Review Scarlett Herbalism Mugwort Mask : Si Hijau Lumut Pereda Masalah Kulit


“Duh kusam amat nih wajah,” gumam saya.

“Aku juga nih, kusam dan kayak mau merah-merah gini.  Komedo ya ampuuun,” timpal seorang kawan. 

Ya, kulit wajah kusam, berminyak, kaya raya komedo dan sebum, sampai meradang memang jadi masalah banyak perempuan pekerja.

Masalah kulit wajah seperti ini sering dihadapi akibat efek polusi dan stress.  Mulai dari panen komedo, meradang, kusam dan akhirnya muncul jerawat. 

Saya sendiri nih, sering mendapati kulit wajah jadi cenderung kusam sepulang bekerja yang tidak hilang kusamnya bahkan setelah mencuci muka. 

Biasanya ini kalau sudah hari Kamis menuju Jumat.  Nah, weekend memang harus jadi waktu untuk merawat wajah (maskeran dan scrubbing) supaya Seninnya fresh lagi.  Belum sampai berjerawat sih, tapi kucel plus panen komedo. 

Walau belum sampai muncul jerawat, saya sebetulnya agak kuatir.  Sebab di usia duapuluhan saya pernah mengalami berjerawat yang cukup parah di wajah. Waktu itu, keadaan diperparah karena harus menjalani kerja lapangan. Panas-panasan setiap hari.   

Sebagai jurnalis cetak di desk olahraga, saya melakukan liputan outdoor hampir setiap hari.  Waktu itu sampai harus berobat ke dokter spesialis kulit dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Perlu waktu berbulan-bulan untuk meredakan masalah kulit ketika itu.  Beruntung saya dipindah ke desk Mingguan yang liputannya ngga harus panas-panasan terus. Lumayan reda deh.

Makanya, setelah kondisi wajah membaik, saya sangat berhati-hati untuk merawat wajah agar tidak sampai bermasalah lagi.  Saya mencoba memilih produk perawatan wajah yang benar-benar aman. 

Perawatan mingguan seperti maskeran dan scrubbing sebisa mungkin tidak terlewatkan.  Tentunya memakai produk masker yang sesuai dengan kondisi kulit.

Belakangan ini, saya sedang jatuh hati dengan masker lumpur. Saya sebut masker lumpur karena wujudnya mirip lumpur.  Hijau dan lembek, hehehe.  

Masker lumpur ini berwarna hijau lumut dan khasiatnya sangat bagus buat wajah cenderung kusam serta meradang akibat polusi.  Ini dia Scarlett Herbalism Mugwort Mask.  

Sebetulnya saya tertarik mencoba masker ini karena sebelumnya sudah memakai produk perawatan wajah yang lain dari brand Scarlett.  Mulai dari face wash, toner, serum, hingga cream wajah Scarlett sudah saya coba. 

Bahkan shampoo dan conditionernya juga sudah saya pakai.  Kesan setelah mencoba produk Scarlett semuanya memang adem di kulit.  

Makanya saya lanjut coba maskernya nih. 

Pengalaman saya memakai produk-produk Scarlett bisa dibaca di sini: 

SCARLETT BRIGHTENING BODY CARE : https://www.opiardiani.com/2021/10/mindfulness-with-scarlett-brightening-body-care.html

SCARLETT FACIAL WASH AND TONER : https://www.opiardiani.com/2021/11/review-scarlett-facial-wash-and-toner.html

SCARLETT BRIGHTENING FACE CARE : https://www.opiardiani.com/2021/11/review-rangkaian-facecare-scarlett-brightening.html

SCRALETT SHOWER SCRUB: https://www.opiardiani.com/2021/12/review-scarlett-shower-scrub-varian-charming-freshy-jolly.html

SCARLETT SHAMPOO AND CONDITIONER: https://www.opiardiani.com/2022/04/review-scarlett-yordanian-sea-salt-shampoo-conditioner.html

MASKER AMAN UNTUK WAJAH

Saya berani mencoba karena Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, sehingga aman digunakan.  Sebagaimana produk Scarlett lainnya, masker ini tidak mengandung Merkuri dan Hydroquinone.  Kedua senyawa ini adalah bahan pemutih yang berbahaya dan tidak disarankan untuk kosmetika. 

