Review Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask: Menenangkan dan Menghidrasi Kulit Wajah Yang Letih


"Menatap wajahmu sungguh menenangkan hatiku" 

Duh, pernah dengar rayuan gombal macam itu kan ya? Hehehe, rasanya sih itu bukan sekedar rayuan gombal.  Sebab, memang ada kan tipe wajah yang kalau dipandang itu rasanya hati jadi tenang, hehehe. 

Wajah yang seperti apakah itu? Hmm, kalau dalam bayangan saya wajah yang menenangkan kala dipandang itu ya yang bersih, segar, lembap terhidrasi, flawless (tidak bercela), dan radiance (bercahaya).

Dipandangnya enak gitu kan.  Ngga harus cantik sempurna tetapi kalau dipandang tuh bikin adem dan tenang. Indah.  

Wajah yang menenangkan saat dipandang tentunya wajah yang tenang, bukan yang cemberut, letih, dan kusam. 

Nah, ngomong-ngomong soal wajah yang letih, ini sih sering banget ya dialami sama perempuan pekerja seperti saya. Biasanya karena istirahat yang berantakan dan berbagai faktor terkait pola hidup yang keliru.  Wajah yang harusnya terjaga kelembapannya, biasanya jadi relatif lebih kering atau malah sangat berminyak.  

Terbayang ya kalau wajah kita nampak letih dan cenderung sangat kering atau sangat berminyak, pastinya tidak elok dipandang.  

Saya sempat tuh cari-cari pertolongan untuk merawat wajah yang letih agar kembali segar dan terjaga kelembapannya, terhidrasi dengan baik.  

Usut punya usut, solusinya ada di pemakaian rangkaian pelembap sebelum tidur malam dan sepekan sekali disarankan menggunakan masker yang berfungsi menenangkan dan menghidrasi (mencukupi kadar air) wajah.  

Salah satu produk yang ada di pasaran untuk menjawab kebutuhan itu adalah Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask.  Sebetulnya saya tertarik mencoba masker ini karena sebelumnya sudah memakai produk perawatan wajah yang lain dari brand Scarlett.  

Mulai dari face wash, toner, serum, hingga cream wajah Scarlett sudah saya coba. 

Bahkan shampoo dan conditionernya juga sudah saya pakai.  Kesan setelah mencoba produk Scarlett semuanya memang adem di kulit.  Makanya saya lanjut coba maskernya nih. 

Saya memakai masker ini berdampingan dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask yang berfungsi mengatasi masalah kulit kusam dan berkomedo. 

Pengalaman saya memakai produk-produk Scarlett bisa dibaca di sini: 

SCARLETT BRIGHTENING BODY CARE : https://www.opiardiani.com/2021/10/mindfulness-with-scarlett-brightening-body-care.html

SCARLETT FACIAL WASH AND TONER : https://www.opiardiani.com/2021/11/review-scarlett-facial-wash-and-toner.html

SCARLETT BRIGHTENING FACE CARE : https://www.opiardiani.com/2021/11/review-rangkaian-facecare-scarlett-brightening.html

SCRALETT SHOWER SCRUB: https://www.opiardiani.com/2021/12/review-scarlett-shower-scrub-varian-charming-freshy-jolly.html

SCARLETT SHAMPOO AND CONDITIONER: https://www.opiardiani.com/2022/04/review-scarlett-yordanian-sea-salt-shampoo-conditioner.html

MASKER AMAN UNTUK WAJAH

Saya berani mencoba karena Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, sehingga aman digunakan.  

Sebagaimana produk Scarlett lainnya, masker ini tidak mengandung Merkuri dan Hydroquinone, bahan pemutih yang berbahaya dan tidak disarankan.  Juga, tidak diujicoba pada hewan percobaan.  

Masker berwujud gel ini mengandung Grape Water yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi (tercukupi kebutuhan airnya).  Selain itu juga mengandung Rose Water yang membantu menenangkan dan mengurangi peradangan kulit serta menyamarkan pori-pori.

Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.  Namun, sangat dianjurkan tetap konsultasikan dengan dokter sebelum pemakaian. Terutama, jika ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi khusus yang lain. 

CEK KEASLIAN PRODUK 

Produk Scarlett ini memang ngehits banget, dan rawan dipalsukan.  Makanya, untuk meyakini produk yang dipakai adalah produk asli, maka silakan cek keasliannya di link  ini:  https://verify.scarlettwhitening.com/ .

Teman-teman bisa langsung buka linknya dan mengisi data yang diminta, lalu masukkan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri.

Setelah kode dimasukkan, proses autentifikasi akan berjalan.  Setelah selesai, akan muncul page notifikasi warna merah muda bertuliskan bahwa produk yang dites adalah ASLI 100% dengan nomor kode seri tertera.  

Nah, teman-teman bisa mencocokkan kode seri yang muncul itu akan sama dengan kode seri yang terdapat di sticker hologram produk. 

