Review Scarlett Shampoo dan Conditioner varian Yordanian Sea Salt: Menjumput Garam Laut untuk Kesehatan Rambut

“Keramas pakai garam?”

Bisa banget sih, tapi bukan pakai garam dapur ya…

Pakainya garam laut alias sea salt, dong!  

Sejumput garam laut yang menjadi bahan aktif dalam produk perawatan rambut ternyata bisa memberikan segudang manfaat.  Mulai dari mengatasi rambut lepek, ketombe, hingga menjadikan rambut sehat berkilau.  

Bahan aktif artinya bahan utama yang bekerja untuk mengatasi gangguan atau masalah pada kesehatan rambut kita.  Bahan-bahan ini bekerja dengan cara memperbaiki, meremajakan, menghidrasi, melindungi, dan memberikan nutrisi.  

Buat teman-teman yang berhijab (seperti saya juga nih), mungkin pernah mengalami rambut lepek karena tertutup seharian?  Aktivitas yang memicu keluarnya keringat jadi sebab lepek di kepala.  Selain harus memilih bahan hijab yang adem dan menyerap keringat, dibutuhkan produk perawatan rambut yang bisa membantu mengatasinya.

Rambut yang sehat, ngga lepek, bebas ketombe, dan halus berkilau-kilau sudah pasti akan jadi idaman semua perempuan kan? 

Supaya rambut jadi seperti itu, ya memang musti usaha dong.  Makan yang bergizi, jangan makan junkfood aja.  Makanan yang kaya akan vitamin E bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.  Di samping itu, produk yang digunakan untuk membersihkan dan merawat rambut juga kudu yahud.

Nah, teman-teman tahu kan garam laut (sea salt), telah cukup lama jadi primadona untuk produk perawatan kesehatan tubuh, juga rambut.  Awalnya sea salt digunakan sebagai pengganti garam dapur untuk mendapatkan manfaat mineral air laut. Kemudian, juga banyak digunakan untuk merendam kaki yang lelah. Semakin ke sini, garam laut banyak digunakan sebagai bahan aktif produk kecantikan kulit maupun rambut.  


Salah satu produk perawatan rambut yang mengambil manfaat garam laut adalah Scarlett. Teman-teman pasti sudah cukup mengenal merk Scarlett ya.  Scarlett merupakan salah satu brand lokal yang turut membawa harum nama Indonesia di kancah dunia, lho. Brand ini terpilih mewakili Indonesia di ajang Paris Fashion Week 2022 baru-baru ini.

Salah satu varian produk Scarlett yaitu rangkaian Yordanian Sea Salt, baik untuk shampoo dan conditioner, mengandung garam laut untuk membantu merawat rambut.


Saya sangat tertarik untuk mencoba produk ini.  Bukan apa-apa sih, karena sebelumnya sudah mencoba juga rangkaian produk Scarlet.  Mulai dari beragam varian sabun mandi cair, body, scrub, hand body lotion, krim malam dan krim pagi, sabun cuci muka, toner hingga serum wajah. Kesemuanya sudah saya coba. Reviewnya bisa teman-teman baca di sini : 


https://www.opiardiani.com/2021/10/mindfulness-with-scarlett-brightening-body-care.html

https://www.opiardiani.com/2021/11/review-rangkaian-facecare-scarlett-brightening.html

https://www.opiardiani.com/2021/12/review-scarlett-shower-scrub-varian-charming-freshy-jolly.html

https://www.opiardiani.com/2021/11/review-scarlett-facial-wash-and-toner.html


Selama menggunakan produk Scarlett, tidak ada keluhan atau kesan yang negatif.  Walaupun, ada juga sih yang kurang pas dengan selera saya dari segi kemasan dan tekstur produknya.

Namun secara keseluruhan, sama sekali tidak mengecewakan.  Makanya, saya juga penasaran ingin mencoba bagaimana dengan varian produk untuk perawatan rambutnya?... 

Pertama kali saya mencoba menggunakan shampoo Scarlett, kemasannya masih berupa jar plastik berwarna putih dengan tutup hitam. Teksturnya sangat kental seperti gel, berwarna biru muda cerah, persis warna biru laut atau langit jika dilihat dari jauh.


Dan betapa terkejutnya saya ketika beberapa waktu kemudian produknya sudah berubah tampilan jadi lebih cantik menarik dalam kemasan botol persegi yang unik. 


Kenapa Scarlett Layak Jadi Shampoo dan Conditioner Andalan Untuk Mencegah Rambut Lepek?