Scarlett Herbalism Mugwort Mask juga tidak diujicoba pada hewan percobaan. Saya sendiri ragu bahwa produk yang lulus diujicoba ke hewan percobaan dikatakan aman. Sebab, tidak berdampak pada hewan belum tentu pada manusia.  

Jadi, saya lebih memilih produk yang tidak diujicoba ke hewan.  Lagipula kasihan banget kan hewan percobaannya jika ada yang cacat karena efek dari perlakuan percobaan ya. **Sedih. 

Kandungan utama masker berwarna hijau lumut ini adalah ekstrak Mugwort yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit.  Senyawa aktif dalam Mugwort diyakini mampu menutrisi kulit, membantu pemulihan, serta meredakan radang, kemerahan, dan masalah sejenisnya pada kulit. 

Itulah sebabnya ekstrak Mugwort sering digunakan sebagai bahan utama dalam produk perawatan kulit, terutama masker.  Tidak hanya meredakan masalah kulit, penggunaan Mugwort secara rutin dipercaya dapat melembapkan dan membersihkan pori-pori kulit.  

Kemampuannya meredakan peradangan sekaligus memberikan efek cerah pada wajah tidak diragukan lagi. 

Scarlett Herbalism Mugwort Mask aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.  Namun, sangat dianjurkan tetap konsultasikan dengan dokter sebelum pemakaian, terutama jika ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi khusus yang lain. 

CEK KEASLIAN PRODUK 

Produk Scarlett ini memang ngehits banget, dan rawan dipalsukan pihak tak bertanggung jawab.  Makanya, untuk meyakini produk yang dipakai adalah produk asli, maka teman-teman dapat melakukan cek keasliannya di link  ini:  https://verify.scarlettwhitening.com/ .

Teman-teman bisa langsung buka linknya dan mengisi data yang diminta, lalu masukkan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri produk.

Setelah kode dimasukkan, proses autentifikasi akan berjalan.  Setelah selesai, akan muncul page notifikasi berwarna merah muda yang memuat pernyataan bahwa produk yang dites adalah ASLI 100% dengan nomor kode seri tertera.  Nah, teman-teman bisa mencocokkan kode seri yang muncul itu akan sama dengan kode seri yang terdapat di sticker hologram produk. 

Pengecekan ini hanya dapat dilakukan satu kali ya teman-teman.  Jika kita mengulangi lagi pengecekan maka akan muncul notifikasi bahwa kode tersebut sudah dilakukan pengecekan. 

Jika produknya palsu, maka proses autentifikasi ini pastinya tidak akan memunculkan kode seri.  Nah, jadi teman-teman musti cek dulu ya.  

Untuk menjamin keaslian produk, teman-teman disarankan untuk membeli produknya di toko resmi Scarlett yang bisa diakses melalui link ini :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.  


KEMASAN, TAMPILAN, DAN KANDUNGAN MASKER

KEMASAN .  Scarlett Herabalism Mugwort Mask dikemas dalam jar plastik warna hijau dengan tutup berwarna putih.  Jar ini dikemas aman dalam kotak kardus nuansa putih hijau.  Kardusnya juga disegel dengan plastik pengaman.    

Pada sisi kardus ada sticker hologram dengan nomor seri yang menjamin keaslian produk. Di sebelahnya ada barcode yang bisa discan dan masuk ke situs pengecekan keaslian produk https://verify.scarlettwhitening.com/.

Ketika tutup jar dibuka, kita akan melihat ada tutup tambahan di bawahnya dan spatula mini.  Tutup tambahan ini fungsinya untuk menjaga agar masker tidak tumpah, dan sebagai tempat meletakkan spatula.  Spatula mini fungsinya untuk menyendok masker supaya tetap higienis.  

