan budaya lungsur dalam keluargaku
    Berasa senang banget kalau dapat lungsuran dari keluarga, ga berasa dapat pemberian bekas atau gimana
    Selain pakaian biasanya buku sama perabot yang masih bagus tapi sudah ga terpakai kalau di keluarga saya mbak

    BalasHapus
  11. Keluarga saya juga gitu. Tapi kali ini saya yang memasuki fase pakai pakaian ibu saya. Walaupun sebetulnya tidak terlalu masuk di selera saya, tapi lumayan lah buat ganti-ganti hehehe

    BalasHapus
  12. Waaah asiiik mba kalo udah bisa dilungsurkan ke anak wedhok 😄. Aku masih lama sepertinya, anakku msh kecil hahahaha.

    Nah kalo skr ini, baju2 yg udah ga aku pakai, tapi kondisi msh BGS, biasanya aku donasiin ke tempat2 yg memang menerima. Nantinya baju2 itu bakal mereka bagiin ke orang yg membutuhkan, atau mereka jual dan uangnya utk yayasan atau panti yg mereka kelola. Pernah juga aku KSH ke asisten2 ku. Intinya kalo memang bisa dilungsurkan , aku pasti KSH aja. Ngapain juga ditumpuk di lemari. Malah bikin berantakan ya kaaaan 😄

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.