Sebelum review variannya, saya ingin menegaskan kembali pada teman-teman sekalian sebabnya saya yakin memakai produk ini.  Ini lho tujuh sebab Scarlett layak jadi pilihan untuk merawat rambut kita, terutama yang berhijab:  

1. Scarlett Yordanian Sea Salt untuk varian shampoo dan conditioner sudah bersertifikat Halal MUI.  

2. Shampoo dan conditioner ini juga telah terdaftar di BPOM sehingga terjamin keamanan bahan yang terkandung di dalamnya

3. Tidak diujicoba kepada hewan (No Animal Testing)

4. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui

5. Mengandung sea salt (garam laut) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut 

6. Harganya terjangkau, karena produk ini dibuat di dalam negeri dan lebih fokus dijual di online market sehingga rantai distribusinya sangat efisien, yang berdampak pada harga terjangkau. 

7. Produk dikemas dengan memperhatikan kualitas dan keamanan untuk konsumen.  Produk asli Scarlett menggunakan botol dengan cetak emboss SCARLETT di bagian bawah badan botol. 

Tiap botol juga dilengkapi sticker hologram tanda keaslian produk, barcode, expired date, dan disegel plastik dengan rapi. 


Konsumen berhak menolak untuk menerima produk jika tidak ada tanda keaslian produk tersebut. 

Nah, ketujuh poin di atas menunjukkan keseriusan Scarlett untuk memasarkan produk yang berkualitas sekaligus aman bagi konsumen.  Jadi, saya sebagai konsumen juga merasa aman menggunakan produknya.  

Scarlett Shampoo dan Scarlett Conditioner varian Yordanian Sea Salt dapat digunakan perempuan untuk usia di atas 13 tahun. Produk ini diklaim aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi perkembangan janin.  Namun, ada baiknya ibu hamil dan menyusui tetap berkonsultasi pada dokter kandungan jika ada kondisi khusus.  

Scarlett menganut sistem penjualan satu harga.  Semua produknya dibanderol seharga Rp75.000,- per botol.  Termasuk juga untuk shampoo dan conditioner ukuran kemasan 250 ml. ini, dihargai Rp75.000,- per botol.  Seringkali juga ada promo harga berupa bundling price apabila pembelian dilakukan dalam bentuk paket.  

Setelah launching beberapa bulan lalu, produk ini sudah dapat teman-teman beli di online market.  Untuk menjamin keaslian produk, sangat disarankan teman-teman membeli produk ini di official store Scarlett yang tercantum di https://linktr.ee/scarlett_whitening. 

Di link pembelian tersebut, teman-teman bisa memilih untuk membelinya di berbagai channel resmi mulai dari toko online official (Shopee dan Shopee Mall) maupun pembelian via chatt (WA dan Line official).  Juga, ada channel untuk menjadi reseller resmi Scarlett lho.  

Bagaimana sih tampilan shampoo dan conditioner Yordanian Sea Salt Shampoo Scarlett ini?... Lalu bagaimana rasanya keramas dengan produk ini?... Yuk baca terus..


Tampilan Kemasan, Tekstur, plus Keharuman Yordanian Sea Salt Shampoo dan Yordanian Sea Salt Conditioner.  

Tampilan kemasan produk shampoo dan conditioner Scarlett untuk varian Yordanian Sea Salt ini menurut saya sih unik dan menarik.  Botolnya pipih persegi, tebal dan kokoh, terbuat dari plastik transparan.  Kemasan unik ini isinya 250 ml, cukup untuk dipakai sendiri sekitar satu bulan.  Karena botolnya transparan, warna cairan shampoo dan conditionernya jadi nampak jelas.  

Warna shampoo biru cerah dan warna conditioner pink keunguan tampil sangat eye catching di botol persegi yang unik itu.  Apabila dipajang di etalase toko online maupun offline, tampilan produk ini secara keseluruhan cukup menarik perhatian untuk dipertimbangkan sebagai pilihan check out belanjaan. 

Botol shampoo dan conditioner Scarlett disegel plastik dan pada badan botol bagian bawah (depan dan belakang) terdapat cetak emboss SCARLETT.   Pada badan botol juga tertempel sticker hologram dan barcode sebagai tanda keaslian produk.  

Tutup botolnya berupa flip yang mudah dibuka dan ditutup, namun cukup kuat sehingga mencegah cairan tumpah.  

Cairan shampoo ini kental seperti shampoo kebanyakan.  Warnanya biru cerah, beraroma segar bunga Magnolia.  Sedangkan conditionernya berwujud krim berwarna pink keunguan dengan keharuman Evening Primrose (bunga sedap malam). Wanginya menawan sekali. 