Dalam kemasan 100 gram, masker ini terasa pas untuk stok sekitar 2 bulan jika dipakai sepekan sekali.  Harganya dibanderol Rp 75.000,-.  Untuk saya sih ini cukup terjangkau.  

TEKSTUR.  Tekstur masker ini seperti lumpur atau adonan bubur namun liat dan kalis, tidak lengket. Ketika dioleskan ke wajah, terasa sejuk dan dingin. 

AROMA. Aromanya khas herbal, seperti aroma daun-daunan yang ditumbuk.  Kalau ingat waktu kecil saya suka main masak-masakan dengan mengiris-iris berbagai macam daun serta menumbuknya, aromanya mirip seperti ini. 

Tidak ada bau harum, mungkin karena memang tidak mengandung pengharum (parfum). 

WARNA.  Warna masker ini hijau lumut keabu-abuan, seperti lumpur.  Sekilas warnanya juga mirip seperti hasil tumbukan daun-daunan lho. Mungkin warnanya tidak terlalu menyenangkan di mata, tetapi yang penting khasiatnya kan? Cocoklah namanya juga Herbalism yaaa....


TAMPILAN KESELURUHAN Secara keseluruhan saya suka dengan tampilan kemasan produk ini.  Kemasan jarnya kokoh dan tutup berulirnya rapat mengunci. Sehingga, isi produk aman dari kontaminasi udara luar.  

Ukuran jar pas, tidak terlalu besar atau kecil. Warna jar dan tutupnya juga terkesan cantik.  Perpaduan putih dan nuansa hijau yang adem, sangat merepresentasikan produknya.  

KANDUNGAN.  Scarlett Herbalism Mugwort Mask mengandung Ekstrak Mugwort sebagai kandungan utama.  Selain itu di dalamnya juga terkandung Vitamin C, Glutathione, Niacinamide, Bamboo Charcoal, Allantoin, Chlorophyllin, dan Ekstrak Grean Tea.  

Manfaat kandungan bahannya adalah sebagai berikuit: 

1. Ekstrak Mugwort kaya akan Vitamin E sehingga membantu menghidrasi dan menenangkan kulit.  Mugwort juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat.  

2. Vitamin C membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas. 

3. Glutathione membantu kulit lebih cerah dan lembap

4. Niacinamide membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas-bekas jerawat 

5. Bamboo Charcoal membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural exfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah

6. Chlorophyllin berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

7. Ekstrak Green Tea/ Green Tea Powder membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan sifat antioksidan pada Green Tea dapat membantu melawan radikal bebas serta cocok digunakan oleh kulit berminyak dan berjerawat 

8. Allantoin membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan  menghaluskan kulit 

9. Enkapsulasi Salicylate. Salicylic Acid yang di enkapsulasi, sehingga lebih mudah masuk ke pori-pori.  Salisylic Acid berfungsi untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan  merawat kulit berjerawat

10. Galactosyl Salicylate. antiseborrheic yang sifatnya melembapkan, sehingga wajah tidak terasa kering saat menggunakan Herbalism Mugwort Mask. 

Dengan kandungan bahan yang kaya, saya pikir masker ini bisa jadi andalan untuk mengatasi dan meredakan masalah harian kulit wajah.  Polusi yang membuat wajah jadi kusam, radang, dan berkomedo hingga jerawat, bisa kita lawan dengan rajin maskeran di akhir pekan. 

CARA PEMAKAIAN MASKER 

Masker sebaiknya digunakan sekali atau dua kali dalam sepekan.  Sebelum menggunakan masker biasanya saya membersihkan dahulu wajah dari sisa make-up. Jangan lupa untuk mengambil masker dengan spatula.  

Tangan kita terkadang kotor atau lupa dicuci, sehingga beresiko mengkontaminasi sisa masker dalam jar jika mengambilnya tanpa alat.  

