Review Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum : Retinol untuk Rahasia Wajah Halus, Muda, Terhidrasi

“Mba, sudah berkeluarga?” tanya peserta pelatihan yang duduk di sebelah saya. 

Siang itu saya mengikuti pelatihan dari kantor tempat saya bekerja. Kebetulan, duduk di sebelah gadis seperempat baya yang sedang semangat-semangatnya belajar.  Kami berkenalan dan terlibat percakapan akrab. 

“Sudah,” jawab saya singkat.  

“Oh kukira belum hehe… memang berapa usianya mba?” tanyanya lagi.

Ketika saya menyebutkan angka “empat puluh empat”, si gadis terkejut.  “Saya kira tiga puluh, mba. Suweeeerrr”  Ia tertawa renyah.

Saya tersenyum senang tapi disembunyikan. Duh, lumayan juga ya beberapa waktu ini saya rajin pakai skin care endorsement yang tak henti-henti dari produk-produk yang saya review di blog. 

Cukup bermanfaat ya untuk membuat orang yang baru kenalan langsung mengira usia saya 14 tahun lebih muda hanya dari melihat wajah saja.  Hi hi hi… senang ngga senang ngga sih, senanglah senanglah masa ngga… hehehehe.

Sebetulnya sih ada sebelnya juga, karena mba sebelah saya ini menyangka umur saya 30 tahun dan masih lajang.  Duh, jomblo mateng dong! Kan jadi keinget dulu saya nikah juga usia kepala 3 karena susah beneeer dapat jodohnya yaaaaak…. 

He he he …. Alhamdulillah ketemu jodoh ya sist. Yang masih jomblo, tetep semangat yaaak. 

Ini jadi motivasi sih buat saya untuk selalu hunting skin care yang memberikan manfaat regenerasi kulit. Pingin banget kulit wajah terus kelihatan halus, muda, dan terhidrasi dengan baik. Lembap pas gitu, ngga minyakan banget tapi juga ngga kering kerontang sampai bersisik, hehehe. Ealah kering kerontang emangnya gurun apa yak...

Itulah sebabnya kemudian saya tertarik mencoba salah satu skin care berupa serum keluaran brand Scarlett, yaitu Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum.  

Seperti produk skin care Scarlett yang sudah-sudah saya coba dan review sebelumnya, serum yang satu ini cukup menggoda untuk memberi manfaat regenerasi kulit wajah.  Sebab, serum ini mengandung Retinol yang digadang-gadang sangat ciamik untuk wajah halus, muda, terhidrasi.  

Retinol itu Apa sih?.... 

Retinol adalah salah satu turunan dari Vitamin A atau Retinoid. 

Karena merupakan turunan dari Vitamin A, maka sifat-sifatnya pun mirip.  Bukan hanya berguna untuk kesehatan indra penglihatan, Vitamin A dan turunannya juga mantul banget  untuk kecantikan dan kesehatan kulit.  

Para ahli kecantikan percaya bahwa turunan Vitamin A ini dibutuhkan dalam perawatan kulit wajah sehari-hari.  Retinol biasanya ditambahkan ke dalam produk skin care baik itu serum, krim anti aging, ataupun pelembap untuk memberikan manfaat bagi kulit wajah setelah pemakaian rutin.  

Manfaat Retinol bagi kulit wajah adalah sebagai anti-aging yang memperlambat penuaan dengan cara meningkatkan regenerasi kulit. Itulah sebabnya pemakaian Retinol sebaiknya tidak dibarengi dengan skin care yang mengandung bahan pengelupas lainnya seperti AHA/BHA.  Sebab akan merangsang extra eksfoliasi (pengelupasan berlebihan) yang berdampak buruk bagi wajah.   

Pemakaian skin care dengan kandungan Retinol juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat, komedo, serta kerutan.  

Bagaimana sih Retinol bekerja pada kulit?  

Retinol bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen untuk regenerasi kulit sehingga membuat kulit kelihatan lebih muda, bersih, dan cerah. 

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini mengandung Encapsulated Retinol.  Secara menyeluruh, bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini serta membantu menghidrasi kulit wajah plus juga membantu menghaluskan kulit. 

Nah, makanya cuzz deh begitu dapat kesempatan untuk mencoba serum Retinolnya Scarlett ini saya langsung gembira ria.  Ngga perlu ragu karena sudah beberapa kali mencoba berbagai varian produk skin care dari brand ini dan alhamdulillah cocok.  