Karena conditionernya berupa krim, menurut saya agak kurang cocok dengan tipe tutup botol flip yang lubangnya terlalu kecil.  Sebab, krim conditioner jadi agak sulit dikeluarkan dari botolnya. Tutup model flip lebih cocok untuk cairan shampoo namun tidak cocok untuk krim conditioner.  Menurut saya, conditioner lebih cocok dengan lubang mulut botol yang lebih lebar. 

Secara keseluruhan saya menyukai keharumannya.  Menawan, beraroma segar, sekaligus menyenangkan.  Aroma Magnolia pada shampoo tidak menyengat tapi samar-samar, dan bertahan hingga beberapa jam setelah keramas.  Sedangkan conditionernya menebarkan samar-samar aroma bunga sedap malam.  Saya sih suka!


Sekilas tentang Sea Salt yang terkandung dalam Shampoo dan Conditioner Scarlett

Kandungan garam laut atau sea salt menjadi nilai lebih pada produk Scarlett ini.  Tahukah teman-teman apakah sea salt itu? 

Berbeda dengan garam dapur yang sebagian besar proses pembuatannya dilakukan di pabrik, garam laut diproses sepenuhnya dari proses pengkristalan alami air laut.  Karena prosesnya alami, maka beberapa mineral seperti Magnesium, Potasium dan Kalsium masih terdapat di dalamnya.  Kandungan mineral inilah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tekstur butiran garam laut relatif lebih besar daripada garam dapur.  Umumnya, garam laut digunakan sebagai campuran scrub untuk kulit dan larutan rendaman kaki.  Namun, selain itu garam laut juga bermanfaat bagi kesehatan rambut.  

Manfaat Garam Laut untuk Kesehatan Rambut 

Salah satu manfaat garam laut untuk kesehatan rambut adalah mengatasi ketombe. Garam laut memiliki sifat eksfoliatif yaitu mampu mengelupas kerak ketombe dari kulit kepala. Pengelupasan (eksfoliasi) tersebut sekaligus dapat membersihkan kulit kepala dari timbunan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.  

Apabila digunakan secara rutin, akan berdampak pada kesehatan kulit kepala sehingga lebih bersih dan sehat.  Rambut pun jadi tumbuh lebih baik dalam kondisi fresh, tidak lepek.  

Rambut harum, lembut, dan nyaman walaupun seharian pakai hijab bisa diperoleh hanya dengan rutin keramas menggunakan produk mengandung sea salt.  Anti lepek lepek club, deh.


Manfaat Menggunakan Scarlett Shampoo dan Scarlett Conditioner varian Yordanian Sea Salt secara Teratur 

Untuk mendapatkan rambut yang sehat bebas ketombe dan tidak lepek, sangat disarankan menggunakan shampoo dan conditioner Scarlett varian Yordanian Sea Salt secara teratur minimal selama dua pekan.  

Berikut adalah manfaat dari kandungan sea salt pada shampoo dan conditioner Scarlett varian Yordanian Sea Salt: 

1. Mampu menyerap minyak berlebih pada kulit kepala.  Selain itu, membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat di kulit kepala

2. Membantu membuka kutikel rambut sehingga perawatan selanjutnya akan menyerap dengan baik 

3. Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala 

4. Membersihkan kulit kepala

5. Menguatkan akar rambut 

6. Memberikan volume pada rambut 

7. Mencegah rambut rontok dan bercabang 

8. Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala

9. Membuat rambut lebih berkilau


Apabila digunakan secara teratur, shampoo dan conditioner ini mampu:

1. Mengontrol kadar air minyak pada kulit kepala 

2. Membersihkan kulit kepala

3. Menguatkan akar rambut

4. Memberikan volume pada rambut 

5. Mencegah rambut rontok dan bercabang 

6. Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala 

7. Membuat rambut lebih berkilau 



Berikut adalah cara Pemakaian Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo: 

1. Tuangkan Yordanian Sea Salt Shampoo secukupnya ke kulit kepala atau akar rambut 

2. Pijit kulit kepala secara lembut dan perlahan 

3. Bilas hingga bersih 


Berikut adalah cara pemakaian Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner :

1. Tuangkan Yordanian Sea Salt Conditioner secukupnya ke batang rambut yang telah dikeramas dengan Yordanian Sea Salt Shampoo serta sudah dibilas bersih

2. Ratakan hingga ujung rambut (hindari pemakaian di akar rambut/kulit) 

3. Diamkan selama beberapa menit

4. Bilas hingga bersih 


Kesan setelah Pemakaian Shampo dan Conditioner Scarlett varian Yordanian Sea Salt

Setelah pemakaian selama dua pekan, saya merasakan rambut lebih lembut, halus, mudah diatur, dan yang paling terasa adalah ngga lepek! Berkilau? kata anak saya sih iya. 