Oiya, sedapat mungkin tidak ada luka di kulit wajah ya ketika maskeran.  Jika ada luka, sebaiknya luka disembuhkan dulu sampai benar-benar kering.  

Berikut cara pemakaian masker:

1. Ambil masker secukupnya dengan mini spatula 

2. Ratakan masker ke seluruh wajah (jangan terlalu tebal atau tipis, sedang saja), lalu diamkan masker 15-20 menit hingga cukup mengering.  Jangan terlalu lama juga ya, karena akan terlalu kering dan menyulitkan pembilasan atau menyebabkan iritasi pada wajah. 

3. Bilas dengan air dingin sampai bersih secara bertahap (beberapa kali)

4. Lanjutkan perawatan wajah yaitu dengan toner, serum dan cream wajah 

Saya pakainya sih sepekan sekali saat weekend. Biasanya juga setelah membilas masker, saya menggunakan sabun natural organik untuk mencuci muka lagi.  

KESAN SETELAH PEMAKAIAN RUTIN SELAMA 3 PEKAN 

Kesan pertama ketika mengoleskan masker ini ke wajah adalah rasa dingin dan sejuk.  Setelah dioles merata ke seluruh wajah dan dalam proses pengeringan, ada rasa seperti sedikit dicubit.  

Proses pembilasan dengan air dingin juga cukup menyita waktu karena masker yang sudah menempel tidak mudah dilunturkan dalam sekali bilas.  Nah, justru pada saat pembilasan inilah seluruh kotoran di kulit wajah terangkat sempurna secara bertahap.  

Ketika tangan kita melakukan pijatan ringan saat membilas, otomatis peredaran darah di sekitar wajah menjadi lebih lancar. 

Makanya, setelah pembilasan wajah terasa segar dan bersih.  Enteng.  Serasa terangkat semua dosa-dosa tuh hehehe. Dadaaah semua masalah.  Wajah jadi nampak lebih cerah, sebab peredaran darah lebih lancar.  

Masalah kulit kusam dan komedo tentunya juga teratasi. Para komedo dan sebum terangkat tuntas bersama si hijau lumut. 

Sensasi maskeran memang paling greng setelah bilas. Segarnya ngga ketulungan sist. 

Setelah rutin maskeran Scarlett Herbalism Mugwort Mask selama 3 pekan, wajah jadi ngga sempat kusam lagi. Tentunya dibarengi dengan cukup tidur dan olahraga.  

Saya juga menambah konsumsi sayur dan buah (terutama yang banyak mengandung air) supaya wajah makin sumringah.  

Untuk kulit wajah saya yang relatif tidak terlalu bermasalah, Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini bisa jadi teman baru melewati pekan demi pekan untuk menjaga supaya masalah kulit tidak sempat mampir.  

Saya sih percaya bahwa masalah kulit wajah muncul bukan hanya karena satu sebab, malainkan karena banyak faktor. Polusi, stress, pola makan, gaya hidup, aktivitas fisik, dan usia menjadi faktor kombinasi yang memicu masalah kulit wajah. 

 

Untuk faktor polusi yang seringnya sulit dihindari, saya coba mangatasinya dengan rajin maskeran pakai Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini.  Selain aman, cocok, harga terjangkau, juga kemasannya cakep. Bikin hepi deh. 

Sedangkan untuk faktor lainnya saya atasi dengan menyesuaikan pola makan dan gaya hidup.  Tidak lupa menyempatkan untuk olahraga teratur, serta  memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia dan jenis kulit.  

Prinsip saya sih, jangan tunggu sampai kulit bermasalah parah deh.  Kalau komedo udah numpuk dan wajah mulai kusam karena setiap hari terpapar polusi, jangan tunggu lagi.  Musti segera dirawat dan ditangani.  

Yuk maskeran, sekalian me time di akhir pekan.  Seninnya cerah lagi deh. Siap menjalani hari dengan kesegaran full.