Pengalaman saya memakai produk face care dan body care Scarlett bisa teman-teman baca di sini ya: 

https://www.opiardiani.com/2021/11/review-rangkaian-facecare-scarlett-brightening.html

https://www.opiardiani.com/2021/11/review-scarlett-facial-wash-and-toner.html

https://www.opiardiani.com/2022/06/review-scarlett-herbalism-mugwort-mask.html

https://www.opiardiani.com/2022/06/review-scarlett-seriously-soothing-and-hydrating-gel-mask.html

https://www.opiardiani.com/2022/04/review-scarlett-yordanian-sea-salt-shampoo-conditioner.html

https://www.opiardiani.com/2021/10/mindfulness-with-scarlett-brightening-body-care.html

https://www.opiardiani.com/2021/12/review-scarlett-shower-scrub-varian-charming-freshy-jolly.html

SERUM AMAN UNTUK WAJAH

Serum ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi BPOM RI No NA 18210100520  sehingga aman digunakan.  Sebagaimana produk Scarlett lainnya, serum ini tidak mengandung Merkuri dan Hydroquinone.  Kedua senyawa tersebut adalah bahan pemutih yang berbahaya dan tidak disarankan untuk kosmetika. 

Penggunaan produk face care Scarlett dapat digunakan mulai usia 13 tahun keatas. Aman digunakan untuk Bumil dan Busui, tapi dianjurkan melewati trimester kedua dan juga konsultasi dengan dokter kandungan masing-masing

CEK KEASLIAN PRODUK 

Produk Scarlett ini memang ngehits banget, dan rawan dipalsukan pihak tak bertanggung jawab.  Makanya, untuk meyakini produk yang dipakai adalah produk asli, maka teman-teman dapat melakukan cek keasliannya di link  ini:  https://verify.scarlettwhitening.com/ .

Teman-teman bisa langsung buka linknya dan mengisi data yang diminta, lalu masukkan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri produk.

Setelah kode dimasukkan, proses autentifikasi akan berjalan.  Setelah selesai, akan muncul page notifikasi berwarna merah muda yang memuat pernyataan bahwa produk yang dites adalah ASLI 100% dengan nomor kode seri tertera.  Nah, teman-teman bisa mencocokkan kode seri yang muncul itu akan sama dengan kode seri yang terdapat di sticker hologram produk. 






Pengecekan ini hanya dapat dilakukan satu kali ya teman-teman.  

Jika kita mengulangi lagi pengecekan maka akan muncul notifikasi bahwa kode tersebut sudah dilakukan pengecekan. 

Jika produknya palsu, maka proses autentifikasi ini pastinya tidak akan memunculkan kode seri.  Nah, jadi teman-teman musti cek dulu ya.  

Untuk menjamin keaslian produk, teman-teman disarankan untuk membeli produknya di toko resmi Scarlett yang bisa diakses melalui link ini :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.  

KEMASAN, TAMPILAN, DAN KANDUNGAN SERUM 

KEMASAN.  Serum ini dikemas rapi dalam kardus yang diamankan dengan lapisan plastik segel di bagian luar sebagai pengaman.  Kardusnya berwarna putih kombinasi hijau toska kebiruan.  Di dalam kardus, botol serum masih diamankan dengan lapisan plastik putih yang memiliki cekungan sesuai bentuk botol serum.  Sehingga, botol berdiri aman dalam kardus.  

Pada sisi kardus ada sticker hologram dengan nomor seri yang menjamin keaslian produk. Di sebelahnya ada barcode yang bisa discan dan masuk ke situs pengecekan keaslian produk https://verify.scarlettwhitening.com/.

Botol serum dengan isi 15 ml berupa botol kaca bening yang dilapisi label produk berwarna hijau toska kebiruan.  Tutup botol berupa pipet yang sekaligus digunakan untuk mengambil cairan serum.  Tutupnya relative kokoh dan rapat, sehingga menjamin isi tidak tumpah.  

Harganya dibanderol Rp 75.000,-.  Untuk saya sih ini cukup terjangkau.  

TEKSTUR. Cairan serum bertekstur sangat kental namun masih mudah mengalir melalui pipet.  Jadi, ngga susah pas mau pakai diapliaksikan ke wajah.

AROMA. Aromanya plain (tidak ada bau khas yang  menyengat).  Samar-samar tercium aroma segar seperti ekstrak buah.