Pengecekan ini hanya dapat dilakukan satu kali ya teman-teman.  Jika kita mengulangi lagi pengecekan maka akan muncul notifikasi bahwa kode tersebut sudah dilakukan pengecekan. 

Jika produknya palsu, maka proses autentifikasi ini pastinya tidak akan memunculkan kode seri.  Nah, jadi teman-teman musti cek dulu ya.  

Untuk menjamin keaslian produk, teman-teman disarankan untuk membeli produknya di toko resmi Scarlett yang bisa diakses melalui link ini :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.  


KEMASAN, TAMPILAN, DAN KANDUNGAN MASKER

KEMASAN .  Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask dikemas dalam jar plastik bening dengan tutup berwarna putih.  Jar ini dikemas aman dalam kotak kardus nuansa putih dan pink.  Kardusnya juga disegel dengan plastik pengaman.   

Pada sisi kardus ada sticker hologram dengan nomor seri yang menjamin keaslian produk. Di sebelahnya ada barcode yang bisa discan dan masuk ke situs pengecekan keaslian produk https://verify.scarlettwhitening.com/.

Ketika tutup jar dibuka, kita akan melihat ada tutup plastik tambahan berwarna putih di bawahnya berikut mini spatula.  Tutup tambahan ini fungsinya untuk menjaga agar masker tidak mudah tumpah, dan sebagai tempat meletakkan spatula.  

Mini spatula fungsinya untuk menyendok masker supaya tetap higienis. 

Dalam kemasan 100 gram, masker ini kira-kira cukup untuk stok sekitar 2 bulan jika dipakai sepekan sekali.  Harganya dibanderol Rp 75.000,-.  Untuk saya sih ini cukup terjangkau.  

TEKSTUR.  Tekstur masker ini seperti gel yang mengandung banyak air.  Ketika dioleskan ke wajah, terasa sejuk dan dingin. Efeknya terasa menenangkan dan menghidrasi kulit wajah. Pada gel kental tercampur serpihan mirip helaian mahkota bunga mawar.  

AROMA. Aroma yang tersaji adalah samar-samar harum bunga mawar bercampur aroma buah berry yang manis. Yang saya suka, aromanya lembut, tidak terlalu harum.

WARNA.  Warna masker ini bening kecokelatan. Sekilas warnanya mirip seperti pudding jelly gula aren.  He he he, rasanya mau disuap aja nih.  

TAMPILAN KESELURUHAN.  Secara keseluruhan tampilan kemasan produk ini cukup menggemaskan. Saya sih suka. Kemasan jarnya kokoh dan tutup berulirnya juga rapat mengunci sehingga isi produk aman dari kontaminasi udara.  

Warna jar dan tutupnya juga terkesan cantik yaitu perpaduan putih dan nuansa pink yang manis.  Namun memang tampaknya kurang match warna kemasan (nuansa pink) dengan warna produknya (bening kecokelatan).  

KANDUNGAN.  Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask mengandung aneka ragam ekstrak buah-buahan berry.  Tidak tanggung-tanggung ada 7 macam ekstrak buah berry lho. 

Selain itu, di dalamnya terkandung Niacinamide, Vitamin C, Grape Fruit Water, Ginseng Extract, Centella Asiatica, Rose Flower Water, Allantoin.

Apa saja sih manfaat dari kandungan tersebut?  Ini dia manfaatnya:

1. Seven Berry Extract

Blackbery membantu menghidrasi kulit 

Blackcurrant membantu meredakan peradangan 

Blueberry kaya akan anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas 

Raspberry membantu meningkatkan produksi kolagen 

Acai berry membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini 

Strawberry membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. 

2. Ginseng Extract membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan, mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu kemerahan dan pembengkakan.

3. Allantoin membantu untuk memnghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit. 

4. Centella Asiatica Extract membantu melawan efek buruk akibat radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka, membantu memenangkan dan menghidrasi kulit, mampu menningkatkan produksi kolagen serta membantu mengatasi kulit kering, kemerahan dan iritasi. 

5. Grape Water membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi 

6. Rose Water membantu menenangkan dan mengurangi peradangan kulit serta menyamarkan pori-pori. 

7. Vitamin C membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas 

CARA PEMAKAIAN MASKER 

Masker ini sebaiknya digunakan sekali atau dua kali dalam sepekan, tergantung kebtuhan.  Sebelum menggunakan masker biasanya saya membersihkan dahulu wajah dari sisa make-up. Jangan lupa untuk mengambil masker dengan spatula.  

Tangan kita terkadang kotor atau lupa dicuci, sehingga beresiko mengkontaminasi sisa masker dalam jar jika mengambilnya tanpa alat.  

Oiya, sedapat mungkin tidak ada luka di kulit wajah ya ketika maskeran.  Jika ada luka, sebaiknya luka disembuhkan dulu sampai benar-benar kering.  