Happy dong. Silakan dicoba juga yaaa…. Jangan lupa share pengalaman teman-teman di kolom komentar ya… Salam ! (Opi) 


18 komentar

  1. wajahnya jadi terlihat lebih segar ya mbak. setelah rutin menggunakan masker ini.

    BalasHapus
  2. Oh, pantas ternyata ini toh rahasia kecantikan kulit wajah mbak Opi? Pakai si lumut hijau dari Scarlett sih ya. Kalau rajin pakai masker pasti hasilnya maksimal glowing memesona. Komedo dan jerawat pun bisa teratasi dengan baik. Jadi kepengen coba ah :D

    BalasHapus
  3. setelah pemakaian jadi keliahatn bening ya mba, pemakaian teratur pasti kulit tambah ok

    BalasHapus
  4. ini diaaa masker mugwort yang lagi aku incer! berarti dia bisa yah dipakai untuk deep cleansing yah? penasaran sama feel sejuknya ituuu 😍

    BalasHapus
  5. mantaps banget, produk2 dari Scarlet ... aku suka wanginya juga. Tapi kadang ada rasa takut kalau2 dapet yang gak asli kalau beli di toko orange, secara sekarang banyak beredar produk2 palsu. Pingin juga nih kapan2 nyoba masker hijau ini...

    BalasHapus
  6. baru tahu kosmetik ini..maklum lah saya jarang pakai apa2...tengkyu informasi nya

    BalasHapus
  7. MasyaAllah terlihat bedanya before after, Mbak. Tapi memang ya, maskeran saja tidak cukup, perlu dicek lagi pola hidup mulai dari jam istirahat, makanan, minuman

    BalasHapus
  8. Wah ada ya masker lumpur produk baru Scarlett kayaknya enak dipakai di wajah ya dingin gitu..lebih nendang rasanya daripada pakai sheet mask terasa bersih dan mulus kulit Mba Opi

    BalasHapus
  9. saya juga pemakai scarlett tapi belum pernah nyoba maskernya, nanti kapan-kapan coba ah...

    BalasHapus
  10. ya ampun jadi keinget sama komedo aku di hidung juga lagi banyak banget, jadi pengen maskeran juga deh biar gak kusam dan makin mulus kulit wajahnya

    BalasHapus
  11. Mantab banget review-nya, Mbak. Saya baru tahu ada produk masker lumpur. Jadi pengin coba juga.

    BalasHapus
  12. Bener deh Mba Opi efeknya masker ini langsung terlihat ya di foto, lebih bersih dan cling..pakai masker ini tuh lebih berasa daripada pakai mask sheet

    BalasHapus
  13. warna masker nya unik. setelah coba pakai nanti semoga hasilnya sesuai ekspektasi. belum nyobain sih tapi lihat hasilnya di mba jadi pengen nyoba juga

    BalasHapus
  14. Yang khas dari Mbak Opi, lengkap-kap kalau mengulas sesuatu, terutama produk yang berkaitan perawatan kulit...hehe

    BalasHapus
  15. Hebat nih bahas perawatan kulit. Aku kadang cuek rawat kulit. Mantul tulisannya. Jarang jarang lho aku mau baca

    BalasHapus
  16. Akubbekum nyoba varian produk Scarlett yg ini. Duh, mupeng banget deh, apalagi Scarlett ini bisa banget ya di cek produknya aman ato enggaknya, baru tahu.

    BalasHapus
  17. Aku belum nyoba yang varian ini deh mbak. Mupeng banget pengen nyoba. Terlebih produknya Scarlett bisa juga ya di cek sendiri aman enggaknya, aku baru tahu. Aaaaa, sensasi lumpurnya itu kayak apa ya, kusen juga nih kulit

    BalasHapus
  18. Wah Scarlett terus berinovasi ya dnegan produ-produknya, selalu aja ada yang baru. Apalagi designnya unik-unik

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.