Produk ini memang cocok sekali untuk jenis rambut yang mudah lepek.  Sejak dulu, saya terbiasa keramas setiap hari sepulang kerja.  Sebab, rasanya tiap hari rambut lepek dan kotor.  Ngga betah deh.  Keramasnya dengan samphoo saja, tanpa conditioner.  Kadang, pakai shampoo two in one (shampoo yang mengandung conditioner). 

Pulang pergi kerja saya naik kendaraan umum yaitu ojek online, KRL Commuterline, dan bus Transjakarta.  Sehari-hari juga saya berhijab dan sering tidak menggunakan ciput karena ngga betah.  Supaya anti gerah, saya pilih bahan hijab yang adem juga, dan sering-sering berwudhu.  Biar segar hehehe….

Dulu, sebelum pakai Scarlett, saya tidak terbiasa menggunakan conditioner.  Sebab, conditioner membuat rambut saya justru jadi tambah lepek.  Namun, ketika menggunakan conditioner Scarlett dari rangkaian Yoradanian Sea Salt ini, rasanya berbeda.  Setelah dibilas bersih dan dikeringkan, rambut jadi lembut dan sama sekali tidak lepek.  Harum pula.


Kuncinya ada di bilasan yang bersih dan tuntas.  Jika tidak sempurna membilas, maka sisa-sisa shampoo ataupun conditioner akan menempel di kulit kepala dan menjadi ketombe. 

Sebenarnya sih saya ini agak malas menggunakan conditioner secara terpisah. Ada yang setipe dengan saya kah? Selain ribet dan perlu waktu lebih lama, saya merasa pakai shampoo saja sudah cukup.  Terpikir juga nih kalau Scarlett mengeluarkan varian two in one shampoo dan conditioner, saya pasti bakal coba.  

Untuk saat ini, shampoo dan conditioner dengan kandungan sea salt ini adalah pilihan terbaik untuk saya. Saya ngga harus keramas setiap hari lagi sekarang, dua hari sekali cukup.  Sebab, setelah keramas dengan shampoo dan conditioner ini, rambut jadi ringan lembut sampai besoknya.  



Bagi teman-teman yang mau gabung di anti lepek lepek club sama saya, ya segera deh cobain pakai shampoo dan conditioner Scarlett varian Yordanian Sea Salt ini.  Jangan lupa juga tetap pilih hijab berbahan adem menyerap keringat ya, dan makan bergizi untuk kesehatan kulit serta rambut.  Cukup istirahat dan manage stress juga lho.  

Keramas pakai garam?  Yuuuk…. Pakainya shampoo dan conditioner Scarlett varian Yordanian Sea Salt tentunya. Garam laut yaaaa bukan garam dapur cuzzz !!(Opi) 




8 komentar

  1. wah produk scarlet yang ini yang aku belum pernah nyoba. mumpung sampo di rumah hampir habis, kayaknya bisa masuk list belanja nih

    BalasHapus
  2. Bau wanginya tercium smpai sini loh mbak. Coba juga ah supaya ga lepek dan berkilau juga.

    BalasHapus
  3. Hahahahha jangan sampai pakai garam laut yach :D Untung kini ada solusinya buat kita yang kepengen punya rambut sehat tanpa lepek2. Kandungannya bagus banget ya dan alami. Scarlett Shampoo and Conditioner Yordanian Sea Salt ini cakep kemasannya, praktis bisa dibawa traveling juga yach.

    BalasHapus
  4. Jadi pingin nyobain nih, keren dan lengkap review nya. Sepertinya juga cocok buat rambutku yang suku lepek setelah seharian berhijab. Terimakasih infonya Mbak..

    BalasHapus
  5. Kemasan samponya bertransformasi ya Mbak jadi kemasan botol yang cantik nih Scarlett selalu berinovasi dengan produk baru kebayang segarnya pakai sampo sea salt..

    BalasHapus
  6. Aku langsung tertarik sama warna-warna dari shampo dan kondisionernya. Lucu banget, apalagi yang pink.

    BalasHapus
  7. Kemasannya eye catching ya mbak, jadi rajin keramas tiap hari, wkwk. Saya setuju sama Mbak Opi kalau Scarleet ngeluarin versi two in one bakan coba juga. Soalnya aku orang yang enggak telaten, hehe

    BalasHapus
  8. Baru tau scarlett punya produk sampo juga. Udah gitu kayanya pas banget buat masalahku. Rambutku udah kaya kilang minyak mbak kalo ga keramas sehari aja bentuknya udah ga genah deh. Kayanya harus nyobain nih aku

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.