Berikut cara pemakaian masker:

1. Ambil masker secukupnya dengan mini spatula 

2. Ratakan masker ke seluruh wajah (jangan terlalu tebal atau tipis, sedang saja), lalu diamkan masker 15-20 menit.

3. Bilas dengan air dingin sampai bersih secara bertahap (beberapa kali)

4. Lanjutkan perawatan wajah yaitu dengan toner, serum dan cream wajah 

Saya pakainya sih sepekan sekali saat weekend, biasanya sehari setelah memakai Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Misalnya di hari Sabtu saya maskeran dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask, maka di hari Minggunya saya maskeran dengan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask.  

Biasanya juga setelah membilas masker, saya menggunakan sabun natural organik untuk mencuci muka lagi.  

Pengalaman saya memakai masker Scarlett Herbalism Mugwort Mask bisa dibaca di sini ya : 

https://www.opiardiani.com/2022/06/review-scarlett-herbalism-mugwort-mask.html


KESAN SETELAH PEMAKAIAN RUTIN SELAMA 3 PEKAN 

Kesan pertama saat mencoba masker ini adalah sejuk, dingin, adem, tenang, dan lembap. Iya, begitu masker gel dioleskan merata di wajah, langsung terasa sejuk menyelimuti. 

Selama 15 sampai 20 menit sambil menunggu masker mengering, saya bisa menikmasi sejuknya sembari duduk santai di depan jendela. Bersama angin semilir, saya bermasker ditemani alunan musik kesayangan atau membaca buku kesukaan. 

Saat dibilas airpun, sejuknya masih terasa di wajah. Biasanya saya membilas masker sekaligus mandi sore dan keramas.  Jadi terasa segar dari ujung rambut sampai ke seluruh tubuh. 

Nah, setelah dikeringkan dengan handuk, wajah terasa segar, cerah, lembap dan kenyal. Sejuknya masih terasa sampai berjam-jam kemudian.   Setelah dikeringkan, jangan lupa gunakan perawatan berupa toner, serum, dan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan usia. 

Yang saya suka dari penggunaan masker ini adalah sensasi sejuknya.  Setidaknya saya bisa merasakan sensasi sejuk adem sepekan sekali dan ini sangat berpengaruh pada mood keseluruhan.  Jadi kalau wajah sejuk itu bawaannya mau senyum ajaaa. 

Satu hal yang agak mengganggu sebenarnya hanyalah tekstur gel masker ini yang menurut saya terlalu cair.  Jadi pas dipakai ke wajah tuh kayak mbleber-mbeleber, hehehe.  Tapi, so far tidak terlalu mengganggu sih.  Mungkin memang kadar airnya harus sedemikian untuk memenuhi fungsi hidrasinya. 


Kalau dirasakan, jujur ya efek menenangkan dan menghidrasinya memang langsung terasa sejak pertama kali pemakaian. Efek ini berpengaruh ke mood juga lho.  Jadi terasa lebih happy, segar, dan bersemangat. 

Cobain deh, dan share pengalaman teman-teman di kolom komentar ya.  Kita happy dan bersemangat bareng-bareng boleh kan ya.

Mudah-mudahan rajin merawat wajah dengan bermasker tidak hanya menenangkan dan menghidrasi wajah yang letih, tapi juga membahagiakan diri. Jadi, ketika dipandang pun wajah kita jadi elok menenangkan. Tul ngga?. (Opi) 


9 komentar

  1. wah ini wishlistku dari lama. aku tertarik sama mugwort-nya, soalnya bagian bawah bibirku beruntusan gak hilang2 nih. cuz ah, habis ini masukin keranjang terus CO deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah kalau dipakai paralel cocok buat aku sih mba.... yg mugwort pas ngebilasnya harus berkali-kali sampai bener bener bersih baru ketok suegeeerrr

      Hapus
  2. Baru kalo ini aku nemu masker warnanya kayak gini. Kalau kata aku sih lebih mirip madu asli yg kental. Dulu ngiranya ini tuh buat waxing, tahunya masker wajah yg menyegarkan toh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah mba memang mirip madu kental tapi ngga lengket. gel dingin gitu. seger sih di kulit dingin sejuk gitu

      Hapus
  3. waaah, Scarletttt! aku suka body showernya. wanginya enak bangeeet. aku baru tahu kalo Scarlett punya mask kayak gini. kalo ada sensasi menenangkan dan menghidrasi aku suka sih karena bikin mood bagus hehe next cobain deh

    BalasHapus
  4. Oh, pakai masker itu ndak boleh kalau ada luka ya, Mbak? Belum pernah nyobain yang ini, baru body scrub aja.
    Masker ini apa boleh diaplikasikan ke pria?

    BalasHapus
  5. Jd aman ya mbak klo pke produk scarlet ini,krn bisa dicek asli gaknya.keren deh.jd penasaran jg nih sama maskernya...

    BalasHapus
  6. Wuih ini produk baru Scarlett? Jadi penasaran banget, baru coba body care nya aja huhu

    BalasHapus
  7. Terima kasih review lengkap nya, Mbak . Ciri2 produk yang asli juga sudah dijelaskan jadi klo mau beli gak takut ketipu yang KW klo beli di shopiee lebih baik yang official shop ya Mbak .

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.