WARNA.  Warna cairan putih keruh seperti air rebusan beras (air tajin).

TAMPILAN KESELURUHAN.  Secara keseluruhan tampilan produk cukup menarik. Warna hijau toska kebiruan yang dipadu putih memberi kesan rapi dan fresh.  Botol serumnya mungil, mudah dibawa bepergian, tidak mudah tumpah karena tutup pipetnya terpasang kokoh dan rapat.  

Hanya yang agak mengganggu buat saya adalah lapisan kemasan plastik di dalam kardus yang menurut saya kurang ramah lingkungan.  Selain menambah lebih banyak sampah plastik, juga sebenarnya fungsinya sebagai pengaman bisa diganti dengan karton saja.  Karton bisa lebih ramah lingkungan karena lebih mudah terurai daripada plastik.

KANDUNGAN Kandungan Bahan Aktif serum berupa: Encapsulated Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, dan Allantoin.

Manfaat kandungan : 

Encapsulated Retinol, membantu menyamarkan garis-garis halus, membantu mengangkat sel kulit mati, dan membantu merawat kekencangan kulit.

Pomegranate Extract, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat

Hexapeptide-8, membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi kulit, dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan 

Allantoin, membantu menghidrasi kulit dan membantu menghaluskan kulit

CARA PEMAKAIAN SERUM.  

Teteskan 2 -3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah.  Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit, sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.  Gunakan pada malam hari saja.  Simpan produk di tempat yang sejuk, hindari sinar matahari langsung, tutup rapat tutup setelah pemakaian 

KESAN SETELAH PEMAKAIAN RUTIN 

Saya sudah menggunakan serum ini selama sekitar 2 pekan, dipakai bersamaan dengan serum Niacinamide dari Scarlett juga.  Pada pemakaian pertama, saya merasa kurang nyaman sih karena terasa ada seperti gatal celekit celekit di sekitar leher.  

Waktu saya mencoba mencari tahu dan sempat browsing, barulah ketemu informasi di beberapa situs kesehatan bahwa untuk pemakaian pertama produk skin care yang mengandung Retinol sebaiknya jangan langsung dipakai setiap hari.  Ini untuk adaptasi bagi kulit yang relative sensitif.  Disarankan, pakai dua hari sekali dulu pada malam hari, baru setelahnya bisa dipakai setiap malam.  

Setelah mengikuti saran ini, saya tidak mengalami gatal -gatal lagi.  

Secara umum, serum ini termasuk kental dan cepat menyerap setelah diaplikasikan. Terasa sangat lembap di wajah bahkan sebelum memakai pelembap rutin. Pakai serum ini harus agak sabar ya, setelah diaplikasikan ke wajah sebaiknya tunggu sampai sekitar 5 menit baru menggunakan pelembap.  Ini agar serum benar-benar telah meresap sempurna dan kondisi kulit tidak basah. 

Setelah pemakaian selama 2 pekan, yang terasa adalah kulit wajah jadi terhidrasi (lembap dan sama sekali tidak kering), otomatis jadi nampak lebih segar dan muda. Kalau diusap-usap nih pipi, terasa halus. Seneng deh.  

Sebotol serum ini cukup kira-kira untuk pemakaian sekitar 20 hari.  Saya memakainya hanya pada malam hari, dibarengi dengan Scarlett Niacinamide Serum yang reviewnya bisa teman-teman baca di sini : 

https://www.opiardiani.com/2022/08/review-Scarlett-Niacinamide-Serum.html

Saya juga menggunakan gel pelembap yang mengandung Ceramide setelahnya untuk mendukung skin barrier. 

Yang terpenting, saya berusaha untuk cukup tidur malam dan berolahraga teratur.  Sebab, yakinlah  bahwa kulit wajah yang sehat bukan semata-mata butuh skin care saja.  Memanage stress dan menghindari paparan sinar matahari siang hari juga sangat dianjurkan supaya skin care yang digunakan berfungsi optimal.  Setuju?

Jadi gimana, teman-teman mau coba juga? Cuzz lah, langsung order bisa melalui link ini ya besties :  https://linktr.ee/scarlett_whitening.   Jangan lupa share pengalaman mencoba serum ini di kolom komentar ya. 

Semoga wajah muda halus berseri dan terhidrasi jadi milik kita semua yaaa..... aamiin. (Opi)

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.